Sponsors Link

3 Penyebab Gigi Susu Berlubang dan Gejalanya

Sponsors Link

Rongga adalah daerah yang rusak secara permanen di permukaan keras gigi  yang berkembang menjadi lubang kecil atau lubang. Rongga, juga disebut kerusakan gigi atau karies, disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk bakteri di mulut, sering ngemil, menghirup minuman manis dan tidak membersihkan gigi dengan baik seperti penyebab karies pada bayi. Rongga dan kerusakan gigi adalah salah satu masalah kesehatan paling umum di dunia. Mereka sangat umum pada anak-anak, remaja dan orang dewasa yang lebih tua. Siapa saja yang memiliki gigi bisa mendapatkan masalah ini, termasuk bayi.

ads

Jika keluhan tidak diobati, gigi menjadi lebih besar dan mempengaruhi lapisan gigi Anda lebih dalam. Mereka bisa menyebabkan sakit gigi parah, infeksi dan kehilangan gigi. Kunjungan gigi teratur dan kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang baik adalah perlindungan terbaik Anda terhadap gigi berlubang dan kerusakan gigi seperti penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat. Tentunya untuk mengobati anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebab gigi susu berlubang, bukan?

Gejala

Tanda dan gejala gigi susu berlubang bervariasi, tergantung luas dan lokasinya. Saat lubang dimulai, anak Anda mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Seiring peluruhan membesar, hal itu bisa menyebabkan tanda dan gejala seperti:

  • Sakit gigi, nyeri spontan atau nyeri yang terjadi tanpa sebab yang jelas
  • Sensitivitas gigi
  • Nyeri ringan hingga tajam saat makan atau minum sesuatu yang manis, panas atau dingin
  • Lubang atau lubang yang terlihat di gigi
  • Pewarnaan coklat, hitam atau putih pada permukaan gigi
  • Sakit saat  menggigit

Kapan harus menemui dokter gigi?

Anda mungkin tidak sadar bahwa lubang sudah terbentuk. Itulah sebabnya penting untuk melakukan pemeriksaan gigi rutin dan pembersihan, bahkan saat mulut anak  Anda terasa baik-baik saja. Namun, jika anak Anda mengalami sakit gigi atau sakit mulut, temui dokter gigi Anda sesegera mungkin seperti cara mencegah karang gigi\.

Penyebab Gigi Susu Berlubang

Lubang disebabkan oleh kerusakan gigi, suatu proses yang terjadi seiring berjalannya waktu. Beginilah cara kerusakan gigi:

1. Plak

Plak gigi adalah film lengket yang jelas yang melapisi gigi Anda. Ini karena memakan banyak gula dan kanji dan tidak membersihkan gigi dengan baik. Bila gula dan pati tidak dibersihkan dari gigi Anda, bakteri dengan cepat mulai memberi makan pada mereka dan membentuk plak. Plak yang tetap di gigi Anda bisa mengeras di bawah atau di atas garis gusi Anda ke dalam tartar (kalkulus) seperti cara menghilangkan plak pada gigi. Tartar membuat plak lebih sulit dihilangkan dan menciptakan perisai bagi bakteri.

2. Erosi

Serangan plak Asam dalam plak menghilangkan mineral di email gigi dan luar yang sulit. Erosi ini menyebabkan lubang kecil atau lubang di enamel – tahap pertama rongga. Begitu area enamel hilang, bakteri dan asam bisa mencapai lapisan gigi berikutnya, yang disebut dentin.

Sponsors Link

Lapisan ini lebih lembut dari enamel dan kurang tahan terhadap asam. Dentin memiliki tabung mungil yang secara langsung berkomunikasi dengan saraf yang menyebabkan sensitivitas gigi.

3. Kerusakan terus berlanjut

Seiring kerusakan gigi, bakteri dan asam meneruskan perjalanan mereka melalui gigi, bergerak di samping bahan gigi bagian dalam (pulpa) yang mengandung saraf dan pembuluh darah. Pulp menjadi bengkak dan teriritasi dari bakteri. Karena tidak ada tempat bagi pembengkakan untuk melebarkan gigi, saraf menjadi tertekan, menyebabkan rasa sakit. Ketidaknyamanan bahkan bisa meluas di luar akar gigi ke tulang seperti cara mencegah karang gigi.

Demikianlah informasi tenatang pengebab gigi susu berlubang, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini