Sponsors Link

17 Penyebab Gigi Tonggos Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi tonggos merupakan kondisi di mana posisi gigi atas berada lebih maju dibandingkan dengan gigi bawah. Kelainan gigi tonggos memang tidak dikategorikan sebagai salah satu jenis-jenis penyakit gigi yang dapat membahayakan kesehatan. Akan tetapi, keberadaan gigi tonggos dapat mengganggu penampilan dan bahkan membuat orang tidak percaya diri. Selain itu, ciri-ciri gigi tonggos menyebabkan seseorang tidak dapat menutup mulutnya dengan benar dan ini bisa mengganggu kualitas pernapasan seseorang serta mengganggu proses mengunyah makanan, karena gigi atas tak bertemu dengan gigi bawah.

ads

Banyak hal yang diperkirakan menjadi penyebab maupun pemicu yang membuat gigi menjadi tonggos. Hal itu bisa berupa kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada saat masih anak-anak. Ada banyak faktor penyebab gigi tonggos pada anak yang bisa anda amati dan cegah. Berikut ulasannya:

1. Kebiasaan Ngedot

Anak yang mengkonsumsi susu formula tentunya akan memiliki kebiasaan ngedot. Namun siapa sangka ternyata kebiasaan ngedot ini merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membawa dampak buruk bagi gigi, salah satunya adalah gigi tonggos. Penggunaan dot bisa membuat posisi gigi menjadi lebih maju dan dapat mengubah bentuk rahang. Sehingga gigi bisa menjadi tonggos karena pertumbuhannya mengikuti kondisi rahang yang dimiliki oleh anak.

2. Kebiasaan Mengisap Jempol

Bukan hanya penggunaan dot yang menjadi penyebab terjadinya gigi tonggos pada anak melainkan kebiasaan mengisap jempol juga termasuk. Meskipun tidak semua anak suka mengisap jempol mereka, namun ada beberapa yang memiliki kebiasaan buruk ini.

Hal seperti ini semestinya tidak boleh anda biarkan terjadi pada anak anda karena sama halnya dengan penggunaan dot, kebiasaan mengisap jempol ini dapat mengubah bentuk rahang dan membuat gigi menjadi lebih maju. Karena pada saat anak mengisap jempol, mulut membuat gerakan maju mundur secara konstan.

3. Faktor Genetik

Penyebab gigi tonggos yang satu ini merupakan salah satu faktor yang dipicu oleh adanya gen yang diturunkan oleh orang tua atau keluarga. Jadi, anak dengan keluarga yang memiliki riwayat gigi tonggos juga akan berpotensi untuk memiliki masalah yang serupa karena adanya gen yang diwariskan kepadanya.

4. Keseringan Bernafas Lewat Mulut

Wah, penyebab gigi tonggos kali ini cukup mengejutkan bukan? Meskipun pada umumnya kita bernafas lewat hidung akan tetapi terkadang ada beberapa keadaan yang memaksa kita untuk bernafas lewat mulut, yakni penyakit asma dan penyakit flu.

Anak yang kerap mengalami penyakit tersebut barangkali memiliki kebiasaan bernafas lewat mulutnya dan ternyata kebiasaan ini juga bisa menjadi pemicu terjadinya gigi tonggos. Hal itu dikarenakan pada saat kita bernafas lewat mulut, langit-langit mulut akan menjadi lebih tinggi dan jika hal itu terjadi maka rahang gigi uga akan melengkung. Perubahan pada lengkung rahang gigi tersebut akan mengecil sehingga gigi yang seharusnya tumbuh normal pun bakal menjadi maju nantinya.

Sponsors Link

5. Gigi Susu Rusak

Gigi susu rusak parah yang dibiarkan terjadi begitu saja akan berdampak buruk bagi pertumbuhan gigi tetap anak kelak. Gigi yang rusak seperti karies gigi, gigi berlubang besar, atau gigi susu anak keropos ini akan mengubah bentuk rahang si anak. Sehingga ketiga gigi susu tanggal dan kemudian digantikan oleh gigi permanen, gigi permanen ini akan mengikuti bentuk rahang yang berubah tersebut. Jika bentuk rahangnya maju, maka gigi juga akan maju sehingga terbentuklah gigi tonggos pada anak.

ads

6. Kebiasaan Menggigit Benda Keras

Salah satu kebiasaan buruk anak adalah menggigit-gigit benda keras seperti pensil, pulpen, dll. Namun tahukah anda bahwa kebiasaan seperti ini selain tidak baik untuk pencernaan anak juga bisa memberikan pengaruh terhadap pembentukan gigi nantinya.

Hal itu disebabkan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhannya, memiliki rahang yang fleksibel sehingga kebiasaan menggigit benda keras ini dapat membuat perubahan pada struktur rahang si anak dan kemudian menyebabkan gigi tonggos pada anak.

7. Gigi Susu Dicabut Sebelum Waktunya

Gigi susu yang goyang memang salah satu alasan gigi harus dicabut agar gigi permanen bisa tumbuh. Akan tetapi, anda juga harus mempertimbangkan bagaimana kondisi gigi goyang yang dimiliki oleh anak anda. Karena jangan sampai anda ingin langsung mencabutnya ketika gigi susunya baru goyang atau longgar sedikit.

Jika anda melakukan hal demikian maka bersiap-siaplah untuk melihat gigi tonggos pada anak anda. Tak hanya itu, gigi susu yang dicabut sebelum waktunya juga bisa memperlambat pertumbuhan gigi permanen pada anak. Akibatnya anak akan mengalami ompong dalam waktu yang cukup lama.

8. Rahangnya Terlalu Kecil

Ciri-ciri bayi tonggos adalah rahang yang terlalu kecil. Rahang yang kecil akan menyebabkan gigi bertumpuk karena tidak muat. Nah, hal inilah yang memicu terjadinya gigi tonggos pada anak.

9. Menggeretakkan Gigi

Menggeretakkan gigi merupakan perilaku yang biasa terjadi pada seseorang ketika dia sedang tidur. Kebiasaan menggesek gigi saat tidur merupakan kebiasaan buruk karena  mengasah gigi dan mengubah struktur anatomis giginya. Sehingga gigi yang menjadi lebih maju ini akan memicu terjadinya gigi tonggos

10. Mengempeng

Sebaiknya anda jangan membiasakan anak anda mengempeng karena ternyata kebiasaan seperti ini juga bisa membuat gigi anak menjadi tonggos. Sama halnya dengan dot dan mengisap jempol, mengempeng juga bisa mengubah bentuk rahang anak dan membuatnya menjadi lebih maju dari normalnya.

11. Menjulurkan Lidah

Anak yang suka menjulurkan lidahnya juga menjadi pemicu terjadinya gigi tonggos. Anda harus tahu bahwa keseringan menjulurkan lidah akan membuat langit-langit mulut berubah jadi tinggi.  Langit-langit mulut yang tinggi ini akan membuat rahang jadi sempit dan membuat gigi jadi berdesakan hingga akhirnya jadi maju ke depan.

Sponsors Link

Adapun cara mengatasi gigi tonggos yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Behel atau Kawat Gigi.
  • Menggunakan Veneer.
  • Menggunakan Headgear.
  • Menggunakan Retainer.
  • Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca cara memundurkan gigi atas.

Itulah penyebab gigi tonggos pada anak dan cara mengatasinya yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, ,