Sponsors Link

10 Penyebab Warna Gigi Berubah yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Tidak ada yang menginginkan gigi yang berubah warna dan tampak kotor. Seperti yang Anda ketahui, penyebab warna gigi berubah ada banyak dan beragam. Beberapa faktor dapat dikurangi dengan perubahan perilaku penderita, sementara penyebab lain berada di luar kendali penderita seperti penyebab gigi cepat kuning.  Berikut pembahasan tentang penyebab warna gigi berubah:

ads
  1. Makanan dan minuman :Kopi, teh, minuman berkarbonasi, dan anggur merah dapat merusak gigi. Bahkan buah dan sayuran tertentu dapat menyebabkan noda.
  2. Produk tembakau : Merokok atau mengunyah tembakau bisa menodai gigi seperti kebiasaan yang mebuat gigi kuning.
  3. Menyikat dan flossing yang tidak memadai : Jika seorang penderita tidak menyikat dan menyikat gigi secara teratur, lebih mungkin bahwa zat-zat yang memproduksi plak dan noda seperti kopi dan tembakau akan menyebabkan perubahan warna pada gigi.
  4. Penyakit :Beberapa penyakit yang mempengaruhi enamel dan dentin dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Perawatan untuk kondisi tertentu juga bisa memengaruhi warna gigi. Misalnya, radiasi kepala dan leher dan kemoterapi dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Selain itu, infeksi tertentu pada ibu hamil dapat menyebabkan perubahan warna gigi pada bayi dengan mempengaruhi perkembangan enamel.
  5. Obat-obatan : Antibiotik tetrasiklin dan doksisiklin diketahui dapat menghitamkan gigi ketika diberikan pada anak-anak yang giginya masih berkembang (sebelum usia 8 tahun). Pembersih mulut dan pencucian yang mengandung klorheksidin dan cetylpyridinium klorida juga bisa menodai gigi. Antihistamin (seperti Benadryl), obat antipsikotik, dan obat untuk tekanan darah tinggi juga menyebabkan perubahan warna gigi.
  6. Bahan-bahan gigi tertentu : Beberapa bahan yang digunakan dalam kedokteran gigi, seperti restorasi amalgam, terutama bahan yang mengandung sulfida perak, dapat memberikan warna hitam ke gigi.
  7. Faktor usia : Saat seseorang menua, lapisan luar email gigi-giginya akan luntur, menampakkan warna dentin alami kuning.
  8. Genetika : Beberapa orang hanya memiliki enamel alami lebih terang atau lebih tebal daripada yang lainseperti penyebab gusi hitam.
  9. Lingkungan : Fluorida yang berlebihan, baik dari sumber lingkungan seperti kadar fluoride yang tinggi secara alami di dalam air, atau dari penggunaan berlebihan, seperti aplikasi fluoride, bilasan, pasta gigi, dan suplemen fluoride yang diminum, dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.
  10. Trauma : Kerusakan akibat jatuh dapat mengganggu pembentukan enamel pada anak-anak kecil yang giginya masih berkembang. Trauma juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi dewasa.

Beberapa faktor ini tidak dapat dikontrol, tetapi yang lain tentunya dapat dikurangi dan dikontrol. Dengan mendorong panderita Anda untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana, Anda mungkin dapat membantu mereka mencegah perubahan warna putih mutiara mereka. Peminum kopi atau perokok mungkin dibujuk untuk mengurangi atau berhenti sama sekali.

Dan tentu saja, tidak ada salahnya untuk mengingatkan panderita bahwa menyikat gigi dan flossing secara teratur akan membuat perjalanan mereka berikutnya untuk melihat Anda akan menghasilkan lebih sedikit goresan dan pemolesan. Ini berguna untuk mengurangi dampak dari penyebab warna gigi berubah yang tealh dijabarkan diatas. Karena gigi adalah salah satu bagian penting yang mempengaruhi penampilan dan kesehatan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini