Sponsors Link

20 Penyebab Gigi Sensitif dan Pengobatannya

Sponsors Link

Penyebab gigi sensitif bisa diakibatkan oleh berbagai macam kondisi dan alasan. Pola makan yang biasa dilakukan juga perlu diperhatikan agar kondisi gigi bisa terjaga dengan baik tanpa mengurangi peforma yang ada. Penyebab Gigi Sensitif Sebenarnya terjadinya gigi sensitif bisa dihindari karena dengan cara mengubah kebiasaan – kebiasaan yang terlalu ekstrim yang seringkali dilakukan setiap hari. Gigi sensitif memang membuat kita menjadi tidak nyaman. Rasa ngilu dan sakit bisa saja datang tiba – tiba tanpa kita tau. Oleh karena itu diperlukan tindakan yang tepat untuk mencegah hal ini bisa terjadi. Selalu memperhatikan hal – hal apa saja yang bisa memicu timbulnya kesensitifan pada gigi. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penyebab gigi sensitif, yuk kita simak bersama – sama penjelasannya sebagai berikut :

ads

Baca juga :

1. Makan dan Minum Dalam Kondisi Terlalu Panas

Makan dan minum yang terlalu panas bisa memicu gigi menjadi sensitif. Hal ini dikarenakan perubahan suhu yang terlalu drastis sehingga gigi akan shock. Terlebih lagi jika setelah makan makanan yang panas langsung meminum minuman yang sangat dingin. Inilah yang hal yang sering dilakukan oleh banyak orang, namun mereka tidak menyadari akibatnya dalam jangka waktu panjang.

2. Minum Dalam Kondisi Terlalu Dingin

Minum minuman yang terlalu dingin bisa memicu gigi menjadi sensitif. Hal ini dikarenakan perubahan suhu yang terlalu drastis sehingga gigi akan shock. Terlebih lagi jika setelah makan makanan yang panas langsung meminum minuman yang sangat dingin. Inilah yang hal yang sering dilakukan oleh banyak orang, namun mereka tidak menyadari akibatnya dalam jangka waktu panjang.

3. Penyakit Yang Ada Pada Gusi

Gusi yang mengalami gangguan seperti halnya terjadi pembengkakan, gusi berdarah atau pun masalah lainnya, bisa menjadi salah satu faktor utama penyebab dari timbulnya kondisi gigi sensitif. Pasalnya gusi adalah tempat dimana gigi bisa bertahan. Jika area tanamnya saja bermasalah bagiamana gigi bisa tetap dalam keadaan baik?

Baca juga :

4. Proses Pembusukan Pada Gigi

Pembusukan yang terjadi pada gigi tentunya termasuk dalam kategori salah satu penyebab gigi sensitif. Gigi yang semula dalam keadaan baik saja tanpa kita tau tiba – tiba bisa sensitif karena kebiasaan pola makan yang kurang baik, apalagi gigi yang membusuk? Pastinya resiko untuk sensitif lebih besar.

5. Proses Penyikatan Gigi Yang Terlalu Kuat dan Juga Keras

Seringkali anda tidak sadar bahwa perilaku dan kebiasaan anda menyikat gigi terlalu kuat serta keras tersebut bisa memicu terjadinya gigi sensitif. Biasanya kebiasaan ini tidak anda sadari, contohnya pada saat bangun kesiangan dan harus cepat – cepat untuk berangkat sekolah atau pun kerja, kemungkinan besar anda akan melakukan poin ini.

6. Kebiasaan Buruk Menggeretakkan Gigi

Saat kita sedang iseng dan tidak tau  harus melakukan apa karena tidak ada kesibukan tertentu, biasanya tanpa kita sadari melakukan gertakkan pada gigi. Hal ini menyebabkan benturan yang keras pada gigi sehingga bisa memicu terjadinya gigi sensitif.

Baca juga :

7. Pemilihan Sikat Gigi Yang Tidak Sesuai

Perhatikan saat pemilihan sikat gigi. Sika gigi yang terlalu besar, keras dan tidak bisa flexibel mengikuti kontur mulut serta gigi bisa membuat anda tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini seringkali bisa memicu luka pada gusi atau pun bagian mulut lainnya sehingga menjadi salah satu penyebab gigi sensitif.

Sponsors Link

8. Pemilihan Pasta Gigi Yang Kurang Tepat

Pasta gigi yang tepat untuk gigi anda haruslah diperhatikan dengan baik. Jika anda merasakan ketidaknyamanan dalam penggunaan sebaiknya segera mengganti pasta gigi tersebut. Selain itu lihat terlebih dahulu ingredientnya. Karena pasta gigi yang kurang tepat bisa memicu timbulnya gigi sensitif.

9. Terjadinya Patahan Pada Gigi

Kontur gigi yang kurang baik sehingga terlihat rapuh dan tidak kuat bisa menjadi salah satu penyebab gigi sensitif. Gigi yang rapuh pastinya akan sangat riskan patah ketika proses makan atau pun menggosok gigi. Inilah yang menjadi faktor penyebabnya.

Baca juga :

10. Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Yang Terlalu Asam

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu asam bisa membuat gigi menjadi ngilu. Makanan seperti rujak seringkali tidak bisa dihindari karena sensasi kenikmatan dan kesegaran yang ada. Mangga muda dengan rasa asam yang terlalu tinggi bisa menjadi penyebab timbulnya sensitif pada gigi.

ads

11. Penanganan Medis Yang Kurang Tepat

Proses pemutihan gigi, pembersihan karang gigi atau pun penanganan lainnya jika dilakukan secara sembarangan oleh orang yang memang bukan ahlinya, nantinya akan memicu terjadi sensitif pada gigi. Jadi sangat disarankan untuk melakukan penanganan medis dengan langsung konsultasi ke dokter gigi yang memang ahli dibidangnya.

12. Adanya Banyak Plak Pada Gigi

Plak pada gigi memang bisa memicu berbagai gangguan yang mungkin bisa terjadi pada gigi. Tanpa terkecuali seringkali menjadi penyebab timbulnya sensitif pada gigi. Untuk itu disarankan untuk rajin menggosok gigi dan mengkonsumsi makanan yang bisa mengurangi plak pada gigi.

Baca juga :

13. Penggunaan Obat Kumur Yang Terlalu Banyak

Hal apa saja jika dilakukan secara berlebihan pasti dampaknya akan tidak baik. Tanpa terkecuali penggunaan obat kumur yang terlalu banyak, bisa merangsang munculnya sensitif pada gigi. Karena kandungan bahan – bahan di dalamnya. Lebih cermatlah saat memilih dan menggunakan obat kumur.

14. Menggunakan Gigi Untuk Melakukan Pekerjaan Berat

Menggunakan gigi untuk melakukan pekerjaan berat seperti halnya membuka tutup botol, membuka kemasan makanan, menggigit es batu dan kegiatan berat lainya bisa menjadi salah satu penyebab gigi menjadi sensitif.

15. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis

Makan makanan yang terlalu manis memang menjadi penyebab utama berbagai masalah pada gigi. Tanpa terkecuali bisa menyebabkan sensitif pada gigi. Jadi disarankan tidak terlalu sering makan makanan manis ya sobat.

16. Minuman Beralkohol Dengan Kadar Tinggi

Kebiasaan minum alkohol tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan. Apalagi jika kadar alkohol yang dikonsumsi terlalu tinggi. Hal tersebut bisa memicu timbulnya gigi yang sensitif. Saya sarankan hindari kebiasaan buruk ini ya sobat.

Baca juga :

17. Kebiasaan Merokok

Merokok memang berdampak buruk bagi kesehatan. Tanpa terkecuali pada gigi. Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya gigi sensitif. Saya sarankan bagi anda perokok aktif kurangilah kebiasaan buruk ini demi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sponsors Link

18. Pengikisan Pada Email Gigi

Pengikisan pada email gigi biasanya disebabkan oleh kondisi fisik gigi yang rapuh. Kerapuhan inilah yang nantinya akan membuat email gigi mulai mengalami pengikisan. Pengikisan ini jika berlangsung secara terus menerus akan berdampak pada timbulnya gigi sensitif.

19. Buruknya Oral Higieni (OH-)

Poin ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab timbulnya gigi sensitif. Rendahnya kesehatan dan kebersihan mulut wajib diperhatikan. Sehingga nantinya tidak akan terjadi gangguan – gangguan pada gigi anda.

20. Penurunan Gusi

Proses penurunan gigi yang terjadi secara berkelanjutan dapat menjadi penyebab utama timbulnya sensitif pada gigi. Penurunan gusi ini nantinya akan membuat akar gigi menjadi terlihat dan terekspose sehingga gigi akan secara langsung menerima rangsangan asam, panas dan juga dingin.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai penyebab gigi sensitif di atas yang sudah diulas secara rinci dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa menambah wawasan baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai penyebab gigi sensitif. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi