6 Penyebab Langit Langit Mulut Bengkak yang Berbahaya

Apabila diamati, langit langit mulut tersusun dari lempengan tulang pada bagian depan dan juga lempengan lunak pada bagian belakang. Semua area tersebut berfungsi sebagai penghalang antara rongga mulut dan juga hidung. Sama seperti gusi bengkak seperti daging tumbuh dan juga lidah bengkak, mulut bagian atas tersebut juga bisa bengkak sehingga menyulitkan seseorang ketika mengunyah makanan dan berbicara. Supaya anda bisa lebih paham, berikut akan kami jelaskan penyebab langit langit mulut bengkak yang sangat berbahaya dan harus diwaspadai.

  1. Sariawan

Kebanyakan orang lebih sering mengalami penyebab sariawan terus menerus di area lidah, bibir atau gusi namun bukan berarti tidak bisa muncul ada area mulut yang tak biasa seperti bagian atas mulut dan inilah yang menjadi salah satu penyebab langit langit mulut bengkak.

Gejala yang terjadi juga sama seperti sariawan pada umumnya seperti luka terbuka yang disertai dengan lecet, rasa sakit dan pembengkakan di langit langit mulut. Meski membuat anda terganggu ketika makan, namun sariawan tersebut biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa hari.

  1. Trauma atau Cedera

Mulut dan juga seluruh area didalamnya semua termasuk dalam satu bagian tubuh yang sensitif sehingga mudah terluka. Kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang masih terlalu panas, goresan pinggir makanan yang tajam dan juga makanan keras menjadi beberapa penyebab mulut bagian atas terluka yang paling umum dan nantinya akan membentuk benjolan sakit.

Dalam beberapa kasus lainnya, langit langit mulut bengkak bisa terjadi akibat tusukan benda tajam dari alat makan atau iritasi akibat penggunaan macam macam gigi palsu. Kondisi cedera tersebut yang akhirnya menyebabkan jaringan parut terjadi di langit mulut dan akhirnya terasa lebih sensitif dan sangat mudah nyeri.

  1. Dehidrasi

Meski terkadang dianggap masalah yang sepele, akan tetapi ternyata kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi tidak hanya bisa menyebabkan mulut kering. Jika tidak segera diatasi, dehidrasi bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian mulut sebagai salah satu gejalanya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan dehidrasi, diantaranya adalah:

  • Kurang minum cairan.
  • Efek mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu.
  • Mengkonsumsi alkohol terlalu berlebihan.
  • Produksi keringat yang terlalu banyak.

Kadang kadang dehidrasi juga bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh yang membuat tubuh terasa sangat lemas dan disertai juga dengan kejang otot.

  1. Papilloma Skuamosa

Papilloma skuamosa merupakan lesi non kanker yang dapat terbentuk di bagian atas mulut sehingga terlihat seperti membengkak. Human papillomavirus yang biasa disebut dengan virus HPV merupakan penyebab terjadinya papilloma skuamosa dimana benjolan umumnya tidak menyebabkan rasa sakit  dan juga penyebab bau mulut namun tetap harus dideteksi sedini mungkin supaya bisa ditangani jika kondisi bertambah bahaya.

  1. Mucoceles

Mucoceles adalah sejenis kista yang terjadi pada bagian mukosa mulut karena iritasi atau peradangan kelenjar ludah yang berbeda dengan kista gigi. Untuk sebagian besar kasus, mucoceles bisa terjadi akibat luka atau cedera ringan dan akhirnya menyebabkan langit langit mulut membengkak.

Hal yang harus diperhatikan, mucoceles terlihat seperti kelenjar yang dipenuhi dengan cairan atau lendir namun tidak menyebabkan rasa sakit yang mengganggu dan bisa sembuh sendiri dalam beberapa minggu. 

  1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur yang ada di mulut atau kandidiasis oral umumnya terlihat dari tumbuhnya benjolan berwarna merah atau putih di dalam mulut termasuk juga bagian langit langit mulut. Namun banyak orang yang sering salah sangka jika infeksi jamur di area mulut sebagai tanda dari penyakit lainnya. Jika memang ada beberapa gejala seperti sakit pada beberapa area mulut, benjolan yang menjadi penyebab gusi berdarah tiba tiba ketika tergores makanan atau sikat gigi, sulit mengunyah atau sulit menelan, maka segera hubungi dokter supaya bisa ditangani secepatnya.

Ternyata, ada banyak hal yang bisa menyebabkan benjolan di langit langit mulut dari mulai masalah ringan hingga berbahaya yang menyebabkan pembengkakan pada langit langit. Semoga penjelasan kali ini bisa menambah wawasan bagi anda.