Sponsors Link

6 Penyebab Peradangan Pada Gigi dan Gusi Paling Umum Terjadi

Sponsors Link

Jika mendengar kata peradangan apa yang akan terlintas dalam benak anda sobat?  Sudah barang tentu yang ada dalam benak anda adalah sesuatu yang rasanya tidak enak itu sudah pasti ya sobat. Pada kesempatan kali ini mungkin pembahasanya agak sedikit berbeda dengan pembahasan yang sebelumnya ya sobat, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai masalah pada gigi dan gusi khususnya penyebab peradangan pada gigi dan gusi.

ads

Jika berbicara mengenai gigi dan gusi, sudah pasti hal ini adalah sesuatu yang sangat rental dan vital bagi tubuh kita ya sobat, karena jika sudah mengalami sakit gigi sampai ke kepala dan mata atau gusi maka banyak hal yang berubah pada diri kita, mulai dari emosi yang tidak beraturan atau tak terkendalikan, bisa juga mood yang tiba – tiba saja berubah , tidak bisa mendengar suasana yang berisik dan perubahan yang lainnya. Setuju ya sobat.

Pada kesempatan kali ini sobat, kita akan membahas mengenai penyebab peradangan pada gigi dan gusi. Karena pada umumnya kita mengobati suatu penyakit yang ada dalam tubuh kita apabila sudah terlanjur parah dan kita sudah mengalami kesakitan atau tak berdaya oleh karenanya.

Untuk menghindari hal tersebut, apalagi berbicara mengenai masalah gigi dan gusi, untuk itulah penulis akan menjelasakan secara gamblang apa sebenarnya penyebab peradangan pada gigi dan gusi. Karena jika anda sudah mengetahui penyebabnya, setidaknya anda sudah bida melakukan perbaikan sejak dini.

Nah sobat semua, jika anda adalah salah satu yang sering mengalami masalah terhadap gigi atau pun gusi, ada baiknya sobat semua menyimak sedikit ulasan yang akan dibahas berikut ini. Yuk sobat, mari kita simak dengan seksama.

Radang gusi dan gigi adalah sejenis gangguan kesehatan yang cukup sering terjadi. Salah satunya adalah gusi atau gigi yang mengalmai peradangan. Pada umumnya gigi atau gusi yang mengalami peradangan ini akan diserati dengan gigi atau gusi sering berdarah dan bau mulut, adanya denyut – denyut yang sangat mengiksa hingga ke akar gigi, menyebabkan bau mulut, dan tidak jarang membuat kita lemas karena harus menaha pusing.

Jika berada dalam keadaan seperti ini, tentunya akan membuat kita tidak nyaman dalam melakukan kegiatan apapun. Selain itu, kecantikan atau kegantengan anda juga pastinya akan berkurang yang sobat yag disebakan oleh hilangnya senyuman manis dari wajah anda akibat peradangan gigi dan gusi yang sedang anda alami.

Nah sobat, yang terpenting dari itu semua anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab peradangan pada gigi dan gusi anda tersebut. Berikut ini ulasannya untuk anda yang mungkin bisa dijadikan sebagai sumber informasi bermanfaat.

Sponsors Link

1. Plak Pada Gigi dan Gusi

Plak ini adalah kumpulan dari partikel – partikel atau sisa makanan yang menumpuk pada bagian gigi anda karena sudah lama menumpuk sehingga sulit untuk dibersihkan. penyebab gigi cepat berkarang karena sisa makanan yang tak kunjung dibersihkan. Plak ini juga merupakan lapisan tak terlihat pada permukaan gigi yang terbentuk oleh koloni berbagia bakteri dalam mulut anda.

Plak ini akan terlihat jelas apabila gigi anda tidak dibersihkan secara rutin maka plak ini akan menyebabkan gigi atau gusi anda mengalami peradangan selain itu tentunya bisa membuat gigi anda berlubang. cara menghilangkan plak pada gigi yang baik dan benar harus anda lakukan ya sobat untuk menjaga kesehatan gigi anda.

2. Tartar Pada Gigi Dan Gusi

Selain plak, tartar ini juga merupakan salah satu penyebab gigi dan gusi anda mengalami peradangan loh sobat. Tartar ini disebut juga dengan karang gigi ( dental kalkulus ) terbentuklah plak yang mengeras ini. Plak ini akan berubah menjadi tartar dalam kurun waktu 10 hari. cara mencegah karang gigi bisa anda lakukan dengan mengikuti gaya hidup sehat.

ads

Pada umumnya tartar ini terbentuk diantara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol dan hanya bisa dibersihkan oleh sikat gigi. Nah sobat tartar ini juga merupakan salah satu penyumbang peradangan gigi dan gusi yang selama ini sering anda alami.

3. Iritasi Pada Gigi Dan Gusi

Penyebab yang ketiga adalah karena disebabkan oleh iritasi apda gigi dan gusi anda. Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung oleh pasta gigi, makanan, obat – obatan, atau akwat gigi adalah beberapa faktor yang bisa membuat gigi anda mengalami iritasi. Jika gigi atau gusi anda mengalami iritasi, maka sudah bisa dipastikan gigi dan gusi anda juga akan mengalami peradangan yang ranya tidak enak itu ya sobat.

4. Sisa Makanan

Faktor penyebab yang ke empat adalah adanya sisa makanan yang mengendap di dalam gigi atau gusi anda. Makanan yang masuk kebawah gusi atau melekat di sela – sela gigi sering kali sulit untuk kita bersihkan ya sobat, karena memang posisinya tidak bisa dijangakau oleh sikat gigi.

Setelah satu atau dua hari makanan tersebut masih terselip di gigi atau gusi , maka makanan tersebut selain membuat aroma mulut kita seperti bau busuk, hal tersebut juga akan menimbulkan peradangan pada gigi dan gusi anda, namun tetaplah menghindari pencongkelan sisa makanan tersebut ya sobat karena akan berpotensi melukai gusi anda. bahaya menggunakan tusuk gigi bisa anda rasakan bukan secara langsung sobat, melainkan dalam jangka waktu lama.

5. Perubahan Hormon

Faktor penyebab yang kelima adalah perubahan hormon. Pada umumnya perubahan hormon yang mempengaruhi peradangan apda gigi dan gusi biasanya dialami oleh seorang wanita yang sedang hamil. Hal ini memang normal terjadi pada masa kehamilan karena hormonnya bisanya mengalami perubahan.

6. Perbaikan Gigi Dengan Cara Yang Salah

Faktor penyebab berikutnya adalah perbaikan gigi yang anda jalani dilakukan dengan cara yang tidak tepat atau salah. Misalnya salah anda menggunakan gigi palsu. Nah sobat pemakaian atau penggunaan gigi palsu yang tidak tepat, entah itu tidak tepat dari segi ukuran, entah itu dari jenis gigi palsu yang anda gunakan tidak tepat, bisa menimbulkan peradangan gigi dan gusi.

Sebenarnya efek samping penggunaan gigi palsu seperti ini sudah diketahui. Karena faktor kebutuhan jadi mau tidak mau harus menggunakannya. Selain itu hal ini juga berbahaya bagi kesehatan gigi dan juga mulut anda secara keseluruhan ya sobat, dan apabila hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan berakibat fatal bagi kesehatan dan juga keselamatan anda.

Sekian informasi mengenai penyebab peradangan pada gigi dan gusi yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Penulis berharap artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya sobat. Salam gigi dan gusi.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi