Sponsors Link

6 Penyebab Sakit Gigi Geraham karena Goyah dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gigi geraham atau dengan bahasa latin Molaris Dens merupakan gigi yang berada di bagian belakang mulut. Gigi ini juga sering disebut sebagai gigi bungsu karena memang kemunculan gigi geraham lebih lama di bandingkan dengan gigi lainnya. Fungsi utama dari gigi ini adalah untuk mengunyah dan melumatkan makanan sebelum masuk ke kerongkongan. Tak jarang jika sejumlah masalah pun kerap terjadi di gigi geraham. Ketahui juga tentang gigi geraham dan fungsinya.

ads

Selain masalah gigi geraham yang cepat berlubang, gigi geraham umumnya juga memiliki sejumlah masalah lain. Misalnya saja seperti gigi geraham goyang sakit saat digunakan untuk mengunyah. Mengapa gigi geraham goyang dan terasa sakit? Berikut penjelasan mengenai penyebab gigi geraham goyang sakit beserta cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Gigi Geraham karena Goyah

  1. Terjadi Pengapitan Gigi

Penyebab gigi geraham goyang sakit yang pertama dapat disebabkan karena adanya pengapitan gigi yang terjadi. Meskipun masalah seperti ini kerap terjadi di bagian gigi depan, namun tidak menutup kemungkinan jika masalah pengapitan gigi juga dapat terjadi di gigi geraham sehingga menimbulkan rasa sakit yang berlebih.

Pengapitan gigi bisa terjadi manakala ada satu gigi yang ingin tanggal namun terletak di dua bagian gigi yang masih utuh. Karena letak gigi ini terdapat di dua bagian gigi yang masih utuh. Maka tidak menutup kemungkinan saat gigi tersebut ingin tumbuh kembali. Ruang kosong yang seharusnya menjadi tempatnya telah bergeser ditempati oleh dua gigi yang masih utuh. Hal inilah yang bisa berujung pada rasa sakit yang sangat luar biasa di gigi geraham anda. Jika masalah ini terjadi anda bisa menggunakan obat gigi goyang dan gusi bengkak atau melakukan cara mengatasi gigi goyang akibat benturan.

  1. Terbentuknya Karang Gigi

Penyebab Sakit Gigi Geraham karena Goyah yang kedua yaitu karena terbentuknya karang gigi bisa menjadi penyebab terjadinya gigi geraham goyang yang menimbulkan rasa sakit luar biasa. Karang gigi bisa terbentuk apabila terjadi penumpulan plak dari sisa-sisa makanan yang terjadi secara terus-menerus. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan menyebabkan penurunan pada gusi yang mana akan melemahkan pondasi dari akar gigi tersebut. Apabila pondasi akar gigi sudah mengalami penurunan tentu hal tersebut mengakibatkan gigi goyang dan terasa sakit sakit manakala digunakan untuk mengunyah.

Biasanya masalah seperti ini terjadi di bagian gigi yang sulit terjangkau oleh sikat gigi saat dibersihkan. Seperti halnya yang terjadi di gigi geraham. Karena memang letak gigi geraham yang berada di bagian belakang rahang. Maka akan sangat sulit untuk menghindari masalah ini kecuali dengam cara membersihkan karang gigi atau bisa juga dengan cara menghilangkan karang gigi dengan garam dan jeruk nipis.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Terdapat Kelainan Pada Jaringan Gusi

Kelainan yang terjadi pada jaringan gusi bisa disebabkan karena adanya lapisan kalkulus yang terbentuk di bagian sekitar gigi dan gusi. Lapisan kalkulus ini bisa menyebabkan gigi menjadi lebih kasar dibandingkan bagian lainnya. Jika hal tersebut dibiarkan, tidak menutup kemungkinan jika kotoran dan plak yang berasal dari sisa-sisa makanan akan lebih mudah merekat dan menempel lebih keras dan menjadi penyebab karang gigi hitam.

Selain menimbulkan masalah pada bagian gigi dan gusi seperti gusi bengkak tapi tidak sakit. Tekstur kalkulus yang lebih kasar tidak selamanya akan memiliki ukuran yang sama. Kalkulus akan menjadi lebih lebar dari ukuran semula dan bisa mempengaruhi struktur gigi geraham. Gigi geraham yang semula merekat dengan sangat kuat, lama-kelamaan akan lebih longgar dari posisi awalnya. Hal ini bisa menyebabkan gigi geraham goyang dan menimbulkan rasa sakit saat digunakan untuk mengunyah. Untuk itu lakukan cara menghilangkan plak pada gigi.

  1. Terjadi Kecelakaan

Penyebab Sakit Gigi Geraham karena Goyah selanjutnya yaitu terjadinya benturan hebat di bagian gigi juga dapat menjadi penyebab gigi geraham goyang sakit. Bahkan kebanyakan kasus yang sudah terjadi, seseorang akan pergi ke dokter untuk mengembalikan struktur gigi yang mengalami goyang atau retak. Biasanya jika gigi geraham goyang sudah sangat parah, maka dokter gigi akan menyarankan untuk dilakukan pencabutan. Yang kemudian dilakukan pemasangan gigi palsu untuk menggantikan peran gigi geraham asli. 

Sponsors Link

  1. Faktor Usia

Tidak bisa dipungkiri jika faktor usia juga dapat menyebabkan gigi geraham menjadi goyang dan sakit. Biasanya saat usia seseorang sudah memasuki masa penuaan, kekokohan gigi juga semakin berkurang. Hal ini disebabkan karena asupan kalsium yang dibutuhkan untuk kekuatan gigi semakin berkurang yang menyebabkan gigi mudah tanggal atau ompong. Untuk menghindari hal ini perbanyak makanan yang menguatkan gigi.

  1. Perawatan Gigi yang Salah

Perawatan gigi dilakukan guna mempercantik bagian gigi agar terlihat lebih bagus seperti penggunaan kawat gigi (baca: manfaat gigi behel). Namun, sejumlah metode perawatan gigi terkadang justru memperparah jaringan struktur gigi yang menyebabkan gigi tidak berfungsi seperti sediakala. Hal inilah yang juga bisa terjadi di bagian gigi geraham anda. Manakala perawatan gigi yang anda lakukan salah, maka tidak menutup kemungkinan jika gigi geraham akan goyang dan terasa sakit luar biasa.

Dari sejumlah Penyebab Sakit Gigi Geraham karena Goyah di atas, tentu anda bisa meminimalisir terjadinya masalah tersebut. Dengan cara memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi secara lebih baik lagi, maka bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi geraham anda. Atau bisa juga dengan cara mencabut gigi geraham yang sudah goyang.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini