Sponsors Link

Penyebab Karang Gigi Berwarna Hitam

Sponsors Link

Karang gigi yang bahasa medisnya biasa disebut dengan calculus adalah lapisan bening pada gigi yang bercampur dengan kuman dan zat kapur yang ada pada air liur, dan dan salah satu hal penyebab timbulnya karang gigi hitam adalah cara gosok gigi yang merusak gigi. Terdapat lebih dari 350 jenis kuman penyebab caries yang terdapat dalam mulut kita. Lapisan gigi yang bercampur dengan kuman tersebut dinamakan plak.

ads

Pada awalnya plak bersifat lunak dan lengket. Plak yang baru terbentuk biasanya akan mudah untuk dibersihkan, akan tetapi lama kelamaan plak akan menumpuk dan mengeras. Plak yang mengeras inilah yang dinamakan dengan karang gigi. Hal ini tentu berbeda dengan benda yang menempel misalnya, perhiasan pada gigi.

Karang gigi merupakan awal dari munculnya berbagai penyakit pada gigi, antara lain gusi berdarah, infeksi, dan pembengkakan pada gusi, gigi sakit dan keropos, juga masalah bau mulut yang tidak sedap, bahkan karang gigi bisa menjadi penyebab datangnya penyakit gigi yang mematikan, sebab itu jangan langsung sikat gigi setelah makan.

Selain itu karang gigi hitam juga dapat timbul akibat menempelnya jenis bakteri di gigi. Karang hitam di gigi terlihat tipis dan licin yang berwarna kuning, putih atau bahkan yang sudah parah bisa berwarna hitam, yang umumnya ada diantara gigi dan spenjang batas antara gusi pada gigi. Karang gigi akan semakin sangat nampak saat gigi tidak pernah di sikat.

Karang gigi ini terjadi pada saat makan dan minum susu, minuman ringan, kue, permen yang masuh tertinggal di gigi atau produk yang mengandung karbohidat lainnya. Hali ini yang dapat membuat bakteri yang hidup di mulut mengeluarkan asam yang mampu menhancurkan enamel gigi atau lapisan pelindung paling luar pada gigi dan hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang.

Penyebab Karang Gigi Hitam Muncul Pada Gigi, Antara Lain Adalah :

1. Tidak Peduli Dan Kurang Menjaga Kebersihan

Kurangnya menjaga kebersihan seperti malas untuk menyikat gigi secara rutin dan seebelum tidur malam atau menyikat gigi dengan cara yang salah adalah salah satu penyebab munculnya karang gigi hitam karena penumpukan plak hingga nantinya di masa tua harus menggunakan teknologi magnet pada gigi palsu.

Plak yang pada awalnya lunak dan mudah untuk dibersihkan, karena ketidak kepedulian kita akan kebersihan dan kesehatan pada gigi membuat plak itu terus menumpuk dan lama kelamaan akan menjadi semakin keras dan sangat sulit untuk dibersihkan. Karang gigi yang menumpuk akan menganggu penampilan dan dapat menimbulkan penyakit gigi yang lebih serius dan harus diatasi dengan teknologi pasta gigi dari cangkang kerang.

2. Cara Menyikat Gigi yang Salah

Jika selama ini kita sudah merasa rajin menyikat gigi, tetapi mengapa masih saja masih muncul karang gigi pada gigi kita? Kemungkinan besar adalah cara menyikat gigi yang salah. Mrnyikat gigi yang salah dapat sikat tidak dapat menjangkau sudut-sudut sehingga sisa-sisa makanan yang menyelip pada gigi tidak dapat di bersihkan.

3. Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu aktivitas atau kebiasaan buruk yang banyak mendatangkan penyakit berbahaya dan mematikan. Zat-zat berbahaya yang terkandung pada rokok dapat menyebabkan terbentuknya plak dan akan menjadi penyabab munculnya karang gigi hitam.

Sponsors Link

Plak yang menumpuk lama-kelamaan akan menyebabkan perubahan warna pada gigi, pembusukan, pengeroposan, dan kerusakan pada gigi. Aktivitas merokok juga dapat menyebabkan kanker gigi. Akan jauh lebih sulit membersihkan plak jik dibandingkan plak yang disebabkan ole sisa makanan.

4. Banyak Menkonsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Menkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula juga salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya karang gigi. Makanan yang mengandung gula adalah sumber makanan bagi bakteri untuk berkembang biak. Karena bakteri yang memakan makanan yang mengandung gula akan menghasilkan zat asam,

yang berbahaya yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan terbentuknya plak yang menjadikan karang gigi. Bakteri yang berkembang biak lama kelamaan akan menjadi semakin banyak dan kuat sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit pada gigi dan mulut.

ads

5. Kurang Minum Air Putih

Ketika kita mengkonsumsi makanan, aka akan ada banyak sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi, jika kita kurang minum air putih maka sisa-sisa makanan akan tertinggal pada gigi dan mudah untuk dikonsumsi bakteri yang menyebabkan terbentuknya karang gigi.

6. Jarang Mengunjungi Dokter Gigi

Jarang mengunjungi dokter gigi adalah salah satu faktor yang menyebabkan plak yang menumpuk menjadi karang gigi yang sulit untuk dibersihkan. Karena karena menggosok gigi saja tidak sepenuhnya dapat membersihkan gigi, oleh sebab itu dianjurkan untuk sesekali mengunjungi dokter gigi,

hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan plak yang semakin banyak. Dokter gigi tahu cara menghilangkan plak dengan aman dan benar, oleh karena itu dokter gigi tempat yang aman untuk membersihkan plak dan memeriksakan kesehatan gigi dan gigi.

Penyakit yang Timbul Akibat Karang Gigi Hitam

Bila dibiarkan terus menerus karang gigi juga dapat menimbulkan kerusakan pada gigi, tulang pendukung gigi dan bahkan gusi, seperti :

  • Gigi berlubang atau membusuk, jika tidak segera untuk diobati maka kerusakan dapat menyebar hingga pulpa (lapisan akar) di tengah gigi dan dapat menyebabkan sakit gigi serta abses.
  • Kalkulus (tartar), lapisan plak yang mengeras seperti semen dan lapisan ini sulit untuk dihilangkan bahkan tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan sikat gigi.
  • Gingivitis, peradangan pada gusi yang membuat gusi merah, bengkak dan terasa sangat sakit.
  • Periodontitis, infeksi pada gusi yang menyebar dan menyebabkan kerusakan pada tulang gigi di sekitar rahang.

Cara Mencegah dan Mengilangkan Karang Gigi Hitam

  • Menyikat gigi, kita memang diwajibkan untuk menyikat gigi agar selalu sehat dan tidak menimbulkan masalah. Namun ada sebagian orang yang malas untuk melakukannya, sehingga terjadilah plak atau karang gigi hitam, dalam sehari minimal kita harus menyikat gigi 2 kali.
  • Gunakan benang gigi setidaknya sehari sekali (sebelum tidur malam) untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan.
  • Kumur mulut dengan obat kumur untuk menyegarkan nafas sebanyak 2 kali sehari dalam waktu 30 detik. Obat kumur ini bisa menhilangkan plak atau karang gigi hitam yang sudah parah.
  • Hindari makanan dan minuman manis dan lengket seperti permen, kismis, cemilan berlapis coklat atau minuman bersoda.
  • Datangi dokter gigi atau ahli kesehatan mulut setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi.

Mungkin sudah cukup informasi yang saya sampaikan tentang Penyabab Karang Gigi Berwarna Hitam, dan cara menanganinya semoga dapat bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini