Sponsors Link

6 Penyebab Karang Gigi Hitam dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Apakah yang dimaksud dengan karang gigi?

ads

Karang gigi yang bahasa medisnya di sebut Calculus adalah lapisan bening pada gigi yang bercampur dengan kuman dan zat kapur yang ada pada air liur, dan merupakan salah satu penyebab karang gigi hitam. Terdapat lebih dari 350 kuman penyebab caries yang terdapat di dalam mulut kita. Lapisan bening pada gigi yang bercampur dengan kuman tesebut di namakan plak.

Pada awalnya plak bersifat lunak dan lengket. Plak yang baru terbentuk akan mudah di bersihkan, tetapi lama kelamaan jika dibiarkan plak akan menumpuk dan mengeras. Plak yang mengeras ini lah yang dinamakan karang gigi. Karang gigi merupakan awal dari munculnya berbagai penyakit pada gigi, antara lain gusi berdarah, infeksi dan pembengkakan pada gusi, gigi sakit dan keropos, juga masalah bau mulut yang tak sedap, bahkan karang gigi bisa menjadi penyebab datangnya penyakit gigi yang mematikan.

Penyebab karang gigi hitam muncul pada gigi, antara lain adalah:

1. Tidak peduli dan kurang menjaga kebersihan

Kurangnya menjaga kebersihan seperti malas menyikat gigi sebelum tidur malam atau menyikat gigi dengan cara yang salah adalah salah satu penyebab adanya karang gigi hitam karena penumpukan plak. Plak yang pada awalnya lunak dan mudah untuk dibersihkan, karena ketidakpedulian kita akan kebersihan gigi membuat plak itu terus menumpuk dan lama kelamaan akan menjadi semakin keras dan sukar untuk dibersihkan. Karang gigi yang menumpuk akan mengganggu  penampilan dan dapat menimbulkan penyakit gigi yang lebih serius lagi.

2. Cara menyikat gigi yang salah

Jika selama ini kita merasa sudah rajin menyikat gigi, tetapi mengapa masih saja muncul karang gigi pada gigi kita? Kemungkinannya adalah cara menyikat gigi kita yang salah. Menyikat gigi yang salah membuat sikat tidak dapat menjangkau sudut-sudut gigi sehingga sisa-sisa makanan yang menyelip pada gigi tidak dapat di bersihkan.

3. Kebiasaan merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang banyak mendatangkan penyakit berbahaya dan mematikan. Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan terbentuknya plak dan menjadi penyebab karang gigi hitam. Plak yang menumpuk lama kelamaan akan menyebabkan perubahan warna gigi, pembusukan, pengeroposan dan kerusakan pada gigi. Merokok juga dapat menjadi penyebab kanker gigi. Akan jauh lebih sulit membersihkan plak yang disebabkan oleh zat-zat berbahaya yang ada pada rokok dari pada plak yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan.

4. Banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya karang gigi. Makanan yang mengandung gula merupakan sumber makanan bagi bakteri untuk berkembang biak, karena bakteri yang memakan makanan yang mengandung gula akan menghasilkan zat asam berbahaya yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan terbentuknya plak yang menjadikan karang gigi. Bakteri yang berkembang biak lama kelamaan akan menjadi semakin banyak dan kuat sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit pada gigi dan mulut.

Sponsors Link

5. Kurang minum air putih

Ketika kita mengkonsumsi makanan, banyak sisi-sisa makanan yang menempel pada gigi, jika kita kurang minum air putih maka sisa-sisa makanan akan tertinggal pada gigi dan mudah di konsumsi bakteri yang menyebabkan terbentuknya plak.

6. Jarang mengunjungi dokter gigi

Jarang mengunjungi dokter gigi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan plak yang menumpuk menjadi karang gigi yang sulit untuk di bersihkan. Karena menggosok gigi saja tidak sepenuhnya dapat membersihkan gigi, oleh sebab itu sesekali mengunjungi dokter gigi dapat menghindari terjadinya penumpukan plak yang semakin banyak. Dokter gigi tau cara menghilangkan plak pada gigi, oleh karena itu dokter gigi adalah tempat yang aman untuk membersihkan plak dan memeriksa kesehatan gigi dan gusi.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab karang gigi hitam maka alangkah baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

ads

Berikut beberapa cara mengatasi karang gigi, antara lain :

  • Peduli terhadap kebersihan

Peduli dalam hal menjaga kebersihan gigi adalah penting, untuk menghindari terkena penyakit gigi, gusi sering berdarah, dan bau mulut tak sedap,  bahkan penyakit gigi yang lebih parah lagi.
Untuk itu menyikat gigi dengan teratur dan dengan cara yang benar dapat minghindari penumpukan plak yang mengakibatkan munculnya karang gigi. Selain menyikat gigi dengan benar dan teratur, menggunakan dental floss atau benang gigi dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.
Obat kumur juga ampuh untuk mencegah dan menghancurkan plak yang menempel pada sela-sela gigi.

  • Menyikat gigi dengan baik dan benar

Salah satu cara menghindari terbentuknya karang gigi yaitu menyikat gigi dengan baik dan benar. Sikatlah gigi dua kali sehari yaitu sehabis sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur. Cara menyikat gigi dengan benar adalah dengan tidak terburu-buru dan menyikat dengan cara gerakan vertikal dan memutar dari atas ke bawah sampai ke ujung gusi. Membersihkan lidah dengan menggunakan pembersih lidah juga hal yang penting dilakukan untuk membersihkan bakteri sisa-sisa makanan yang masih menempel.

  • Menghindari makanan yang mengandung gula

Dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung gula maka kita memperkecil kemungkinan bakteri mendapatkan makananya untuk berkembang biak. Oleh sebab itu menjaga pola makan dan mengurangi makanan yang mengandung gula adalah sangat baik untuk kesehatan gigi.
Perbanyak mengkonsumsi buah yang megandung vitamin C dan sayuran yang banyak mengandung serat sangat membantu menjaga kesehatan gusi dan membersihkan plak secara alami. Jangan lupa makanlah makanan yang menyehatkan gigi.

  • Perbanyak minum air putih

Pembentukan plak dapat di minimalis dengan cara memperbanyak minum air putih setelah makan.

  • Menghindari kebiasaan buruk merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara yang ampuh menghindari terbentuknya plak penyebab karang gigi hitam selain menghindari penyakit mematikan lainnya.

Sponsors Link

  • Rutin mengunjungi dokter gigi

Plak yang sudah terakumulasi dan menjadi karang gigi yang sangat keras akan sukar di bersihkan. Untuk membersihkannya kita harus mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan scalling atau membersihkan gigi, baik dengan peralatan manual maupun elektrik. Selain membersihkan karang gigi, dokter gigi juga akan memeriksa secara keseluruhan, memberi saran kesehatan gigi bahkan merawat dan mengobati gigi, gusi dan mulut. Setidaknya 6 bulan sekali rutin mengunjungi dokter gigi dapat mendeteksi adanya karang gigi dan mencegah penyakit gigi.

Selain mengganggu penampilan, mengurangi rasa percaya diri, karang gigi juga adalah pemicu yang  menyebabkan timbulnya penyakit lain pada gigi, gusi dan mulut, oleh sebab itu dengan mengetahui penyebab karang gigi hitam dan cara mengatasinya semoga kita lebih peduli dengan kesehatan gigi kita dan menjaga agar tidak terjadi penyakit lain yang lebih parah lagi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini