Sponsors Link

6 Penyebab Gigi Warna Kuning yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa gigi Anda tidak seputih dulu? Apakah mereka tetap memiliki warna kuning yang sama meskipun Anda menyikatnya secara menyeluruh? Itu wajar untuk menyadari senyum Anda, tetapi gigi kuning tidak selalu merupakan tanda kesehatan mulut yang buruk seperti cara memutihkan gigi kuning membandel.

ads

Penyebab Gigi Warna Kuning

Ada banyak faktor yang berkontribusi pada warna gigi seperti cara memutihkan gigi kuning membandel. Beberapa ada dalam kendali Anda, tetapi yang lain tidak. Teruslah membaca untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab gigi warna kuning dan bagaimana membuatnya berwarna putih lagi.

1. Merokok

Merokok membuat gigi Anda kuning karena tar, nikotin, dan bahan kimia lainnya terbawa dalam asap. Ini meresap ke dalam pori-pori di email gigi Anda, menodai warna alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 menemukan bahwa 28% perokok memiliki tingkat diskolorasi gigi sedang sampai berat, dibandingkan dengan 15% non-perokok. Studi ini juga mengungkapkan bahwa perokok umumnya kurang puas dengan keadaan gigi mereka.

Rokok elektrik mungkin tidak mengubah warna gigi pada tingkat yang sama, tetapi mereka masih mengandung nikotin yang menjadi kuning ketika bercampur dengan oksigen. Ada masalah kesehatan mulut lain yang terkait dengan merokok juga. Misalnya, nikotin menyebabkan gusi surut dan dapat menyebabkan gingivitis dan periodontitis seperti mengatasi gigi hitam di tengah.

2. Kebersihan mulut yang kurang

Jika Anda melihat penumpukan kuning di gigi Anda, itu mungkin plak atau karang gigi. Plak terbentuk ketika bakteri dari partikel makanan dan minuman tidak dibersihkan dengan benar dari gigi Anda. Seiring waktu, plak mengeras membentuk tartar, yang hanya bisa dihilangkan oleh dokter gigi atau ahli kebersihan.

Lapisan kuning ini dapat terbentuk pada atau di sekitar gigi Anda jika Anda tidak menyikat cukup sering atau cukup teliti. Tidak hanya terlihat buruk, itu berkontribusi pada bau mulut dan seluruh beban komplikasi kesehatan mulut lainnya.

3. Diet yang salah

Seharusnya tidak menjadi kejutan besar bahwa hal-hal yang Anda masukkan ke dalam mulut Anda berpengaruh pada warna gigi Anda. Jika gigi Anda berwarna kuning, mungkin karena makanan seperti ini:

  • Kopi dan teh
  • anggur merah
  • Kari
  • Saus tomat
  • Berries
  • Kecap

Ada makanan dan minuman lain yang, meskipun tidak menyebabkan pewarnaan, mengandung asam yang menggerogoti email gigi Anda. Ini mengurangi ‘putihnya’ gigi Anda dan juga membuatnya lebih rentan terhadap pewarnaan.

4. Penuaan

Seolah-olah semakin tua tidak cukup buruk, itu wajar untuk gigi Anda menjadi kuning saat Anda bertambah tua. Ini karena lapisan enamel pelindung menjadi lebih tipis, mengungkapkan lebih banyak dentin kuning di bawahnya seperti cara memutihkan gigi hitam berlubang

Sponsors Link

5. Genetika

Jika Anda memiliki gigi yang kekuning-kuningan sepanjang hidup Anda, orang tua Anda mungkin harus disalahkan. Variasi genetik dapat mempengaruhi warna gigi dan porositas enamel – dan lebih banyak email berpori lebih rentan terhadap noda.

6. Obat atau penyakit

Beberapa antibiotik seperti tetracycline dan amoxicillin dapat mempengaruhi warna gigi, terutama pada anak-anak yang lebih muda. Obat yang diresepkan untuk orang dewasa untuk alergi dan tekanan darah tinggi juga dapat memiliki efek samping ini. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda khawatir tentang penyebab gigi warna kuning ini.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi