Sponsors Link

8 Penyebab Gigi Susu Belum Tanggal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Dalam kondisi normal bila gigi tetap (kecuali geraham) siap untuk copot atau tanggal, gigi utama yang sesuai atau gigi susu pasti sudah copot. Dalam beberapa kasus gigi bayi tidak copot seperti yang diharapkan. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada erupsi gigi permanen, yang biasanya memerlukan perawatan ortodontik, atau mungkin merupakan pertanda bahwa ada masalah dengan perkembangan gigi permanen seperti gigi susu anak keropos.

ads

Penyebab Gigi Susu Belum Tanggal

Gigi primer datau gigi susu diharapkan rontok antara usia 6 sampai 12 tahun. Ada beberapa kondisi yang bisa membuat gigi bayi tidak jatuh tepat waktu:

  1. Jika rahang belum berkembang cukup besar, gigi permanen yang tumbuh di dalamnya mungkin menjadi padat dan mereka mungkin tidak bisa mencopot gigi bayi seperti gigi susu tanggal lama tumbuh.
  2. Dalam beberapa kasus yang jarang, akar gigi bayi menjadi menyatu dengan tulang rahang yang mengelilinginya dan tidak bisa dilarutkan (ankylosis) dan menjadi penyebab gigi susu belum tanggal. Gigi susu menjadi terpengaruh dan akan gagal meletus kecuali yang utama yang menghalangi jalannya diangkat melalui operasi.
  3. Gigi susu mungkin belum dikembangkan sepenuhnya, karena tidak bisa menyelesaikan resorpsi akar gigi bayi.
  4. Meskipun biasanya hanya bisa menyebabkan penundaan yang sederhana, dalam beberapa kasus gigi orang dewasa tidak pernah berkembang dengan baik dan gigi bayi harus dipertahankan.
  5. Gigi susu mungkin hilang sama sekali karena adanya anomali perkembangan, yang menyebabkan gigi bayi tetap dipertahankan seperti penyebab gigi susu belum tanggal sampai dewasa.
  6. Kehadiran gigi supernumerary (ekstra) dapat menyebabkan keramaian dan menghalangi jalan masuk gigi lainnya.
  7. Malnutrisi dan kekurangan vitamin berhubungan dengan hilangnya gigi primer.
  8. Munculnya gigi permanen yang tertunda mungkin disebabkan oleh beberapa kondisi sistemik seperti hipotiroidisme dan defisiensi hormon pertumbuhan.

Jika ada masalah yang dicurigai, dokter gigi akan mengambil x-ray untuk memeriksa perkembangan dan posisi gigi di rahang, untuk mengetahui apakah suatu masalah benar-benar ada atau apakah gigi tersebut hanya berkembang sedikit pelan seperti penyebab gigi susu rusak parah.

Masalah Akibat Terlambatnya Gigi Susu Copot

Masalah yang paling umum terjadi saat gigi permanen mulai muncul sebelum kehilangan gigi bayi adalah bengkok atau gigi bergaris ganda seperti gigi anak tumbuh miring. Kedua kondisi tersebut mungkin memerlukan perawatan ortodontik ekstensif atau ekstraksi beberapa gigi permanen.

Terkadang gigi permanen akan muncul di belakang gigi susu, membentuk gigi ganda. Hal itu terjadi lebih sering di gigi depan (gigi seri). Gigi bayi biasanya akan rontok dalam waktu satu atau dua minggu karena tekanan dan yang permanen akan berpindah ke tempat normalnya tanpa masalah. Jika tidak, gigi utama harus diekstraksi oleh dokter gigi untuk mencegah anomali ortodontik. Bagaimanapun, orang tua harus berkonsultasi dengan dokter anak anak atau ahli ortodontik jika terjadi insiden semacam itu.

Sponsors Link

Penundaan kehilangan gigi susu mungkin juga memiliki efek negatif pada psikologi anak. Mendapatkan gigi orang dewasa baru mereka dianggap sebagai bukti tumbuh dewasa. Menjadi satu-satunya di antara teman-teman mereka yang masih tertinggal dengan gigi bayi mereka dapat membuat anak merasa tidak nyaman sehingga menimbulkan perasaan stres dan inferioritas.

Kapan harus khawatir jika gigi susu belum copot?

Tidak semua anak kehilangan gigi susu mereka pada usia yang sama. Beberapa penundaan mungkin terjadi, terutama jika gigi permanen sudah mencul terlambat. Biasanya, orang tua harus khawatir hanya jika:

Sponsors Link

  1. Gigi permanen mulai muncul dalam posisi abnormal
  2. Tidak ada gigi yang hilang pada usia 7
  3. Ada rasa sakit yang parah di daerah gigi bayi yang sehat dalam kerangka waktu yang diperkirakan akan rontok,
  4. Setelah letusan gigi geraham 12 tahun masih ada gigi permanen lain yang belum meletus namun yang gugur masih ada.

Berikut adalah pembahasan tentang Penyebab Gigi Susu Belum Tanggal dimana anda juga jangan terlalu menyepelekan karena jika disepelekan bisa saja berakibat fatal maka jagalah kesehatan gigi anda sedini mungkin agar tidak terjadi masalah yang serius.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi