Sponsors Link

Penyebab Gusi Berdarah Tiba Tiba dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gusi berdarah merupakan penyakit yang sering dialami banyak orang. Selain pada orang dewasa, gusi berdarah pada anak juga sering terjadi. Bahkan bagi wanita, gusi berdarah saat hamil merupakan hal yang lumrah. Penyakit gusi berdarah dapat muncul kapan saja. Misalnya gusi berdarah saat sikat gigi. Terkadang, gusi sering berdarah tiba tiba. Banyak orang yang mengalaminya dan penasaran akan sebabnya. Penyebab Gusi Berdarah Tiba Tiba sebenarnya bisa karena peradangan pada gusi. Selain itu, Penyebab Gusi Berdarah Tiba Tiba lainnya adalah:

ads

1. Kekurangan Vitamin C

Vitamin C berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Vitamin ini dapat menyembuhkan luka dan memperkuat tulang serta gigi. Jika Anda mengalami kekurangan vitamin C, maka Anda akan mengalami lemas. Seiring berjalannya waktu pembengkakan dan pendarahan pada gusi juga bisa terjadi.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan kondisi yang paling umum yang diderita setiap orang di dunia. Lubang gigi pada awalnya sulit untuk dideteksi. Apalagi jika ukuran lubang gigi masih belum terlalu besar. Hal ini dikarenakan lubang gigi  berukuran kecil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Jika dibiarkan terus, lubang gigi ini akan membesar dan menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya. Akhirnya bisa menimbulkan abses pada gusi yang berdampak pada infeksi gusi dan lainnya.

3. Gingivitis

Gingivitis merupakan peradangan pada gusi yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa berubah menjadi infeksi yang lebih parah seperti periodentitis. Gingivitis biasanya dipicu oleh kebiasaan merokok, diabetes, gigi bengkok, kehamilan, faktor genetis dan faktor lainnya.

4. Periodontitis

Periodontitis akan muncul jika gingivitis dibiarkan terus menerus. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi. Jika Anda menderita periodentitis, maka gusi Anda akan mudah berdarah. Gusi juga menjadi lebih mudah terinfeksi.

5. Kekurangan Trombosit

Penyebab Gigi Berdarah Tiba Tiba lainnya adalah jumlah trombosit yang rendah. Ketika kulit terluka, trombosit akan menggumpal dan membeku hingga menyumbat pendarahan yang terjadi. Jika jumlah trombosit rendah, maka pendarahan yang terjadi termasuk pada gusi sulit untuk dihentikan. Biasanya, jumlah trombosit yang rendah dapat disebabkan oleh leukimia atau obat-obatan tertentu.

6. Leukimia

Leukimia adalah kanker sel darah putih. Sel darah putih penting bagi tubuh manusia untuk menjaga sistem imun dari jamur, virus maupun bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan gusi berdarah. Leukimia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah merokok, keturunan dan terlalu sering terpapar radiasi tinggi.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah Tiba Tiba

Gusi sering berdarah tiba-tiba terkadang dapat membuat khawatir, karena si penderita tidak mengetahui secara pasti penyebabnya dan ada kemungkinan bahwa gusi yang berdarah adalah salah satu gejala dari penyakit yang lebih serius. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani gusi berdarah, yaitu :

  • Rutin untuk menyikat gigi setiap harinya minimla sehari dua kali yaitu pada saat pagi hari sebelum makan dan pada malam hari sebelum tidur. Gunakan sikat gigi yang halus agar tidak melukai gusi
  • Menggunakan obat kumur sebagai serangkain cara membersihkan mulut secara rutin, obat kumur dapat membantu mulut mengatasi bakteri yang menempel pada lapisan gigi
  • Tidak meminum alkohol, minuman keras ini dapat memperparah keadaan gusi yang mudah berdarah serta membuat lapisan gigi menjadi lebih mudah keropos dan berubah warna.
Sponsors Link

  • Melakukan flossing, yaitu kegiatan membersihkan gigi menggunakan benangManfaat dari flossing diantaranya adalah membantu dalam membersihkan plak yang menempel di sela-sela gigi dan garis gusi. Selain itu, flossing juga dapat membantu dalam mengurangi sensitifitas gigi.

Penyebab Gusi Berdarah Tiba Tiba memang patut diwaspadai. Radang gusi merupakan penyakit yang sering dikaitkan dengan gusi berdarah secara tiba-tiba. Jika Anda mengalami gusi berdarah secara tiba-tiba dan darah tidak berhenti mengalir, maka ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi mengenai masalah ini.

Sponsors Link
, ,
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini