Sponsors Link

4 Penyebab Gigi Susu Rusak Parah Serta Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Gigi susu memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan gigi permanen. Dimana gigi ini memiliki fungsi sebagai pembuka jalan akan tumbuhnya gigi permanen yang sehat dan kuat. Jika gigi susu rusak parah tentu hal ini akan berdampak bagi pertumbuhan gigi permanen yang kurang baik. Hal tersebutlah yang mengharuskan bagi setiap orang tua yang memiliki anak balita harus rajin melakukan perawatan dan pembersihan gigi untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada gigi susu anak (baca : perbedaan gigi susu dan gigi tetap).

ads

Gigi susu yang mengalami kerusakan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan berbagai masalah gigi baru, seperti gigi yang tanggal sebelum waktunya, gigi susu yang keropos atau gigis, karies gigi pada anak, hingga menimbulkan gigi berlubang besar yang mengarah pada masalah sakit gigi akibat gigi berlubang. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka sebagai orang tua kita akan merasa lebih repot untuk mengatasi permasalahan gigi anak yang sudah rusak sangat parah tersebut.

Di samping itu, kerusakan gigi susu anak juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya menjaga kebersihan gigi, terlalu banyaknya makan dan minuman yang bersifat manis, kebiasaan minum susu dengan bantuan dot botol, penumpukan plak yang teru-menerus dan lain sebagainya. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, berikut pembahasan mengenai penyebab gigi susu rusak parah beserta cara mengatasi dan pencegahannya.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Sebagian besar anak akan memiliki gigi susu yang rusak di usianya yang masih sangat belia. Perawatan gigi yang kurang dilakukan menjadi salah satu pemicu terjadinya gigi keropos pada orang dewasa. Biasanya para orang tua kurang memperhatikan kebersihan gigi anak yang menyebabkan timbulnya plak yang terus menumpuk sehingga berujung pada kerusakan gigi susu yang begitu parah bahkan menyebabkan gigi berlubang berdarah.

  1. Terlalu Banyak Makanan dan Minuman Manis

Sebagian besar anak mereka sangat menyukai makanan dan minuman yang memiliki rasa manis. Makanan yang dapat merusak gigi anak inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya gigi susu anak rusak parah di usia dini. Kandungan gula yang begitu tinggi akan mengikis lapisan email gigi yang dapat memperparah terjadinya kerusakan gigi anak. (Baca: makanan penyebab kanker mulut dan makanan yang menyebabkan gigi berlubang).

  1. Kebiasaan Minum Susu dengan Dot Botol

Kebanyakan kasus gigi susu rusak parah disebabkan oleh kebiasaan menghisap dot susu yang berasal dari botol. Biasanya kebanyakan anak balita akan menghisap dot susu mereka sebagai teman pengantar tidur. Kandungan laktosa yang ada di dalam susu formula atau susu ASI yang diberikan dalam bentuk dot akan menumpuk menjadi plak yang dapat mengikis lapisan email gigi anak. Anda bisa melakukan cara menghilangkan plak pada gigi.

Lapisan pelindung gigi atau email gigi adalah lapisan gigi terluar yang melindungi gigi anak. Pada anak balita kebanyakan mereka memiliki lapisan pelindung gigi yang sangat tipis dibandingkan orang dewasa. Selain itu, biasanya anak juga memiliki lapisan pelindung gigi yang kurang bagus yang di bawanya sejak lahir. Hal inilah yang menyebabkan gigi susu anak begitu rentan terhadap terjadi kerusakan yang mengarah ke gigi berlubang.

  1. Terjadinya Penumpukan Plak

Penumpukan plak dari sisa-sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi anak juga dapat menjadi penyebab gigi anak menjadi keropos dan rusak parah. Hal ini akan semakin parah jika anak memiliki kebiasaan meminum susu di malam hari saat menjelang tidurnya. Penumpukan plak yang terjadi secara terus menerus akan memicu tumbuhnya sejumlah kuman dan bakteri yang dapat merusak gigi. Dimana pertumbuhan bakteri tersebut akan mengeluarkan suatu cairan yang bersifat acid atau asam yang dapat mengikis lapisan email gigi yang menyebabkan gigi anak gigis. Jika sudah terjadi, maka anda dapat melakukan cara mengatasi gigi gigis.

Sponsors Link

Bagaimana Jika Gigi Susu Anak Sudah Terlanjur Rusak Parah?

Saat gigi anak sudah mengalami kerusakan parah, maka pencabutan gigi adalah metode medis yang dilakukan untuk menghilangkan bagian gigi yang mengalami kerusakan sehingga tidak menimbulkan masalah gigi lainnya. Metode ini dapat menjadi cara untuk mengatasi gigi susu anak keropos parah. Biasanya pencabutan gigi anak bisa dilakukan ketika gigi permanen akan mulai tumbuh (penyebab gigi anak tidak tumbuh). Hal ini bertujuan untuk memperbaiki struktur gusi agar gigi permanen dapat tumbuh tepat di posisinya.

Selain mengatasi gigi susu anak rusak parah di atas, sebagai orang tua anda juga dapat melakukan sejumlah cara pencegahan untuk mengurangi  sejumlah kondisi lainnya. Seperti mulai dari keluhan sakit gigi, gigi berlubang yang memicu tumbuhnya ulat pada gigi (baca: cara mengeluarkan ulat gigi), hingga permasalahan lainnya.

  • Sikat Gigi Secara Teratur

Menerapkan kebersihan gigi pada anak dengan cara rutin menyikat gigi adalah suatu hal yang gampang-gampang susah. Sebagian anak balita mereka sangat sulit untuk menyikat giginya, hal inilah yang menjadi penyebab kerusakan gigi susu yang semakin parah. Namun, anda sebagai orang tua bisa melakukan berbagai cara agar anak mau menyikat giginya secara rutin setiap hari.

Sponsors Link

  • Rawat Gigi Sebelum Tumbuh

Kapankah waktu yang terpat untuk melakukan perawatan gigi pada anak? Tidak banyak yang tahu jika perawatan gigi anak bisa dimulai sedari dini yaitu sebelum gigi mereka tumbuh. Cara ini bisa menjadi metode perawatan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan atau keropos pada gigi susu anak. Anda bisa melakukannya saat anak sedang dimandikan yaitu dengan mengusapkan kain halus ke bagian permukaan gusi anak secara perlahan.

  • Kurangi Makanan yang Bersifat Manis

Kebanyakan anak-anak akan menyukai makanan atau minuman yang bersifat manis. Namun, makanan yang dapat merusak gigi inilah yang dapat menjadi penyebab gigi mereka menjadi keropos. Anda sebagai orang tua bisa membatasi makanan dan minuman manis pada anak. Cobalah ganti dengan asupan makanan yang menguatkan gigi dan bernutrisi yang kaya kandungan kalsium dan fosfat. Karena pada makanan ini dapat membantu pembentukan gigi anak semakin kuat dan sehat atau bisa juga dengan makanan yang menyehatkan gigi.

  • Kunjungi Dokter Gigi Secara Berkala

Cara pencegahan yang satu ini memang sangat efektif untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada gigi susu anak. Anda bisa mengajah buah hati berkunjung ke dokter spesialis gigi secara berkala. Pastikan jika gigi mereka masih dalam kondisi yang wajar dan tidak mengarah pada keropos ataupun masalah lainnya.

Semoga informasi mengenai penyebab gigi susu rusak parah pada anak beserta cara mengatasi dan pencehannya dapat menjadi pengetahuan bagi para orang tua yang memiliki buah hati yang masih berusia balita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini