Sponsors Link

5 Penyebab Keluar Darah Pada Gigi Berlubang yang Wajib Dipahami

Sponsors Link

Keluar darah di mulut tidak hanya terjadi pada gusi saja. Pada gigi bisa terjadi pendarahan yang dipengaruhi beberapa penyebab. Munculnya darah bisa menjadi hal yang menyeramkan tidak hanya dirasakan oleh kamu saja, terkadang orang lain pun bisa merasa ketakuan jika tanpa sadar darah itu keluar dari mulut anda. Banyaknya kasus seperti ini biasa terjadi tanpa sebab. Terkait dengan masalah kesehatan gigi, darah bisa saja keluar saat kamu mengalami gigi berlubang. Sebenarnya apa saja sih yang bisa menjadi penyebab keluar darah pada gigi berlubang. Mari kita simak penjelasan dari halogigi berikut ini.

ads

1. Plak atau Karang Gigi Menumpuk

Gigi berlubang adalah kondisi dimana gigi memiliki bentuk yang sesuai dengan kondisi utuh. Gigi berlubang juga bisa disebabkan oleh menumpuknya plak atau karang gigi. Plak atau karang gigi bisa ditimbulkan dari sisa-sisa kotoran yang menempel pada gigi akibat kebersihan gigi tidak terjaga. Bahayanya plak atau karang gigi yang menempel pada gigi berlubang bisa menyebabkan kondisi gigi berlubang berdarah. Oleh karena itu penting bahwa menjaga kebersihan gigi sangat perlu dilakukan mulai dari mengetahui cara membersihkan karang gigi.

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Membersihkan gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Dengan menyikat gigi secara baik dan benar bisa menjadi salah satu cara yang dianjurkan dokter sebagai perawatan gigi secara dini. Minimal setiap orang harus menyikat gigi 2 kali dalam sehari di pagi dan malam hari. Namun menyikat gigi pada gigi berlubang perlu perlakuan ekstra agar gigi berlubang tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Salah satu penyebab keluar darah pada gigi berlubang adalah menyiikat gigi terlalu keras.

Sikat gigi yang terlalu keras maupun cara menyikat gigi yang tidak benar justru akan meningkatkan risiko gigi berlubang berdarah. Hal ini karena gigi berlubang mengalami penekanan yang cukup hebat selama proses menyikat gigi yang terlalu keras. Oleh karenanya, menyikat gigi berlubang bisa dilakukan dengan cara hati-hati maupun dengan memilih sikat gigi berbulu lembut.

3. Makanan yang Terselip Pada Gigi

Makanan favorit bisa menjadi salah satu aktivitas yang anda gemari saat anda sedang makan. Tapi saat makan dalam kondisi gigi berlubang sangat tidak nyaman. Makanan seperti sayur, buah dan daging pun pasti akan menyisakan sisa pada gigi anda dan tidak dapat dipungkiri hal ini bisa menganggu kondisi gigi berlubang anda. Saat makanan terselip pada gigi maka anda akan langsung mencoba untuk menghilangkannya bukan ?. Aktivitas ini akan membuat gigi berlubang anda berdarah karena makanan yang terselip sulit keluar dan anda akan terus-menerus mengkorek sisa makanan tersebut sampai keluar.

Makanya anda harus mengetahui makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang dapat merusak gigi supaya makanan yang anda konsumsi tidak menyebabkan terselip pada gigi dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu juga anda juga bisa melakukan cara lain dengan melakukan pembersihan rutin pada gigi berlubang anda supaya terjaga kebersihannya.

4. Mengerakan Gigi Terlalu Sering

Ada sebagian orang yang suka mengerakan gigi karena salah satu kegiatan iseng yang biasa dilakukan tanpa mereka sadari. Terlalu sering mengerakan gigi berlubang juga bisa menjadi penyebab darah keluar pada gigi berlubang. Biasanya gigi berlubang yang sudah lama anda alami akan muda mengalami goyang. Kurangnya kemampuan gigi untuk bisa menopang pada gusi menyebabkan gigi berlubang bisa mengeluarkan darah akibat gigiberlubang terlalu sering digoyang oleh anda.

Sponsors Link

Sebaiknya anda jangan terlalu sering mengoyangkan gigi berlubang anda menggunakan lidah atau jari. Salah-salah gigi berlubang bisa mengalami masalah kerusakan gigi lebih parah.

5. Bakteri  Penyebab Gigi Berlubang

Bakteri penyebab gigi berlubang bisa menjadi penyebab keluar darah pada gigi berlubang. Pertumbuhan bakeri yang cepat dalam jumlah yang banyak menyebabkan kondisi gigi berlubang semakin marah. Kondisi ini diperparah dengan munculnya darah pada gigi berlubang.

Sponsors Link

Oleh karena itu, anda harus mengetahui bagaimana cara mengurangi pertumbuhan bakteri pada gigi berlubang sehingga kesehatan gigi berlubang bisa tetap terjaga. Kesehatan gigi yang terjaga juga mejadi indikator bahwa perawatan kesehatan gigi yang anda lakukan secara rutin seperti menyikat gigi 2 kali sehar, berkumur setelah sikat gigi, dan membersihkan sisa makanan menggunakan benang gigi bisa membantu gigi tetap sehat dan efektif dapat menghilangkan bakteri penyebab gigi berlubang.

Pastinya bagi anda yang punya gigi berlubang pastikan segera tangan masalah gigi berlubang anda supaya tidak menimbulkan darah. Hal ini karena halogigi sebelumnya sudah menjelakan kalau ada banyak penyebab keluar darah pada gigi berlubang. Jadi mulai sekarang, jangan lupa pentingnya mengosok gigi yang baik dan benar dan melakukan perawatan rutin gigi yang sudah disampaikan oleh para ahli gigi. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi