Sponsors Link

6 Penyebab Gigi Warna Hitam – Cara Mengatasi – Perawatan

Sponsors Link

Gigi hitam bisa menjadi gejala penyakit gigi yang mendasarinya yang seharusnya tidak diabaikan. Gigi biasanya berkisar pada warna dari putih ke putih kekuning-kuningan dan putih keabu-abuan. Gigi mengambil nada putih karena jumlah kalsium hadir di enamel. Enamel adalah penutup luar yang keras dari gigi seperti cara mengatasi gigi hitam ditengah.

ads

Kalsium adalah bahan putih alami. Gigi mendapatkan sebagian besar pewarnaan mereka dari kalsium. Namun, Anda dapat memiliki kombinasi bahan lain di gigi, yang dapat menambahkan nuansa abu-abu dan kuning. Email Anda mulai menipis seiring waktu, menyebabkan lapisan yang mendasari dikenal sebagai dentin untuk ditampilkan. Ini bisa membuat gigi tampak lebih gelap. Enamel gigi juga bisa diwarnai dari luar seperti cara memutihkan gigi hutam berlubang.

Apa yang menjadi penyebab gigi warna hitam?

Gigi yang menjadi hitam biasanya disebabkan oleh salah satu dari dua jenis penyebab umum: ekstrinsik atau intrinsik.

  1. Ekstrinsik: Kerusakan ekstrinsik berasal dari bagian luar gigi. Ini termasuk pewarnaan, karang gigi, atau kerusakan lain yang mempengaruhi lapisan gigi luar.
  2. Intrinsik: Kerusakan intrinsik dimulai dari dalam dan berlanjut ke luar. Ini terjadi ketika suatu kondisi di dalam gigi menyebabkan pembusukan dan kerusakan.

Biasanya, gigi tidak akan berubah menjadi hitam dalam semalam. Sebaliknya, itu akan terjadi seiring berjalannya waktu. Idealnya, seseorang dapat melihat dokter gigi sebelum kerusakan menjadi terlalu besar seperti cara menghilangkan flek hitam pada gigi depan. Beberapa penyebab gigi warna hitam ekstrinsik dan intrinsik termasuk:

  1. Rongga : Rongga disebabkan oleh bakteri yang merusak enamel gigi, meninggalkan lubang kecil di belakang. Lubang-lubang ini bisa terlihat gelap.
  2. Restorasi gigi : Tambalan dan mahkota yang mengandung amalgam, khususnya perak sulfida, dapat menyebabkan gigi tampak berwarna hitam.
  3. Pewarnaan : Makan dan minum produk makanan berwarna gelap, seperti teh dan cola, bisa menodai gigi.
    Mengambil obat tertentu. Suplemen zat besi cair, misalnya, dapat menyebabkan pewarnaan pada gigi.
    Karang gigi : Tartar adalah deposit plak keras yang dapat menumpuk di gigi dan biasanya muncul di bawah garis gusi. Beberapa bentuk tartar berwarna hitam.
  4. Tembakau :Merokok atau mengunyah tembakau dapat secara signifikan menodai gigi. Penyebab paling mendasar dari gigi hitam membutuhkan perawatan dokter gigi untuk menghapus atau mengobati.

Di beberapa bagian dunia, gigi hitam dianggap indah. Bertahun-tahun yang lalu, wanita dari negara-negara seperti Jepang, Laos, dan Vietnam akan mengecat gigi mereka menjadi hitam. Praktek ini tidak lagi populer, tetapi beberapa wanita yang lebih tua dari negara-negara itu mungkin memiliki gigi hitam. Namun ini merupakna sebuah masalah gigi jadi sangat perlu diperhatikan lagi penyebab gigi warna hitam tersebut agar tidak menimbulkan beragam masalah lainnya.

Sponsors Link

Bagaimana perawatan untuk gigi hitam?

Seseorang biasanya tidak dapat memperbaiki gigi hitam bahkan dengan perawatan di rumah yang terbaik. Sebaliknya, gigi hitam membutuhkan perhatian dokter gigi profesional. Seorang dokter gigi akan memeriksa gigi Anda, menentukan penyebab yang mendasari gigi hitam Anda, dan merekomendasikan perawatan sperti penyebab gigi depan berlubang dan menghitam.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi