Sponsors Link

8 Penyebab Gusi Berdarah Terus Menerus yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Gusi merupakan daging tempat gigi tumbuh. Warna gusi pada dasarnya adalah transparan. Namun warna gusi yang sering ditemui pada mulut manusia adalah kemerahan. Hal ini disebabkan karena gusi dialiri oleh darah. Sama seperti organ lainnya, gusi juga dapat terserang penyakit. Salah satunya yang sering terjadi adalah gusi berdarah. Selain orang dewasa, gusi berdarah pada anak juga sering terjadi. Darah yang keluar pada gusi dapat disebabkan oleh aktivitas-aktivitas tertentu misalnya adalah gusi berdarah saat sikat gigi.

ads

Munculnya gusi berdarah kadang tidak bisa diduga, gusi sering berdarah tiba tiba pada seseorang juga sering terjadi. Jika darah yang keluar dari gusi cepat berhenti mungkin tidak akan jadi masalah. Namun lain halnya jika darah yang keluar dari gusi tidak berhenti-berhenti. Ini bisa menjadi masalah. Penyebab Gusi Berdarah Terus Menerus diantaranya dapat terjadi karena:

1. Penyakit Gusi (Gingivitis)

Gingivitis merupakan peradangan pada gusi yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa berubah menjadi infeksi yang lebih parah seperti periodentitis. Gingivitis biasanya dipicu oleh kebiasaan merokok, diabetes, gigi bengkok, kehamilan, faktor genetis dan faktor lainnya.

2. Jumlah Trombosit yang Rendah

Penyebab Gusi Berdarah Terus Menerus lainnya adalah trombosit yang rendah. Ketika kulit terluka, trombosit akan menggumpal dan membeku hingga menyumbat pendarahan yang terjadi. Jika jumlah trombosit rendah, maka pendarahan yang terjadi termasuk pada gusi sulit untuk dihentikan. Biasanya, jumlah trombosit yang rendah dapat disebabkan oleh leukimia atau obat-obatan tertentu.

3. Leukimia

Leukimia adalah kanker sel darah putih. Sel darah putih penting bagi tubuh manusia untuk menjaga sistem imun dari jamur, virus maupun bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan gusi berdarah. Leukimia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah merokok, keturunan dan terlalu sering terpapar radiasi tinggi.

4. Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan kondisi yang paling umum yang diderita setiap orang di dunia. Lubang gigi pada awalnya sulit untuk dideteksi. Apalagi jika ukuran lubang gigi masih belum terlalu besar. Hal ini dikarenakan lubang gigi  berukuran kecil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Jika dibiarkan terus, lubang gigi ini akan membesar dan menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya. Akhirnya bisa menimbulkan abses pada gusi yang berdampak pada infeksi gusi dan lainnya.

5. Kekurangan Vitamin C

Vitamin C berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Vitamin ini dapat menyembuhkan luka dan memperkuat tulang serta gigi. Jika Anda mengalami kekurangan vitamin C, maka Anda akan mengalami lemas. Seiring berjalannya waktu pembengkakan dan pendarahan pada gusi juga bisa terjadi.

6. Hemofilia atau Penyakit Von Willebrand

Jika sayatan kecil dari dokter gigi saja dapat membuat gusi Anda berdarah terus-menerus, maka patut dicurigai Anda menderita kelainan berupa hemofilia atau penyakit Von Willebrand. Kondisi hemofilia dapat menyebabkan darah tidak dapat membeku dengan baik sehingga darah yang keluar dari gusi bisa terus mengalir.

7. Diabetes

Ketika seseorang menderita diabetes, kemampuan mulutnya untuk melawan bakteri akan berkurang. Sehingga gusi berdarah akan lebih sering terjadi. Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes juga dapat menyebabkan tubuh sulit untuk menyembuhkannya. Sehingga dapat memperparah gusi berdarah.

Sponsors Link

8. Periodentitis

Periodentitis akan muncul jika gingivitis dibiarkan terus menerus. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi. Jika Anda menderita periodentitis, maka gusi Anda akan mudah berdarah. Gusi juga menjadi lebih mudah terinfeksi.

Demikianlah penjelasan mengenai Penyebab Gusi Berdarah Terus Menerus. Penyakit gusi berdarah sebenarnya dapat dihindari salah satunya dengan menggosok gigi secara rutin. Menjaga kesehatan mulut merupakan salah satu keutamaan pentingnya menggosok gigi. Selain itu, seseorang yang memiliki mulut  yang sehat juga akan tahan terhadap penyakit-penyakit yang lebih serius seperti kanker gigi. Mengkonsumsi obat kanker gigi menjadi tidak diperlukan lagi.

Sponsors Link
, ,