Sponsors Link

10 Penyebab Sakit Gigi Saat Puasa yang Tanpa Disadari Sering Terjadi

Sponsors Link

Saat Anda menjalani ibadah puasa, tentu sangatlah penting untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan juga mulut. Sehabis memakan asupan makanan yang berlimpah akan kandungan gula dan menu yang terasa sangat manis. Jenis makanan yang biasa dan umum dihidangkan saat berbuka puasa adalah kolak, es buah yang manis, bubur sumsum dan beberapa makanan lainnya. Berikut ini alasan kepala terasa pusing saat sakit gigi yang wajib diketahui.

ads

Kebiasaan memakanan asupan manis belum lagi minuman memang dianjurkan, namun jika tidak menghiraukan kesehatan gigi, maka hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah gigi Anda. Mengalami kerusakan gigi tentu dapat menimbulkan ragam penyakit lainnya seperti diabetes, jantung, sakit kepala dan lain sebagainya. Contoh cara mengobati pipi bengkak akibat sakit gigi pada anak.

Agar hal tersebut dapat dihindari, sebaiknya Anda tetap menjaga kebersihan mulut dan gigi setelah berbuka dan juga setelah sahur. Untuk mengetahui penyebab sakit gigi saat puasa, berikut contoh dan penjelasannya :

1. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Berpuasa bukan menjadi halangan bagi Anda untuk malas membersihkan gigi dan juga mulut. Kebiasaan yang tidak dijaga tentu akan berdampak pada kesehatan dan masalah pada gigi Anda, apalagi Anda sudah memiliki riwayat sakit gigi sebelumnya. Tentu hal ini akan menumbulkan gejala yang semakin parah dan serius. Penting untuk menjadi perhatian bahwa kesehatan dan kebersihan gigi untuk mengurangi masalah pada gigi dan juga bau mulut selama berpuasa. Beberapa tips dan cara mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi dengan cepat.

2. Adanya Masalah Gigi

Riwayat penyakit gigi pada setiap orang berbeda, ada yang memang sudah serius dan parah sehingga apabila terkenan asupan makanan dan minuman tertentu akan semakin membuatnya menjadi serius. Memiliki masalah gigi sebaiknya pada saat puasa harus dapat diobati dengan baik dan tepat. Sehingga tidak mengganggu proses ibadah Anda selama berpuasa. Jangan segan untuk berkonsultasi ke dokter apabila sakit gigi tidak kunjung hilang dan reda. Anda dapat mencoba cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi ampuh dan aman.

3. Makanan Manis

Bulan puasa memang identik dengan makanan dan minuman yang memiliki rasa manis dan lezat, namun jika kondisi tersebut tidak di rem maka hal ini menjadi pemicu sakit gigi Anda semakin parah. Penyebab sakit gigi saat puasa akibat dari gula yang berlebihan dan merusak jaringan gigi dan sekitarnya. Apabila kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, tentu dapat berdampak pada kondisi yang serius. Oleh karena itu hindari jenis makanan yang dapat memicu sakit gigi Anda, apabila asupan gula terlalu berlebihan. Contoh jenis makanan yang dilarang saat sakit gigi dan gusi bengkak.

4. Minuman Manis

Minuman manis juga menjadi faktor yang dapat menimbulkan masalah pada gigi selanjutnya. Keseringan mengkonsumsi jenis minuman manis tentu dapat merusak kondisi gigi, yang mana sebelumnya memang sudah rusak. Seperti masalah pada gigi berlubang, apabila terkena minuman manis akan terasa ngilu dan terasa sakit. Untuk Anda yang sudah mengalami masalah gigi rusak, terutama gigi berlubang hindari minuman terlalu manis dan sering. Yang menjadi penyebab sakit gigi kambuh yang sering terjadi dan jarang diketahui.

Sponsors Link

5. Mengkonsumsi Es Terlalu Berlebihan

Penyebab sakit gigi saat puasa selanjutnya yaitu es, minuman es memang sangat menyegarkan, apalagi menjelang berbuka puasa terasa sangat menggoda. Namun, konsumsi es dengan takaran yang cukup tidak akan menimbulkan masalah serius bagi gigi Anda. Apabila es sudah sering dan berlebihan tentu dapat mengganggu kondisi gigi Anda yang sudah rusak. Khususnya gigi sensitif yang memang akan berpengaruh serius apabila terkena minuman dingin atau es. Berikut cara yang bisa dicoba dengan pijat sakit gigi geraham yang aman.

ads

6. Makanan Yang Terlalu Panas

Jenis makanan yang terlalu panas juga dapat menjadi penyebab sakit gigi saat puasa. Keseringan mengkonsumsi makanan panas dapat menimbulkan gigi menjadi ngilu dan juga menjadi sensitif. Bagi Anda yang mengalami masalah radang gusi sebaiknya hindari makanan dan asupan yang masih dalam kondisi panas. Karena dari faktor kesehatan dan medis hal ini pun dilarang, karena mampu menimbulkan lidah terbakar akibat hawa panas dari makanan atau minuman tersebut. Berikut ini salah satu penyebab sakit gigi sampai ke kepala dan mata gejala dan pengobatannya.

7. Akibat Penyakit Sinusitis

Salah satu penyebab sakit gigi saat puasa bisa karena riwayat sinusitis yang Anda derita sebelumnya. Penyakit ini memang rentan akan masalah pada gigi, gejala yang dapat kambuh sewaktu – waktu menimbulkan reaksi pada gigi di sekitarnya. Apalagi Anda juga memiliki masalah pada gigi seperti gigi berlubang atau gigi rusak, pasti akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Oleh sebab itu perlu adanya tindakan untuk menghilangkan sinusitis Anda sebelum merambat menjadi masalah yang baru. Contoh masalah pada sakit gigi disertai sakit pada telinga penyebab dan pengobatan.

8. Gigi Berlubang

Anda yang memiliki gigi berlubang sebaiknya sering dan rutin membersihkan gigi, apalagi saat berpuasa dan mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Hal ini jika dibiarkan tentu dapat berdampak pada kondisi gigi berlubang yang akan semakin parah, bahkan menimbulkan gejala sakit yang teramat sangat. Memiliki gigi berlubang tidak bisa salah makan atau sisa makanan yang menyempil pada gigi berlubang, hal ini dapat menyebabkan gigi menjadi sakit dan bengkak. Seringnya membersihkan gigi Anda minimal berkumur agar sisa makanan dan bakteri tidak merusak jaringan pada gigi Anda. Berikut ini cara mengurangi rasa sakit gigi bagian belakang tumbuh pada orang dewasa paling ampuh.

9. Gigi Sensitif

Penyeban sakit gigi saat puasa lainnya yaitu gigi sensitif, Anda yang mengalami masalah gigi satu ini tentu akan sangat berhati hati dalam memilih asupan makanan dan juga minuman. Karena gigi sensitif sangat rentan akan makanan dan minuman yang dingin atau panas. Jika makanan dan minuman yang sering dimakan terlalu dingin atau panas maka efek samping gigi akan terasa ngilu, lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi semakin parah atau menyebabkan gigi keropos. Beberapa cara mengobati sakit gigi berkepanjangan cocok dan aman.

Sponsors Link

10. Makanan Terlalu Keras

Jenis makanan terlalu keras juga menjadi penyebab sakit gigi saat puasa, Anda yang memang sudah memiliki riwayat sakit gigi sebaiknya memilih makanan yang tidak menimbulkan rasa sakit dan bengkak akibat makanan yang keras. Makanan yang keras akan sangat sulit untuk dikunyah dengan gigi yang rusak atau gigi sakit, alhasil akan semakin memperparah kondisi gigi Anda sebelumnya. Berikut ini tips dan cara mengobati sakit gigi bagian depan paling ampuh.

Demikian beberapa contoh penyebab sakit gigi saat puasa, semoga menjadi perhatian untuk Anda yang memang sedang memiliki masalah pada gigi, agar lebih berhati – hati dalam memilih asupan makana saat berbuka dan sahur. Selamat berpuasa.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini