Sponsors Link

10 Penyebab Karies Gigi Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Anda yang memiliki balita atau bayi yang masih menyusui baik secara ASI ataupun juga botol. Perlu mewaspadai apabila sewaktu – waktu balita Anda mengalami masalah karies gigi. Penyebab masalah gigi bayi keropos dan cara mengatasinya.

ads

Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan si kecil dan pasti bayi Anda akan merasa tidak nyaman dan bahkan menjadi sangat rewel. Untuk mengetahui penyebab apa saja yang dapat mengakibatkan masalah gigi pada bayi Anda, berikut ini penjelasan penyebab karies gigi pada bayi yang perlu Anda ketahui :

1. Pengaruh Akibat Penggunaan Empeng

Bayi memang rentan akan seringnya menggunakan dot atau empeng dapat berpengaruh pada masalah karies gigi pada bayi. Karena sentuhan gusi dan juga dot yang terlalu keras atau terlalu lama membuat pertumbuhan gigi pada bayi menjadi terganggu atau bahkan menjadi tidak rapi. Hal ini tentu dapat mengganggu bentuk gigi dan fungsinya kelak. Penyabab dan efek samping Bintik Putih Keras Pada Gusi Bayi dan cara pengobatannya.

2. Penggunaan Botol Susu

Hampir sama dengan DOT, jika penggunaan botol susu terlalu lama dan sering maka alhasil dapat terjadinya gangguan pada fungsi gigi, gusi dan berdampak pada pertumbuhan gigi terhambat. Hal ini tentu pada akhirnya akan berpengaruh terjadinya karies gigi usia dini. Jadi boleh menggunakan bantuan botol susu, namun alangkah baiknya digunakan sesekali saja, dan fokuskan pada asupan ASI. Berikut ini cara mengatasi gigi keropos pada bayi dan cara pencegahannya.

3. Kandungan Gula Pada Susu

Memang usia 0 – 3 tahun tidak dipungkiri dalam asupannya mengkonsumsi susu, terkhususnya susu formula. Namun, tahukan Anda kalau susu formula yang banyak mengandung gula buatan dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi bayi menjadi rusak. Faktor zat gula yang membuat gigi bayi menjadi mudah karies, oleh sebab itu alangkah baiknya kalau bayi Anda diberikan kandungan gula yang rendah agar terhindar dari kerusakan gigi sejak dini. Penjelasan akibat bayi 8 bulan belum tumbuh gigi normal atau tidak?.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Manis

Umunya bayi Anda meranjak usia 6 bulan ke atas sudah harus mendapat asupan tambahan berupa bubur sereal atau makanan bayi yang mampu merangsang pertumbuhan dan proses pencernaannya. Namun, jangan karena bayi Anda sudah wajib mengkonsumsi makanan tambahan, Anda tidak memperhatikan kandungan zat gula didalamnya.

Untuk menghindari terjadinya penyebab karies gigi pada bayi usia dini, sebaiknya perhatikan makanan tambahan yang diberikan. Gunakan gula alami atau dengan cara membuat sendiri dari bahan seperti madu, atau sari gula buah – buahan. Tentu hal ini lebih aman dan menjamin kesehatan gigi bayi Anda. Berikut ini ciri dan tanda tanda bayi tumbuh gigi yang perlu diketahui.

Sponsors Link

5. Kurang Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi Bayi

Untuk bayi yang sudah meranjak usia 1 atau 2 tahun, sebaiknya Anda latih dan didik bayi Anda untuk membersihkan gigi serta kesehatan mulutnya secara baik dan aman. Pilihlan sikat gigi dengan bahan bulu yang halus atau pasta gigi yang aman dan terpilih. Hal ini dimaksudkan agar kesehatan gigi dan mulut bayi Anda menjadi kuat, sehat dan terhindari dari karies gigi usia dini. Contoh cara membersihkan gigi bayi kuning yang benar dan aman.

ads

6. Terlalu Banyak Makanan dan Minuman Asam

Walau bayi Anda sudah mulai diberikan makanan tambahan selain susu formula dan ASI. Untuk menjaga agar kesehatannya tetap aman dan terjamin, maka pipihlan olehan bebas dari bahan berzat asam, karena jika terlalu sering memberikan makana dan minuman berjenis asam bisa jadi menimbulkan gejala kerusakan gigi usia dini. Hal ini tentu harus Anda hindari supaya gig bayi Anda tidak mudah rusak dan menjadi lebih sehat dan bersih. Penyebab ciri gigi bayi tonggos dan ini solusinya.

7. Faktor Mikroorganisme atau Bakteri

Bayi Anda yang baik usia 0 tahun sampai 2 tahunan alangkah bainya biasakan untuk membersihkan daerah sekitar mulut dan gigi. Hal ini untuk mencegah timbulnya bakteri dan juga mikroorganisme yang menempel pada gigi setelah minum dan makan yang mengandung gula dan asam. Cara membersihkan mulut bayi Anda untuk usia 0 bulan lakukan dengan menggunakan kain bersih dan halus yang sudah dibalurkan dengan air hangat, kemudian usapkan perlahan disekitar gusi dan bagian mulut. Untuk usia 1 atau 2 tahun dapat menggosok gigi dengan sikat gigi halus dan bersih. Tips dan cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh terlengkap.

8. Proses Waktu

Apabila bayi Anda dibiarkan begitu saja akan kebersihan mulut dan gigi, maka lambat laun akan menimbulkan kerusakan gigi. Hanya tinggal menunggu waktu saja jika kemunculan karies gigi akan terlihat pada usia bayi meranjak 3 tahun. Masalah karies sangat rentan dan sebagai salah satu gangguan pada gigi dengan tingkat perkembangan yang cukup cepat. Berikut ini efek ketidakseimbangan mineral terhadap gigi yang wajib diketahui.

9. Pengaruh Air Liur Atau Saliva

Air Liur atau saliva adalah satu sistem yang berperan sebagai pertahanan dari mulut terhadap bakteri dan kuman. Fungsinya yaitu untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang terdapat pada gigi. Selain itu, saliva akan membantu melawan produksi asam serta sisa makanan yang banyak menumpuk di gigi yang dapat berakibat pada timbulnya plak. Jika kadar saliva semakin sedikit maka kemungkinan rentan terkena karies gigi. Oleh karena itu sangat baik untuk bayi Anda mengkonsumsi air putih tanpa adanya campuran zat lain sebagai penambah jumlah air liur. Contoh penyebab gigi keropos pada anak kecil yang harus diketahui.

10. Masalah Gusi Bayi

Biasanya ada sebagian bayi yang secara lahir memiliki gangguan pada gusi, hal ini jika tidak ditangani dengan baik dan tepat dapat berdampak pada kerusakan jaringan lunak dan akhirnya menyebabkan terjadinya karies gigi pada bayi Anda. Oleh sebab itu sangat dianjurkan apabila menemukan masalah kecil pada gusi dan rongga mulut bayi Anda segera lakukan pengecekan pada dokter gigi. Berikut penyebab gigi anak tidak tumbuh setelah gigi susu tanggal.

Semoga pemaparan mengenai penyebab karies gigi pada bayi dapat membuat Anda sebagai orang tua lebih waspada dan memperhatikan setiap asupan yang diberikan pada buah hati Anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini