Sponsors Link

12 Penyebab Karries Gigi Pada Anak Usia Sekolah (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Masalah gigi tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, banyak di zaman sekarang ini usia dini pun bisa mengalami masalah gigi yang beragam, mulai dari gigi ompong, gigi karries, gigi berlubang sampai pada gejala sakit gigi. Salah satu penyebab gigi goyang pada anak serta cara mengatasinya.

ads

Baik tua dan muda jika sudah terkena masalah penyakit gigi, otomatis akan menimbulkan masalah dan rasa sakit yang tidan nyaman. Belum lagi aktifitas terganggu dan susah untuk makan dan mengunyah makanan dengan baik. Berikut penyebab gigi anak tumbuh miring dan cara mengatasinya.

Untuk mengetahui permasalah penyakit gigi khususnya bagi anak – anak, berikut ini contoh masalah dan penyebab karries gigi pada anak usia sekolah :

1. Akibat Bakteri dan Kuman

Timbulnya bakteri dan kuman seperti bakteri kariogenik yang biasa terdapat pada bakteri usia muda dan dewasa. Bakteri ini menyerang imun dan juga dapat memicu terjadinya karries gigi pada usia anak sekolah, terutama bagi ibu hamil yang jika tidak merawat kesehatan gigi dengan baik akan menimbulkan bahaya yang serius. Oleh karena itu rajin dan teratur merawat gigi dapat terhindar dari bakteri tersebut. Inilah penyebab gigi jarang pada anak dan cara mengatasinya.

2. Makanan dan Minuman

Faktor makanan dan minuman juga menjadi salah satu pencetus terjadinya penyebab gigi karries pada anak usia sekolah. Hal ini didasari pola asupan makanan yang kurang terkontrol, banyak jajanan di sekolah yang mengandung pewarna berbahaya, zat kimia tinggi, kandungan makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan, kandungan zat manis buatan sampai pada pengemulsi rasa gurih yang tinggi. Jika sampai asupan tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, akibatnya terjadinlah timbunan sisa makanan dan akhirnya menyebabkan karries gigi. Penyebab sakit gigi depan atas pada anak dan pengobatannya.

3. Timbunan Plak

Faktor makanan, minuman dan juga bakteri yang menumpuk, hal ini berlangsung dalam waktu yang lama. Tanpa adanya perawatan gigi dan mulut yang tidak baik, maka lambat laut akan berakibat pada karries gigi dan permasalahannya. Akibat plak ini juga berdampak pada gigi yang mudah keropos dan gigi sensitif. Jadi jagalah kebersihan gigi Anda dan buah hati jika ingin terhindari dari masalah gigi. Berikut penyebab lambatnya tumbuh gigi pada anak yang jarang diketahui.

4. Kondisi Gigi

Salah satu penyebab gigi karries yaitu komposisi gigi dari email dan dentin. Karena stuktur email dapat mengakibatkan terjadinya karries gigi, cirinya dari ketahanan dan warna email , keburaman, serta kelicinan pada permukaan gigi dan juga ketebalan gigi. Apabila hal ini tidak normal makan akan mudah menimbulkan terjadinya masalah gigi khususnya karries gigi. Ciri dan salah satu penyebab karies gigi pada anak yang sering disepelekan.

Sponsors Link

5. Kebiasaan Menggosok Gigi

Tidak jarang banyak anak usia sekolah yang sangat jarang merawat kesehatan giginya dengan menggosok gigi secara rutin dan teratur. Terutama pada kasus setelah makan, dan makanan tersebut memicu timbulnya masalah gigi. Apabila kebiasaan menggosok gigi saja sudah enggan untuk dilakukan maka lambat laun dapat menimbulkan gejala karries gigi bahkan sampai pada tingkatan yang serius dan parah. Jadi sebagai orang tua sebaiknya perhatikan pola menggosok gigi anak supaya terhindar dari masalah gigi. Salah satu efek gigi anak tumbuh double dan pengobatannya.

ads

6. Alat Sikat Gigi yang Tidak Sehat

Faktor penyebab karries gigi pada anak usia sekolah dapat terjadi karena alat sikat gigi yang terlalu keras dan kaku. Hal ini jika dilakukan terlalu lama dapat menyebabkan gigi karries dan kerusakan gigi lainnya. Penggunaan sikat gigi harus diperhatikan agar tidak terlalu keras dan terlalu lembut, akibatnya bukan membersihkan gigi malah membuat gigi anak menjadi rusak dan bermasalah. Beberapa manfaat menjaga kesehatan gigi anak yang perlu diketahui.

7. Anak Malas Berkumur

Kumur – kumur juga menjadi salah satu yang dapat membuat gigi menjadi sehat dan segar. Jika anak tidak dibiasakan berkumur sebagai kegiatan tambahan selain menggosok gigi juga menjadi pemicu terjadinya karries gigi. Paling tidak jika malas menggosok gigi cukup berkumur dengan obat kumur khusus anak – anak akan menjadikan gigi terhindar dari masalah gigi. Salah satu cara meredakan rasa sakit gigi saat gigi tumbuh pada anak paling ampuh dan aman.

8. Sering Menghisap Gigi

Ada sebagian anak yang melakukan menghisap gigi melalui lidah dan mulut, atau memainkan gigi. Apabila ini dibiarkan begitu saja lambat laun dapat menyebabkan masalah gigi terutama gigi menjadi mudah keropos dan bolong. Oleh karena itu sebagai orang tua harus memberikan penjelasan akan dampaknya menghisap gigi secara sembarangan. Contoh dari penyebab gigi goyang pada anak serta cara mengatasinya.

9. Kebiasaan Konsumsi Minuman Bersoda

Selain tidak baik untuk kesehatan organ tubuh, ternyata kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat menyebabkan timbulnya karris gigi pada anak usia sekolah. Jika hal ini tidak dikontrol maka kerusakan pada gigi akan terasa dikemudian hari, alangkah baiknya sejak dini anak – anak diajarkan untuk menghindari minuman bersoda dan minuman lain pemicu karries gigi. Salah satu penyebab gigi tumbuh tidak rata pada anak dan cara mengatasinya.

10. Pemilihan Pasta Gigi

Apabila anak Anda dibiarkan menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi orang dewasa, sebaiknya hal ini agak diwaspadai. Karena kandungan pada pasta gigi yang berbeda dengan anak – anak, biasakan menyediakan pasta gigi khusus anak yang kandungannya memang dikhususkan untuk anak usia sekolah. Hal ini untuk menghindari dari karries gigi terlalu dini. Berikut cara mencegah gigi gigis pada anak sejak dini.

Sponsors Link

11. Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Bertekstur Keras

Satu lagi bahaya akibat mengkonsumsi makanan dengan tekstur keras dan kelot yaitu terjadi keruskan gigi atau karries gigi, bahkan sampai pada gigi keropos. Karena gigi anak usia sekolah masih sangat tipis dan goyah maka akan sangat gampang terjadi masalah gigi, apalagi tidak dirawat secara rutin seperti menggosk gigi teratur 2 kali dalam sehari minimalnya. Inilah penyebab gigi anak tumbuh miring dan cara mengatasinya.

12. Jarang Berkonsultasi ke Dokter Gigi

Untuk menghindari dari karries gigi anak, alangkah baiknya jika rutin berkonsultasi dan memeriksakan pada dokter gigi. Hal ini agar terjaga dari masalah gigi, dan jika sudah mengalami karries gigi agar segera ditanganid engan tepat dan baik. Penyeban dan masalah gigi susu anak keropos dan cara mengatasinya.

Demikianlah beberapa penyebab karries gigi pada anak usia sekolah. Semoga menjadi manfaat dan dapat mencegah tindakan dini untuk buah hati Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi