Sponsors Link

7 Penyebab Granuloma Gigi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Benjolan pada gusi gigi geraham seringkali dianggap sebagai salah satu masalah yang tidak berbahaya. Selain hanya tumbuh begitu saja, umumnya benjolan semacam ini juga tidak menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan. Kecuali jika terdapat masalah lain seperti gigi berlubang parah busuk. Namun, munculnya benjolan tersebut juga harus diwaspadai sebagai salah satu munculnya granuloma gigi.

ads

Granuloma atau dalam bahasa medis disebut sebagai granula merupakan kondisi munculnya daging tumbuh pada akar gigi. Masalah ini sering ditemui pada akar gigi geraham yang sering ditandai dengan adanya benjolan padat yang memiliki ukuran sekitar 5 – 8 mm. Granuloma sendiri terjadi akibat adanya komplikasi dari masalah gigi berlubang pada bagian pulpa gigi (pulpitis).

Pulpitis yang tidak diobati akan menimbulkan reaksi pada saraf gigi dan menyebabkan daerah sekitar gigi menjadi meradang dan timbul benjolan. Meradangnya akar gigi seperti inilah yang disebut sebagai granuloma gigi.

Penyebab Granuloma Gigi

Granuloma gigi dapat timbul akibat masalah gigi yang tak kunjung diobati. Biasanya mereka merasa takut mengobati giginya sehingga timbul peradangan dalam waktu yang cukup lama. Peradangan di area gigi akan menimbulkan munculnya benjolan atau daging tumbuh. Berikut adalah beberapa penyebab granuloma pada gigi:

  1. Karies Gigi

Karies gigi atau lubang gigi menjadi salah satu masalah yang cukup banyak dialami. Dimana masalah seperti ini bisa diakibatkan karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Saat gigi kotor dan penumpukan sisa makanan yang terus terjadi, maka bakteri akan lebih mudah berkembang di daerah tersebut. Dimana bakteri akan terus masuk dan merusak ke bagian jaringan gigi yang lebih dalam. Akibatnya, gigi berlubang besar, timbul rasa sakit, pembengkakan di area gusi, peradangan, hingga muncul benjolan atau daging tumbuh.

  1. Karang Gigi

Karang gigi timbul akibat penumpukan plak dari sisa makanan yang tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Selain menyebabkan lapisan email gigi menjadi lemah dan terkikis, karang gugi juga dapat menyebabkan pembengkakan di area sekitar gusi dan menimbulkan adanya benjolan. Jika tidak segera di atasi, benjolan akan nampak seperti daging tumbuh yang semakin besar dengan bentuk yang lebih padat berukuran sekitar 5 – 8 mm.

  1. Infeksi

Infeksi pada gigi menjadi salah satu masalah yang cukup serius dan harus segera ditangani. Dimana infeksi gigi dapat disebabkan oleh bakteri yang masuk dan merusak ke jaringan dalam gigi dan menyebabkan benjolan yang berujung pada kista gigi. Biasanya infeksi seperti ini ditemui pada penderita gigi berlubang di bagian gigi geraham yang dapat berujung pada granuloma atau daging tumbuh.

Sponsors Link

  1. Radang Gusi

Radang gusi atau disebut dengan gingivitis merupakan kondisi dimana gusi mengalami peradangan yang menyebabkan daerah sekitar gusi menjadi sakit bahkan menyebabkan gusi berdarah. Kondisi seperti ini dapat menyerang area gusi dan jaringan pengikat di dalamnya. Jika tidak diobati, maka kekuatan gigi akan melemah dan mengakibatkan gigi tanggal sebelum waktunya.

  1. Kista Odontogenik

Kista Odontogenik timbul dengan adanya benjolan di bagian gusi bagian atas. Biasanya kondisi seperti ini sering terjadi di bagian gigi geraham yang mengalami masalah. Saat terjadi benjolan maka biasanya akan disertai dengan rasa nyeri hingga menusuk ke bagian atas yang disertai dengan rasa pusing.

ads

  1. Kista Radikularis

Kista Radikularis merupakan bentuk kista yang ditandai dengan munculnya benjolan di bagian gigi yang berlubang. Biasanya bentuk kista seperti ini bisa bertahap, dari yang sedang hingga terparah yang menyebabkan timbulnya kanker gigi. Dimana kista ini dapat terjadi akibat gigi berlubang yang dibiarkan dalam waktu yang lama dan semakin parah.

  1. Polip Gigi (Pulpa)

Macam-macam polip gigi adalah kondisi munculnya peradangan di daerah pulpa aktif yang terbentuk akibat karis gigi yang berlebihan dan melebar ke arah pulpa. Saat peradangan terjadi maka akan timbuk iritasi di daerah pula yang menyebabkan daerah tersebut timbul benjolan yang disertai dengan rasa sakit dan nyeri.

Cara Mengobati Granuloma Gigi

Ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan jika terjadi granuloma gigi, mulai dari cara yang alami hingga melakukan tindakan medis. Berikut cara mengibati granuloma pada gigi yang dapat dilakukan:

  1. Cara Alami

Jika tumbuhnya benjolan atau daging tumbuh belum terlalu besar dan mempengaruhi daerah gigi lainnya. Maka cara menyembuhkan granuloma gigi masih dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengempeskan benjolan tersebut. Berikut bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat granuloma gigi:

  • Kunyit
  • kapur sirih
  • Buah pinang
  • Gambir
  • Bunga rosella
  • Daun Sirsak
  • Kulit Manggis
  • Sarang Semut
  • Minyak Cengkeh
  1. Cara Medis

Selain melakukannya dengan cara alami, granuloma gigi yang terlanjur parah dan menimbulkan beberapa gejala yang dapat membahayakan kesehatan. Maka cara untuk mengobatinya adalah dengan menggunakan tindakan medis. Beberapa tindakan medis akan dilakukan untuk mengobati tumbuhnya granuloma gigi, antara lain:

  • Operasi pembedahan granuloma gigi
  • Perawatan konservatif dengan memasukan zat atau bahan melalui saluran akar gigi
  • Melakukan perawatan pada gigi yang bermasalah untuk mencegah timbulnya granuloma berikutnya.

Itulah beberapa penyebab granuloma gigi dan cara mengobatinya. Jika masalah gigi seperti granuloma terjadi pada anda, maka jangan biarkan atau bahkan sepelekan masalah seperti ini. Segera konsultasikan pada dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi