Sponsors Link

11 Penyebab Karies Gigi Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Masalah gigi karies tidak hanya menimpa pada orang biasa saja, namun juga dapat dialami oleh sebagian ibu – ibu hamil. Nah, untuk menjaga agar masalah tersebut tidak sampai pada tingkatan yang kronis dan berbahaya, alangkah baiknya mengetahui lebih awal mengenai gejala dan penyebanya karies gigi pada ibu hamil. Berikut ini bahaya karies gigi pada ibu hamil yang harus diwaspadai.

ads

Tidak dipungkiri jika ibu hamil memang rentan terhadap bakteri, virus dan kuman. Hal ini juga berdampak pada janin yang dikandungnya, jangan sampai terjadi resiko yang lebih menyedihkah, apalagi sampai bayi yang dikandung terinfeksi masalah penyakit lain. Beberapa cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil terampuh.

Untuk mengetahui mengenai penyebab karies gigi pada ibu hamil, berikut ini penjelasannya untuk Anda :

1. Jarang Menggosok Gigi

Anda yang malas untuk menggosok gigi, apalagi membersihkan gigi maka hal ini akan berdampak pada gejala gigi rusak. Kesehatan gigi sangat penting dan tidak boleh dianggap sepele, karena selain membahayakan fungsi gigi juga dapat berakibat pada komplikasi penyakit lainnya. Penyebab pengaruh sakit gigi pada ibu hamil dan cara mengatasi.

2. Jarang Berkumur

Memang berkumur merupakan bagian yang tidak harus dilakukan, namun apakah Anda tahu dibalik fakta berkumur ?. Yaitu salah satunya sebagai anti kuman dan menghilangkan bakteri yang menempel pada permukaan gigi, akibat sisa makanan. Apabila kegiatan berkumur ini dilakukan dengan rutin seperti Anda menggosok gigi, maka tentu kesehatan gigi menjadi bersih dan juga sehat.

3. Mengkonsumsi Makanan Manis dan Gurih

Anda yang gemar mengkonsumsi makanan manis dan juga gurih, alangkan baiknya saat ini dikurangi. Karena faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan gigi terutama pada ibu hamil yaitu akibat seringnya ngemil dengan zat gula dan kandungan penyedab rasa yang dapat merusak gigi. Hal ini juga tidak baik pada kesehatan janin Anda, alangkah baiknya berkonsultasi pada dokter untuk menghindari hal yang dapat merusak kesehatan gigi dan lainnya. Rekomendasi obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil Terbukti Ampuh

4. Mengkonsumsi Minuman Bersoda, Kopi dan Manis

Bahaya dan efek dari seringnya mengkonsumsi minuman soda, kopi dan pemanis buatan lainnya yaitu dapat menyebabkan masalah gigi karies dan juga kesehatan pada ibu hamil. Karena terlalu sering mengkonsumsi minuman tersebut, lambat laun kondisi gigi menjadi pudar warnany dan juga dapat berakibat mudah keropos. Dan perlu diperhatikan pada kesehatan janin Anda. Penyebab sakit gigi saat hamil muda cara mengatasi dan pencegahannya.

5. Riwayat Penyakit Gigi

Salah satu penyebab karies gigi pada ibu hamil yaitu riwayat penyakit gigi yang sebelumnya pernah diderita. Jika masalah gigi tersebut tidak segera ditindaklanjuti makan akibatnya akan berkembang pada masalah gigi lainnya, seperti gigi berlubang, gigi renggang, dan masalah pada kesehatan jaringan lunak apda gigi Anda. Pilihan obat sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan alami dan medis.

Sponsors Link

6. Komposisi Gigi

Bagi Anda yang memiliki bentuk dan kompisisi gigi kurang baik, seperti dentin dan email yang tipis, maka hal ini haruslah diwaspadai. Jika hal tersebut menjadi masalah maka alhasil dampak kedepannya akan menimbulkan pada keompongan gigi, gigi mudah keropos bahkan hilangnya gigi Anda. Berhati – hatilah jika hal ini terjadi pada Anda ibu yang sedang mengandung, karena efeknya dapat mempengaruhi pada perkembangan janin Anda. Berikut ini penyebab sakit gigi saat hamil dan cara mengatasinya.

ads

7. Penyakit Gusi dan Mulut

Salah satu dampak akibat penyakit gigi dan mulut terjadinya infeksi dan jika serius dapat menimbulkan pada gejala tumor dan kanker. Tentu hal ini tidak ingin dialami oleh siapapun bukan ?. Oleh sebab itu waspadai jika Anda mengalami masalah tersebut, lakukan cek ke dokter gigi Anda. Dan jangan sampai menunggu masalah gusi dan mulut merambat pada masalah karies gigi Anda. Beberapa penyebab sakit gigi berlubang saat hamil dan pengobatannya.

8. Doyan Ngemil

Memang tidak salah jika Anda yang hamil senang sekali akan mengemil, namun alangkah baiknya pilih jenis cemilah yang sehat dan tidak berdampak pada kesehatan gigi Anda. Jika cemilah tersebut banyak mengandung zat perusak gigi seperti penyedap rasa yang berlebihan, tekstur kerasm dan mengandung zat gula tinggi, maka berhati – hatilah. Mengurangi cemilah tersebut lebih baik daripada Anda sudah mengalami kerusakan gigi dan masalah lain bagi kesehatan janin Anda. Penyenab masalah gusi berdarah saat hamil dan cara menanganinya.

9. Kebiasaan Menghisap Gigi

Memang kelihatannya terdengan sepele mengenai menghisap gigi dengan lidah, namun tahukah Anda kalau hal tersebut lama kelamaan akan berdampak pada karies gigi dan masalah gigi. Akibat menghisap gigi dengan lidah dan kandungan cairan ludah yang belum tentu sehat dan bersih. Oleh karena itu rajin menggosok gigi sangat dianjurkan, lebih baik hilangkan kebiasaan tersebut agar terhindar dari masalah pada gigi dan kesehatan Anda selama hamil. Inilah penyeban waspadai sakit gigi saat hamil dan cara mengatasi.

10. Sering Makanan Yang Mengandung Asam

Bahi ibu hamil memang sering diindetikan dengan ngidam makanan yang mengandung zat asam. Hal ini wajar dan sudah menjadi tradisi, namun alangkab baiknya jika Anda sudah memahami dampak akan akibat makanan yang banyak mengandung zat asam ini dapat mempercepat kerusakan pada gigi Anda. Zat asam yang terkandung jika lama dikonsumsi dalam jumlah besar dan menyisakan kotoran dan bakteri pada gigi Anda, alhasil timbullah karies gigi dan kemudian terjadi kerusakan gigi yang fatal. Jadi lebih baik memilih menu sehat kaya vitamin dan sehat pula bagi gigi Anda. Hubungannya sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi.

11. Kebiasaan Menusuk Gigi

Kebiasaaan menusuk gigi setelah makan memang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, apalagi makanan tersebut disebut banyak mengaandung serat seperti daging, dan sayuran lainnya. Apabila Anda tidak berhati – hati dalam menusuk gigi yang ditinggali sisa makanan, alhasil akan menimbulkan luka, lalu infekasi dan bisa jadi kerusakan pada jaringan lunak gigi. Kemudian berdampak pada kerusakan gigi permanen. Ini juga tidak bisa dibiasakan bagi ibu hamil, karena dapat menjadi penyebab karies gigi pada ibu hamil. Penyebab sakit gigi saat hamil 8 bulan dan cara mengatasinya.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab karies gigi pada ibu hami, semoga bermanfaat dan menjadi perhatian untuk Anda, khususnya ibu – ibu hamil.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi