Sponsors Link

9 Penyebab Gigi Terasa Nyeri Saat Karang Gigi Dibersihkan Paling Lengkap

Sponsors Link

Gigi yang nyeri karena ada rangsangan makanan dan minuman yang dingin dapat berindikasi keadaan gigi sensitif. Gigi Anda yang ngilu setelah pembersihan karang gigi dapat disebabkan oleh bagian akar gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka dan sensitif setelah karang gigi dibersihkan. Penyebab umum dari gigi nyeri adalah sebagai berikut :

ads

1. Gusi Resesi / Turun

Gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

2. Gigi Karies 

Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi sedangkan karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera. Mengatasi gigi sensitif ini dapat dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, tetapi bila keadaan masih berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi.

Bila memang ngilu gigi akibat karang gigi, maka seharusnya ngilunya akan hilang bila karang gigi sudah dibersihkan. Namun jika ngilu gigi belum hilang, pasti ada penyebab lainnya. Kami sarankan untuk mulai memerhatikan apakah ada lokasi gigi spesifik yang selalu ngilu? Jika anda sudah mendapatkannya, konsultasikan dengan dokter gigi.

3. Peradangan Gusi

Sedangkan gusi yang seperti bengkak sebenarnya adalah pembesaran gusi. Karang gigi yang menumpuk menyebabkan gusi meradang dan terlihat membesar dan mudah berdarah. Biasanya untuk kasus ringan setelah karang gigi dibersihkan gusi akan kembali seperti semula, untuk kasus yang lebih berat kadang ada yang tetap membesar namun tidak meradang.

4. Jarang Membersihkan Karang Gigi

Upaya pembersihan karang gigi secara rutin sejak dini dapat membebaskan gigi dan jaringan pendukungnya dari kemungkinan besar mengalami detail proses destruktif lantaran keberadaan karang gigi, antara lain kejadian radang gusi ringan hingga berat yang dapat berimbas hancurnya tulang penyangga gigi tanpa keluhan sangat mengganggu di fase awalnya, yang dapat berlanjut dengan lepasnya sang gigi akibat telah tidak adanya jaringan penyangga yang kuat baginya di rahang.

Bila keberadaan karang gigi masih sebatas area mahkota gigi yang sehat dan utuh (belum retak/pecah/menderita karies) dengan kondisi jaringan pendukung sang gigi yang juga sehat, sepanjang sang dokter mendasarkan tindakannya sesuai procedure bakunya, maka secara fisik tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Rasa yang munculpun tiada seberapa mengganggu.

5. Rasa Takut yang Berlebihan

Munculnya perasaan ngilu yang sesekali muncul pada beberapa di antara kita umumnya bersifat sangat relative dan bersifat individual. Sangat tergantung pada nilai ambang rasa sakit sesaat yang sedang berlangsung secara individual.

Sponsors Link

Dapat dialami akibat rasa ngeri terhadap suara alat pembersih karang gigi yang digunakan, maupun oleh bayangan diri sendiri terhadap alat-alat kedokteran gigi berujung tajam yang mungkin digunakan oleh sang dokter sesuai kebutuhan Beliau, sesuai prosedur.

6. Upaya Pembersihan Karang Gigi Sudah Sangat Terlambat

Tetapi, ketika upaya pembersihan karang gigi terlambat dilakukan, bila keberadaannya telah menginvasi hingga area permukaan akar gigi, sepanjang pulpa sang gigi masih vital, maka dapat dipastikan bahwa selama proses pembersihan karang gigi dapat dirasakan sensasi rasa linu tertentu. Dalam durasi waktu sesaat maupun lebih panjang.

Tergantung status kesehatan pulpa sang gigi di detik tersebut. Semakin sehat, maka durasi rasa linunya akan semakin singkat, dan sebaliknya. Sensasi rasa yang juga dapat dirasakan saat sang dokter sedang membersihkan karang gigi pada area lapisan dentin yang telah terbuka oleh proses retaknya lapisan enamel gigi, proses abrasive, maupun karies.

ads

7. Terbukanya Area Cement Enamel Junction

Dan pasca pembersihan karang gigi dapat memunculkan keluhan gigi ngilu akibat telah terbukanya area cement enamel junction sang gigi akibat proses lanjut kerusakan yang terjadi akibat keberadaan sang karang gigi. Dapat bersifat sementara, dapat pula berlangsung lebih lama. hingga rasa yang dapat diderita akibat proses anomali lanjut akibat invasi kronis keberadaan karang gigi pada jaringan pulpa sang gigi, yang masih bersifat reversible hingga tahap irreversible nya.

Pada kasus tertentu dengan keluhan rasa ngilu yang tidak dapat tertahankan lagi bagi sang penderita, maka selama pelaksanaan tindakan pembersihan karang gigi dapat diambil langkah antisipasi keluhan dengan tindakan anaesthesi terlebih dahulu bila perlu, oleh sang dokter. Sehingga pelaksanaan pembersihan karang gigi serta tindakan lanjutnya semisal root planning dapat dilakukan sebaik mungkin tanpa keluhan yang mengganggu pelaksanaan tindakan.

8. Terbukanya Area Akar Gigi

Dan, untuk mengantisipasi keluhan serta kejadian melanjut oleh kondisi terbukanya area akar gigi akibat telah terjadinya terbukanya area cement enamel junction sang gigi, maka dapat dilakukan perawatan perlindungan lanjut dengan pengaplikasian bahan tertentu pasca tindakan pembersihan karang gigi.
Itulah mengapa, menurut saya, tidak perlu merasa terlampau khawatir.

Silakan menanyakan langsung pada sang dokter, apakah dari hasil pemeriksaan Beliau, area cemento-enamel-junction gigi Kakak ada yang telah terbuka dan diprediksi tidak akan kembali pulih pasca upaya pembersihan karang gigi, yang di antaranya ditandai oleh kejadian gusi yang turun menjadikan tampilan mahkota gigi tampak seolah makin panjang, termasuk kejadian dalamnya kantong gusi permanen, imbas keberadaan karang gigi.

Selanjutnya, bila sang dokter memprediksi adanya kasus anomali yang bisa permanen bila tidak segera ditindaklanjuti dengan perawatan idealnya, maka tanyakanlah, apakah jenis perawatan lanjut dimaksud dapat anda terima dari Beliau.

Apabila Beliau maupun Institusi perawatan dilakukan tidak menyediakan jenis perawatan lanjut dimaksud, maka silakan memohon kepada Beliau untuk memberikan rekomendasi/surat rujukan ke dokter lain yang memiliki kompetensi  keahlian perawatan lanjut tersebut.

9. Kerusakan Pada Bagian Jaringan Pendukung Gigi

Karena untuk kasus tertentu, ketika proses kerusakan jaringan pendukung gigi telah mengakibatkan terjadinya kondisi anomali permanen, maka sesuai prosedur bakunya perlu dilakukan beberapa tindakan pemulihan kesehatan dan kondisi selanjutnya melalui beberapa jenis tindakan semisal bedah minor gingivectomy, gingivoplasty, termasuk upaya implantasi jaringan pendukung gigi maupun tindakan splinting gigi, dan lain-lain.

Sponsors Link

Jenis tindakan yang hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi berkompetensi maupun langsung oleh dokter gigi spesialis Periodontis. Demikian yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai penyebab gigi terasa nyeri saat karang gigi dibersihkan.

Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini