Sponsors Link

5 Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mengalami sakit gigi ketika hamil menjadi permasalahan yang begitu mengkuatirkan. Pasalnya selain merasa tidak nyaman, gigi yang terasa sakit juga tidak bisa digunakan untuk menyungah makanan dengan sempurna. Alhasil, Ibu hamil akan mengalami penurunan berat badan yang disebabkan kurangnya asupan makanan yang dicerna. Saat merasakan sakit gigi, pernahkan anda beranggapan jika sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi?

ads

Pertanyaan seperti ini memang seringkali terlontar akibat banyaknya ibu hamil yang mengeluhkan permasalahan sakit gigi ketika hamil. Sebenarnya anggapan jika sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi tersebut tidak seutuhnya benar. Namun, beberapa faktor seperti kondisi morning sickness yang terus-menerus bisa menjadi penyebab akan timbulnya masalah sakit gigi dikehamilan anda. Untuk lebih lengkapnya berikut penyebab sakit gigi saat hamil yang dapat anda ketahui.

  1. Kurangnya Asupan Kalsium

Penyebab sakit gigi saat hamil juga dapat dipicu karena kurangnya asupan kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa dipercayai jika kurangnya asupan kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan gigi berlubang besar yang menimbulkan rasa sakit saat hamil muda. Selain itu, gigi bayi yang dikandungnya pun juga rentan terhadap masalah gigi berlubang nantinya.

Namun kepercayaan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sebagian besar kebutuhan kalsium bayi justru diambil dari tulang ibunya. Namun jika asupan kalsium ibu sangat berkurang, hal tersebut juga berdampak buruk bagi perkembangan janin di dalamnya. Jadi sebaiknya selama proses kehamilan berlangsung, anda harus memperbanyak asupan makanan yang menyehatkan gigi untuk memenuhi kebutuhan kalsium janin dan melindungi ogran gigi dari masalah gigi berlubang.

  1. Perubahan Hormon

Terjadinya perubahan hormon selama kehamilan memang menjadi masalah yang sering terjadi. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu penyebab sakit gigi yang paling umum dialami bagi sebagain besar wanita hamil. Adanya perubahan hormon kemungkinan menyebabkan munculnya peradangan di bagian gusi (Gingvitis) yang memicu terjadinya gusi bengkak pada ibu hamil.

Selain masalah gusi bengkak, perubahan hormon juga seringkali menimbulkan penyakit periodontal yaitu sebuah penyakit yang terjadi di jaringan pendukung gigi. Terjadinya penyakit periodontal dipicu adanya masalah peradangan gusi yang tidak ditangani secara serius. Selain itu, kondisi lain yang sering dialami saat hamil adalah Epulis Gravidarium atau timbulnya benjolan pada gusi bawah yang sering menyebabkan sakit gigi akibat lubang selama hamil.

  1. Terjadinya Pembengkakan Gusi

Terjadinya gusi bengkak saat hamil memang sangat sering dialami. Bahkan sebagian besar dari mereka sering mengalami keluhan akibat gusi bengkak yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada gigi. Biasanya timbulnya pembengkakan di area sekitar gusi seringkali dipicu oleh masalah gigi berlubang. Dimana gigi yang mengalami lubang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang menimbulkan pembengkakan di area sekitarnya.

Jika hal ini dibiarkan tentu rasa sakit akibat gigi berlubang saat hamil pun akan semakin parah. Dimana hal tersebut juga sangat beresiko bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Jadi sebaiknya segera ditangani agar tidak menimbulkan masalah serius lainnya.

  1. Kurangnya Menjaga Kebersihan Gigi

Sakit gigi saat hamil ternyata juga dapat dipicu oleh perawatan gigi yang kurang dijaga. Umumnya kebanyakan ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan di masa kehamilannya. Selain tubuh yang merasa lebih cepat lelah, terkadang rasa letih pun juga dirasakan. Biasanya saat tubuh merasa letih dan kurang bertenaga, kebanyakan ibu hamil akan malas melakukan aktivitas termasuk urusan menjaga kebersihan gigi termasuk melakukan perawatan gigi untuk ibu hamil.

Sponsors Link

  1. Ibu Hamil yang Sering Muntah

Perubahan hormon selama masa kehamilan kerap memicu terjadinya masalah gigi yang serius. Hal tersebut seringkali disebabkan oleh keadaan cincin otot yang digunakan untuk menjaga makanan yang masuk ke dalam perut menjadi melemah. Alhasil, makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut pun akan anda muntahkan.

Jika makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut terus dimuntahkan tentu akan memicu peningkatan asam lambung yang semakin kuat. Muntah yang terus menerus pada akhirnya dapat merusak lapisan pelindung gigi atau enamel gigi yang menjadi penyebab sakit gigi berlubang saat hamil.

Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Beberapa penyebab sakit gigi saat hamil memang seringkali dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Pasalnya faktor seperti adanya perubahan hormon, kurangnya asupan kalsium dalam tubuh, ibu hamil yang sering muntah menjadi satu permasalahan yang dapat menimbulkan adanya kerusakan yang berujung pada sakit gigi saat hamil.

Sakit gigi saat hamil memang tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele. Beberapa keadaan bahkan dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan, misalnya saja seperti adanya resiko keguguran, bayi lahir secara prematur, perkembangan bayi dalam kandungan yang tidak optimal dan lain sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, tentu sebagai ibu hamil anda tidak ingin sesuatu hal terjadi yang dapat berakibat fatal bagi perkembangan janin. Untuk menuntaskan permasalahan sakit gigi saat hamil. Berikut ada cara mengatasi sakit gigi saat hamil dan pencegahannya.

Sponsors Link

  • Saat rasa sakit mulai terasa anda bisa melakukan tindakan dengan mengunyah daun bayam, daun cengkeh, daun jambu biji atau bisa juga dengan bawang putih atau dengan obat sakit gigi paling ampuh.
  • Cobalah untuk berkumur dengan air hangat atau air garam. (baca: bahaya obat kumur)
  • Selalu bersihkan gigi dengan cara menggosok gigi setelah makan.
  • Jaga pola makan dengan menghindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang.
  • Rutin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu di pagi dan di malam hari.
  • Lakukan berkumur setelah selesai makan.
  • Rutin melakukan perawatan gigi ke dokter spesialis gigi langganan.

Sakit Gigi Saat Hamil Apakah Bawaan Bayi?

Anggapan seperti ini tidak dapat dibenarkan secara keseluruhan. Saat seorang ibu memasuki masa kehamilan tentu berbagai perubahan akan dirasakan, seperti hanya perubahan hormon yang dapat mempengaruhi aktivitas kerja organ lain. Hal inilah yang sering dikaitkan jika saat gigi pada ibu hamil disebabkan oleh bawaan bayi yang dikandungnya.

Selain itu, morning sickness yang kebanyakan dialami oleh wanita hamil juga dapat menjadi pemicu adanya kerusakan pada gigi yang mengarah pada sakit gigi yang dialami. Saat anda mengalami muntah yang terus menerus akibat makanan yang dimasukan ke dalam perut, otomatis akan memicu peningkatan asam lambung yang semakin kuat. Muntah yang terus menerus pada akhirnya dapat merusak lapisan pelindung gigi atau enamel gigi yang menyebabkan terjadinya karies gigi berlubang.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi