Sponsors Link

8 Penyebab Gusi Sering Bengkak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gusi merupakan bagian dari dalam mulut yang erat kaitannya dengan gigi, yang mana gusi ini memiliki banyak peranan seperti sebagai tempat menompang gigi agar tetap kokoh berdiri, menjaga gigi dari guncangan, melindungi saraf-saraf sensitif yang berada di bawah gigi dan sebagai pelindung pembuluh darah yang berada disekitar gigi tersebut. Gusi merupakan daging yang membungkus tulang rahang bagian atas dan bawah.

ads

Bagian dari mulut ini juga dapat mengalami gangguan seperti salah satunya adalah gusi bengkak. Pembengkakan ini dapat terjadi akibat beberapa faktor penyebab yang tentunya melibatkan gigi dan gusi namun pada umumnya pembengkakan gusi ini tidak akan terjadi terlalu sering. Akan tetapi hal ini tidak dapat menjamin bahwa peradangan gusi dapat terjadi kapan saja, beberapa penyebab gusi sering bengkak diantaranya yaitu :

  1. Gingivitis

Penyebab gusi sering bengkak yang pertama yaitu gingivitis, gingivitis ini merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan iritasi, gusi terlihat kemerahan serta memicu gusi menjadi bengkak. Pada umumnya gingivitis ini tidak terlalu memberikan dampak yang begitu berarti hanya saja apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama hal ini akan dampak yang lebih berbahaya seperti copotnya gigi dari bagian gusi yang mengalami bengkak tersebut.

Gingivitis dapat terjadi akibat kebersihan mulut yang tidak di jaga dan terkadang disertai dengan periodontitis pada mulut. Tanda-tanda mengalami gingivitis yaitu munculnya pembengkakan pada gusi, tekstur gigi menjadi lebih lembut, gigi berdarah terus saat sikat gigi dan menyebabkan bau mulut.

  1. Kehamilan

Gusi yang sering bengkak dapat terjadi selama seseorang sedang mengalami masa kehamilan. Pembengkakakn gusi ini biasanya diakibatkan oleh perubahan hormon yang dapat menyebabkan aliran darah ke gusi cenderung lebih banyak yang akhirnya gusi akan menjadi lebih sensitif jika di sentuh. Walaupun pembengkakan ini hanya terjadi selama masa kehamilan ada baiknya segera di obati untuk menghindari penyakit gusi berbahaya lainnya di masa yang akan datang.

  1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak apabila terdapat gigi yang berlubang. Infeksi bakteri yang terjadi ini didukung dengan menumpuknya plak pada gigi dan sela-sela gigi dan sisa-sisa makanan yang dapat membuat bakteri menempel pada gigi serta gigi berlubang besar yang tidak ditangani.

  1. Kawat gigi

Gesekan yang terjadi antara kawat gigi dan permukaan gigi dapat mengganggu gusi sehingga menyebabkan gusi menjadi lebih mudah bengkak. Pemasangan kawat pada gigi juga harus dijaga kebersihannya karena apabila tidak dibersihkan dari sisa-sisa makanan akan membuat bakteri lebih mudah merusak gigi dan menyebabkan gusi menjadi bengkak.

  1. Gigi sensitif

Pada sebagian orang memiliki masalah pada gigi berupa gigi mereka yang cenderung lebih sensitif terhadap makanan dan minuman yang dingin maupun panas. Apabila hal ini terus dibiarkan dapat mengganggu gusi dan berakhir dengan pembengkakan gusi yang terlalu sering.

Sponsors Link

  1. Gangguan scurvy

Gangguan yang satu ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami kekurangan asupan vitamin C yang akan disertai dengan tubuh menjadi lemah, anemia dan munculnya penyakit gusi. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dalam mengatasi serangan bakteri penyebab gusi menjadi bengkak.

  1. Plak dan tartar

Plak dan tartar merupakan penyebab yang paling umum dijumpai pada pasien yang mengeluhkan pembengkakan gusi. Hal ini dapat terjadi karena gigi yang jarang dibersihkan dari sisa-sisa makanan dan minuman manis yang dikonsumsi. Plak dan tartar dapat membuat gigi menjadi lebih mudah berlubang serta menyebabkan karang gigi.

ads

  1. Luka pada gusi

Luka yang terdapat pada gusi juga dapat menjadi penyebab gusi sering bengkak sehingga dapat berujung pada peradangan. Luka pada gusi dapat terjadi akibat gesekan yang terlalu kuat ketika menggosok gigi. Luka pada gusi juga bisa didapatkan akibat gigi berlubang tidak dicabut dan dibiarkan begitu saja.

Pembengkakan gusi dapat ditandai dengan beberapa gejala yang timbul seperti keluarnya darah ketika menggosok gigi, sakit gigi, mulut menjadi bau, nyeri di sekitar bawah rahang dan lain sebaginya. Penyebab gusi sering bengkak dapat diatasi dengan berbagai cara guna, yaitu seperti :

  • Menggunakan garam, kandungan dalam garam diketahui mampu mengatasi sakit gigi dan gusi yang bengkak karena senyawa yang terdapat dalam garam dapat mencegah infeksi bakteri pada mulut.
  • Lemon dan jeruk nipis, senyawa asam pada lemon mampu berfungsi sebagai antibakteri yang efektif dalam mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak akibat infeksi bakteri. Kedua bahan ini umumnya banyak di manfaatkan dalam menjaga kesehatan tubuh karena kadar vitamin C nya yang tinggi.
  • Belimbing wuluh, bahan alami yanhg satu ini juga dapat mengatasi penyebab gusi sering bengkak karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sama seperti lemon dan juga jeruk nipis.

Selain memanfaatkan bahan alami dalam mencegah dan mengatasi gusi yang bengkak, terdapat pula beberapa jenis obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi gusi bengkak yaitu :

  • Asam mafenamat
  • Clindamycin
  • Dexamethasone
  • Ibuprofen
  • Dan metampiron.

Penyebab gusi sering bengkak dapat terjadi akibat kelalaian dalam membersihkan gigi setiap harinya dari sisa makanan dan juga minuman yang dikonsumsi. Gusi yang bengkak apabila tidak ditangani dengan cepat dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan gigi, hal ini secara tidak langsung juga akan berpengaruh kepada organ tubuh lainnya karena saraf yang terdapat pada gigi dapat menimbulkan efek lainnya pagi tubuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini