Sponsors Link

Berbagai Penyebab Sakit Rahang dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Sobat smeua tentunya pernah merasakan sakit rahang ya sobat. Sakit rahang ini nantinya akan berpengaruh besar terhadap semua aktivitas anda setiap harinya. Sebut saja pada saat akan makan minum dan bahkan berbicara dan juga tertawa, tentunya hal tersebut akan menjadi terganggu oleh karena sakit rahang yang sedang anda alami. 

ads

Sakit rahang tersebut merupakan rasa sakit yang cukup nyeri yang  pada umumnya dirasakan di rahang bawah dan juga wajah anda. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi seperti ini, sehingga anda memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mendapatkan kepastian akan apa penyebab dari sakit rahang tersebut. mengatasi perubahan rahang saat memakai kawat gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Untuk ulasan selengkanya mengenai sakit rahang tersebut, yuk sobat langsung kita simak saja ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Saja Gejala Sakit Rahang ?

Berikut ini adalah beberapa gejala dari sakit rahang tersebut, antara lain :

  • Nyeri atau sensitif pada rahang
  • Rasa sakit pada bagian dalam dan juga sekitar telinga
  • Kesulitan mengunyah atau tidak  nyaman pada saat mengunyah
  • Nyeri saat menggit
  • Sakit kepala
  • Sendi terkunci, membuat sulit untuk membuka atau menutup mulut

2. Penyebab Sakit Rahang

Pada umumnya sebagian besar nyeri rahang terjadi oleh karena kelainan atau cedera pada sendi rahang anda, terutama pada persendian temporo mandibular. Namun selai itu terdapat beberapa penyebab sakit rahang yang lainnya, yakni seperti berikut ini.

  • Masalah Pada Gigi

Adanya gangguan pada kesehatan gigi berupa penyakit gusi, gigi berlubang, celah gigi, gigi rusak, distorsi gigi, dan gigi yang tidak rata bisa menjadi penyebab dari sakit rahang tersebut. sebab nyata gigi rusak akibat tukang gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster ini merupakan salah satu jenis sakit kepala yang paling menyakitkan. Rasa sakit yang disebabkan oleh sakit kepala cluster tersebut bisa berdenyut sangat kencang, sehingga rasa sakitnya bisa sampai terasa pada beratnya salah satu mata, salah satu bagian kapala, pelipis, dahi, pipi dan pada akhirnya akan melebat ke bagian rahang anda.

  • Sinusitis

Sinusitis terseut merupakan peradangan atau pembengkakan pada jaringan sinus yang terdapat pada sendi rahang. Pada saat sinus tersebut tersumbat, maka akan menyebabkan timbulnya kuman dan infeksi yang mana infeksi tersebut bisa membaut rahang sakit.

3. Cara Mengatasi Sakit Rahang

Cara mengatasi sakit rahang antara lain adalah sebagai berkut :

  • Hindarilah penggunaan otot rahang yang berlebih. Selain itu, makanlah makanan yang bertekstur lembut, potong makanan menjadi ukuran yang lebih kecil dari potongan yang biasa anda makan, hindari makanan lengket dan kenyal.
  • Lakukan perenggangan dan pijat. Pada umumnya, dokter gigi atau terapis akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara memperkuat dan juga merenggangkan otot rahang serta  bagaimana memijat otot rahang tersebut.
  • Kompres rahang anda menggunakan handuk hangat atau dingin untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.
Sponsors Link

Demikian ulasan yang bisa penulis share untuk sobat semua pada kesempatan ini. Terima kasih bagi anda yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Mulut