Sponsors Link

20 Penyebab Sakit Gigi Kambuh yang Sering Terjadi dan Jarang Diketahui

Sponsors Link

Pernahkah anda merasakan sakit gigi? Ya, sakit gigi adalah penyakit yang umum, yang hampir setiap orang didunia ini pernah merasakannya. Sakit gigi sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktifitas sehari – hari. Orang yang sedang sakit gigi akan mengalami tidak nafsu makan, semua yang dilakukan serba salah, dan sangat mudah menjadi emosi.

ads

Pada saat sakit gigi menyerang, barulah seseorang merasakan pentingnya menggosok gigi atau menjaga kebersihan gigi, pentingnya menjaga pola makan, dan pentingnya mengunjungi dokter gigi. Namun pada saat gigi tidak sedang sakit, biasanya selalu mengabaikan pola makan, lupa membersihkan gigi, dan tidak ingin mengunjungi dokter gigi.

Penyebab sakit gigi kambuh yang akan dibahas berikut ini, semoga membuat kita selalu waspada bahwa sakit gigi bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dan jika gigi tidak dirawat maka sakit gigi akan selalu datang dan datang lagi. Berikut beberapa penyebab sakit gigi kambuh:

Penyebab Sakit Gigi Kambuh

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Gigi adalah salah satu organ penting yang setiap hari kita gunakan untuk mengunyah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu menggosok gigi setiap pagi hari sehabis sarapan dan malam hari sebelum tidur membuat gigi dan mulut menjadi bersih dan sehat. Apabila hal ini sudah diabaikan, maka sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi akan menjadi konsumsi bakteri dan membentuk plak. Plak adalah penyebab karang gigi hitam yang dapat mengakibatkan sakit gigi.

  1. Cara Menggosok Gigi yang Salah

Cara menggosok gigi yang salah juga merupakan penyebab sakit gigi kambuh. Hal ini disebabkan karena menggosok gigi yang salah akan mengikis dan menyebabkam kerusakan pada email gigi. Oleh sebab itu cara menyikat gigi dengan benar dan pemilihan sikat gigi yang lembut akan menghindari dari terkenanya penyakit gigi.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Makanan manis adalah salah satu makanan yang tidak baik untuk gigi, karena dapat mengikis email gigi. Jika email gigi sudah terkikis, maka kerusakan gigi akan terjadi seperti gigi keropos dan berlubang yang akan mendatangkan sakit gigi. Oleh sebab itu hindari makanan yang dapat merusak gigi, dan konsumsilah makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

  1. Kebiasaan – kebiasaan Buruk

Kebiasaan – kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan pemakaian obat – obatan juga dapat merusak lapisan gigi. Lapisan gigi atau email gigi yang telah rusak akan rentan terhadap bakteri yang masuk. Bakteri akan dengan mudah merusak gigi yang mengakibatkan sakit gigi.

  1. Kebiasaan Tingkah Laku

Kebiasaan tingkah laku seberti mengigiti kuku, menggertakkan gigi, mengepalkan gigi, bahkan mencongkel – congkel gigi, dapat menjadi pemicu sakit gigi yang berulang. Menggigit kuku dapat membawa bakteri yang ada pada kuku masuk kedalam mulut. Sedangkan menggertakkan gigi dapat membuat gigi retak. Mengepalkan gigi atau merapatkan gigi atas dan gigi bawah secara paksa akan membuat gigi mengalami tekanan yang berlebihan. Mencongkel  – congkel gigi dapat membuat infeksi pada gigi. Anda dapat membaca artikel terkait bahaya kebiasaan menggertakkan gigi dan kebiasaan menggesek gigi saat tidur.

Sponsors Link

  1. Luka Karena Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi atau behel memerlukan penaganan dan perawatan yang khusus, karena pemasangan kawat gigi yang tidak tepat atau terlalu ketat dapat membuat gusi luka. Selain itu juga dapat membuat gigi terasa ngilu dan nyeri. Oleh sebab itu perlu mengetahui cara merawat gigi behel dan efek samping gigi behel.

  1. Trauma Gigi

Trauma gigi dapat disebabkan karena jatuh, kecelakaan atau kejadian lain. Akibat dari kejadian itu dapat menyebabkan gigi patah, goyang, bahkan tanggal. Gigi yang patah dapat menyebabkan garis fraktur melalui saraf gigi atau palupa. Hal inilah yang dapat menjadi penyebab nyeri atau sakit gigi yang selalu berulang.

  1. Cedera Rahang

Seperti trauma gigi, cedera pada rahang yang disebabkan karena jatuh, kecelakaan atau kejadian lainnya juga dapat menjadi pemicu gigi nyeri dan sakit berulang. Hal ini karena letak rahang yang sangat berdekatan dengan gigi. 

ads

  1. Gigi Retak

Masih disebabkan karena jatuh, kecelakaan, atau kejadian lainnya, gigi yang retak akan menjadi penyebab sakit dan nyeri pada gigi. Sakit dan nyeri yang datang berulang disebabkan karena keretakan akan menimbulkan celah. Celah inilah yang dengan sangat mudah menjadi tempat bakteri berkembangbiak karena pada celah akan terselip sisa – sisa makanan yang sulit untuk dibersihkan. Anda dapat menambah wawasan dengan membaca artikel terkait gigi retak dan ngilu.

  1. Gigi Miring

Gigi miring merupakan salah satu penyebab sakit gigi yang dapat kambuh lagi. Gigi yang seharusnya tumbuh tegak menempel pada gusi dapat tumbuh miring bisa jadi karena adanya gigi ompong yang tidak segera diganti. Pada saat mengunyah terjadi tekanan pada gigi yang miring dapat menimbulkan peradangan pada saraf gigi yang akan menyebabkan rasa nyeri.

  1. Gigi Rusak (Karies Gigi)

Karies gigi atau kerusakan pada gigi seperti gigi keropos dan gigi berlubang sudah pasti akan menyebabkan nyeri dan sakit gigi yang sering kambuh. Apalagi jika ada makanan yang masuk kedalamnya. Gigi keropos dan berlubang disebabkan oleh sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan. Kemudian sisa makanan ini akan menjadai konsumsi bakteri gigi dan membentuk plak. Dari proses diataslah, lapisan gigi yang rusak akan membuat gigi keropos dan akhirnya berlubang. Anda dapat menambah wawasan dengan membaca artikel terkait gigi keropos pada orang dewasa dan cara mengatasi gigi keropos bagian depan.

  1. Gigi Terjepit

Penyebab sakit gigi lainnya yaitu gigi terjepit. Gigi yang tumbuh terjepit diantara gigi – gigi yang lainnya akan terasa nyeri bila dipakai mengunyah makanan dan bertabrakan dengan gigi lainnya.

  1. Gigi Tumbuh

Proses tumbuh gigi terjadi pada anak – anak dan orang dewasa. Gigi yang baru tumbuh akan melalui proses menembus gusi, hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan tak jarang akan terjadi pembengkakan pada gusi. Pada orang dewasa proses tumbuhnya gigi bungsu akan melewati rasa sakit dan nyeri yang sangat kuat.

  1. Gusi Erosi

Gusi erosi dapat terjadi karena menyikat gigi yang sering terlambat sehingga membuat gusi menyusut. Penyusutan gusi inilah yang disebut dengan erosi gusi yang menyebabkan akar gusi terbuka. Bila akar gusi sudah terbuka, maka gigi akan menjadi lebih sensitive, seperti ngilu atau terasa sakit bila mengkonsumsi makanan yang dingin, asam, atau panas.

  1. Penyakit Gusi

Penyakit gusi dapat menimbulkan pmbengkakan atau peradangan pada gusi. Gusi menjadi berwarna merah bahkan berdarah. Salah satu penyebab penyakit gusi adalah tumbuhnya gigi bagian belakan. Peradangan gusi selain menimbulkan rasa sakit pada gigi juga rasa sakit pada jaringan di bagian penyokong gigi.

  1. Tambalan Gigi Rusak

Selain penyakit gusi, tambalan gigi yang rusak juga dapat menyebabkan sakit gigi. Saat tambalan gigi rusak maka akan terdapat celah atau lubang gigi. Bila saat proses mengunyah, ada makanan yang terselip kedalam celah atau lubang gigi maka nyeri akan terasa. Anda dapat membaca artikel terkait manfaat tambal gigi dan efek samping gigi tambalan

Sponsors Link

  1. Perubahan Hormon

Paerubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat menjadi salah satu pemicu sakit dan nyeri pada gigi. Perubahan hormon salah satunya membuat terjadinya peningkatan kadar asam pada area mulut, sehingga ibu hamil sering muntah. Kadar asam didalam mulut yang meningkat ini dapat merusak lapisan gigi.

  1. Infeksi Sinus

Infeksi sinus juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit gigi. Adanya tekanan karena infeksi sinus dapat menimbulkan rasa sakit pada gigi bagian atas. Hal ini disebabkab letak hidung yang berdekatan dengan gigi juga saraf hidung yang berhubungan dengan saraf gigi.

  1. Infeksi Akar Gigi

Infeksi akar gigi disebabkan karena bakteri yang sudah menyebar sampai ke akar gigi. Infeksi ini dapat mengakibatkan gusi membengkak bahkan terjadi abses atau bernanah. Keadaan ini tentu akan menimbulkan rasa nyeri pada gigi.

  1. Penyakit Lain

Pada kondisi khusus dan lebih lanjut, sakit gigi yang terus – menerus dan berulang dapat menjadi indikasi adanya penyakit jantung. Selain itu penyakit Neuralgia Trigeminal yaitu penyakit yang disebabkan oleh rasa nyeri pada wajah, secara tidak langsing juga dapat menyebabkan nyeri pada gigi.

Demikianlah beberapa penyebab sakit gigi kambuh yang dapat kami sajikan untuk para pembaca, semoga dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat. Nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini