Sponsors Link

15 Penyebab Keluar Gumpalan Darah Pada Gigi Berlubang

Sponsors Link

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang, mengingat begitu pentingnya fungsi gigi dan mulut didalam kehidupan kita sehari – hari. Selain berfungsi untuk mengunyah makanan, gigi juga memiliki fungsi estetika atau kecantikan. Sementara itu mulut adalah tempat dimana zat – zat penting yang dibutuhkan tubuh dihaluskan dan dimasukkan ke dalam tubuh. Pentingnya menggosok gigi secara teratur adalah salah satu hal yang harus rutin dilakukan.

ads

Begitu banyaknya jenis – jenis penyakit gigi dan kelainan gigi, selain itu juga jenis – jenis penyakit mulut yang ada dan tersebar didunia ini. Salah satunya adalah karies gigi atau kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Gigi berlubang juga sering mengeluarkan darah, selain itu juga dapat menjadi pemicu penyakit lain yang lebih serius lagi. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang penyebab keluar darah pada gigi berlubang. Berikut beberapa penyebabnya:

Penyebab Keluar Gumpalan Darah Pada Gigi Berlubang

  1. Plak dan Karang Gigi

Plak merupakan sumber utama dari keluarnya darah pada gigi berlubang. Plak terbentuk dari sisa – sisa makanan yang diolah oleh bakteri gigi menjadi asam laktat. Plak yang semula lunak lambat laun akan mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam.

  1. Terjadi Infeksi Pada Gusi

Infeksi pada gusi yang dibiarkan akan menjadi radang gusi atau gingivitis, kondisi ini dapat menjadi pemicu gigi yang berlubang mengeluarkan darah.

  1. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi terlalu keras juga dapat menjadi penyebab terjadinya perdarahan pada gigi yang berlubang. Oleh sebab itu pentingnya memahami cara menyikat gigi dengan benar, dapat menghindari terjadinya perdarahan yang disebabkan karena benturan gigi dengan sikat gigi.

  1. Gigi Sudah Goyang

Gigi berlubang yang sudah goyang juga menjadi salah satu penyebab keluarnya darah. Contohnya pada saat sikat gigi atau bersentuhan dengan makanan yang masuk ke dalam mulut.

  1. Terjadi Benturan Pada Gigi

Terjadinya benturan yang tidak disengaja pada gigi dapat mengakibatkan gigi yang sudah berlubang mengeluarkan darah. Misalnya pada saat terjatuh atau melakukan aktifitas olah raga yang beresiko terjadi benturan pada wajah dan sekitarnya.

Sponsors Link

  1. Kebiasaan Menggeretakkan gigi (bruxism)

Pada orang – orang yang mempunyai kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur dapat memicu perdarahan pada gigi yang berlubang. Saat menggeretakkan gigi antara gigi atas dan gigi bawah akan terjadi gesekan yang kuat dan mengganggu gigi yang sudah berlubang dang rapuh. (Anda dapat membaca artikel terkait tentang penyebab gigi gemeretak saat tidur)

  1. Makanan yang Masuk Ke Dalam Lubang Gigi

Gigi yang sudah berlubang tentunya sangat rentan terhadap apapun. Benda sekecil apapun yang masuk ke dalam lubang gigi akan mengakibatkan rasa nyeri dan tak jarang dapat menjadi pemicu keluarnya darah.

ads

  1. Dari Benda Luar

Penyebab lain keluarnya darah dari gigi yang berlubang adalah benda luar yang masuk ke dalam mulut, misalnya gigi palsu, kawat gigi, maupun tusuk gigi.

  1. Kekurangan Nutrisi dan Kebiasaan Buruk

Kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin C dan D dapat menyebabkan gigi berdarah, apalagi gigi yang sudah berlubang. Selain itu banyak mengkonsumsi makanan yang manis dan kebiasaan buruk merokok juga dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi.

  1. Hormon yang Tidak Stabil dan Stress

Perubahan hormon dan kondisi fisik yang tidak stabil seperti stress dapat mempengaruhi keadaan gigi, apalagi gigi yang sudah berlubang. Gigi yang berlubang dan rentan dapat mengeluarkan darah karena perubahan hormon seperti yang sering terjadi pada ibu hamil, dan orang – orang yang mengkonsumsi alkohol juga obat – obatan terlarang.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab keluarnya darah pada gigi yang berlubang, alangkah baiknya jiga kita juga mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gigi berlubang yang mengeluarkan darah.

Cara Mengatasi Keluar Darah Pada Gigi Berlubang

  • Berkumur Air Garam dan Perbanyak Minum Air Putih

Gunakan kain kasa dan es batu untuk menghentikan perdarahan. Kemudian berkumurlah dengan air garam selama 1 menit, dan lakukan 3 – 4 kali dalam sehari. Perbanyaklah minum air putih untuk merangsang produksi air liur yang berguna sebagai anti septik alami.

  • Merawat Gigi Dengan Baik dan Benar

Pentingnya menyikat gig dan cara menggosok gigi yang benar adalah langkah awal mengatasi gigi berlubang yang mengeluarkan darah. Selain itu pilihlah sikat gigi yang lembut agar dapat menjangkau sela – sela gigi dan tidak melukai sisi gigi dan gusi.

  • Memperbaiki Asupan Nutrisi dan hindari Makanan Manis

Memperbaiki asupan nutrisi seperti makanan yang kaya akan Vitamin C dan D.  Selain itu hindari makanan yang manis, konsumsilah makanan yang menguatkan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi.

  • Hindari Kebiasaan – kebiasaan Buruk

Hindari kebiasaan buruk seperti menggunakan tusuk gigi, merokok, minum munuman beralkohol, dan menggunakan obat – obatan terlarang.

Sponsors Link

  • Mengunjungi Dokter Gigi

Segeralah mengunjung dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan tindakan yang cepat dan tepat. Tindakan yang akan diambil seperti, menambal gigi yang berlubang jika gigi masih bisa diselamatkan. Tindakan lain adalah mencabut gigi, apabila keadaan gigi sudah tidak dapat diselamatkan lagi. Selain itu rutin memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali adalah langkah yang tepat dalam menjaga gigi tetap sehat.

Penyebab keluar darah pada gigi berlubang dan cara mengatasinya yang telah kita bahas diatas, semoga saja dapat menambah wawasan dan membantu anda dalam mengatasi masalah gigi berlubang yang mengeluarkan darah. Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat untuk semua pembaca. Jangan lupa untuk terus mengikuti pembahasan seputar gigi dan mulut, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi