Sponsors Link

6 Penyebab Lidah Berwarna Oranye

Sponsors Link

Lidah manusia normal umumnya berwarna pink alami. Namun jika lidah berwarna oranye, maka ini mencerminkan sesuatu yang baru saja anda makan. Makanan yang memiliki warna cerah seperti permen atau es loli bisa mengubah lidah anda menjadi berbagai warna.

ads

Dalam beberapa kasus, lidah berwarna oranye bisa menandakan perubahan pada kesehatan anda. Kondisi seperti refluks asam, sariawan dan juga kekurangan vitamin semuanya bisa menyebabkan perubahan warna pada lidah anda. Berikut ini akan kami berikan beberapa kemungkinan penyebab lidah berwarna oranye dan cara untuk mengatasinya.

1. Kebersihan Mulut yang Buruk

Sel sel pada permukaan lidah umumnya tumbuh dan kemudian luruh. Pada saat sel sel tersebut tidak mengelupas seperti seharusnya, maka bisa membangun pada lidah anda. Makanan nantinya akan terperangkap dalam sel sel tersebut dan menghasilkan lapisan putih atau penyebab lidah berwarna oranye.

Nantinya, anda bisa lebih mungkin mengembangkan lidah yang dilapisi ketika anda:

  • Merokok.
  • Memiliki mulut kering.
  • Minum kopi atau teh.

Kebersihkan mulut yang buruk bisa menyebabkan noda. Tidak menyikat gigi dan lidah memakai cara menyikat gigi yang benar nantinya juga bisa menjadi penyebab bau mulut dan kerusakan gigi.

Untuk mengatasinya, sikat gigi dan lidah setidaknya 2 kali sehari dengan pasta gigi mengandung fluoride dan anda juga bisa memakai bilas fluoride untuk menjaga kebersihan seluruh mulut anda.

2. Pertumbuhan Ragi dan Bakteri Berlebihan

Bakteri dan ragi terkadang bisa terperangkap pada permukaan lidah khususnya ketika kuman bereproduksi terlalu cepat pada mulut. Bakteri dan ragi akan melepaskan zat yang bisa menodai lidah sehingga berwarna kekuningan atau oranye.

Jika warna tersebut memang tidak hilang ketika disikat dan dibilas, maka sebaiknya temui dokter sebab kemungkinan anda juga butuh minum obat antibiotik atau antijamur untuk membersihkan infeksi.

3. Sariawan

Sariawan di lidah merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena jamur Candida albicans yang menumpuk di bagian dalam mulut anda. Umumnya, sariawan akan terlihat seperti kumpulan luka berwarna putih di lidah dan sepanjang bagian dalam pipi. Namun jika luka berdarah, maka bisa memberikan warna oranye pada lidah anda.

Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan resep obat anti jamur untuk membunuh jamur Candida yang tersedia dalam bentuk tablet, cair dan beberapa jenis lainnya.

4. Refluks Asam

Gastroesophageal reflux atau GERD atau refluks bisa terjadi ketika asam lambung kembali ke kerongkongan. Ini bisa terjadi ketika katup yang disebut dengan stingfer bagian bawah rileks dan memungkinkan asam untuk keluar dari perut anda. Meski perubahan warna lidah memang tidak umum, namun penyebab lidah berwarna putih tebal atau oranye bisa saja terjadi.

Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba pengobatan rumahan seperti menghindari makanan besar dan berat sebelum tidur, tidak makan makanan pedas, sitrus atau berminyak dan mengangkat kepala tempat tidur 6 sampai 8 inci.

Sponsors Link

5. Antibiotik

Mengkonsumsi antibiotik untuk mengatasi infeksi bisa mengganggu keseimbangan normal jamur, bakteri dan kuman lain di mulut. Ini bisa menyebabkan lidah seperti bermantel yang tidak biasa untuk sementara waktu dan berwarna oranye.

Warna oranye pada lidah biasanya akan hilang sesudah anda selesai mengkonsumsi antibiotik. Selain itu, mengkonsumsi probiotik juga bisa membantu untuk mengembalikan keseimbangan bakteri dalam sistem anda.

6. Kekurangan Vitamin

Terlalu sedikit nutrisi tertentu dalam diet anda juga bisa mengubah warna lidah. Kekurangan zat besi, folat atau vitamin B12 bisa membuat lidah anda berwarna oranye dan penyebab lidah berwarna merah serta menimbulkan rasa yang sakit.

Untuk mengatasi masalah ini, tambahkan nutrisi dalam diet anda seperti kerang dan ikan, daging sapi, bayam, unggas, hati, kacang polong, tahu dan sereal sarapan.

Jika makanan memang tidak bisa mengatasi kekurangan gizi yang anda alami, maka sebaiknya tanyakan pada dokter untuk mengetahui apakah anda harus menambah suplemen tertentu.

Sponsors Link
, , , ,
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini