Sponsors Link

8 Penyebab Warna Gigi Tidak Rata dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Perubahan warna gigi adalah hal yang sangat umum, dan itu dapat dihasilkan dari berbagai penyebab warna gigi tidak rata. Memahami penyebab potensial ini penting bagi siapa saja yang ingin mempertahankan senyuman gigi putih mereka, karena ini memungkinkan Anda dan dokter gigi Anda bekerja sama untuk mencegah atau mengelola noda gigi seperti kebiasaan yang membuat gigi kuning. Dalam upaya tersebut, berikut beberapa penyebab warna gigi tidak rata yang akan kami jabarkan di bawah ini:

ads

1. Kebersihan gigi yang buruk

Penyebab warna gigi tidak rata yang satu ini mungkin tidak akan mengejutkan, tetapi gagal menyikat gigi dan menggunakan benang setiap hari adalah salah satu kontributor utama untuk perubahan warna gigi. Ketika Anda tidak menyikat atau menggunakan benang secara teratur, ini memungkinkan bakteri dan partikel makanan menempel di mulut Anda dan melekat pada gigi Anda, yang dapat menyebabkan noda gigi. Tingkatkan kebiasaan kebersihan gigi yang buruk dengan salah satu faktor lain dalam daftar ini, dan Anda baru saja menciptakan lingkungan mulut yang terutama prima untuk noda.

2. Penggunaan tembakau

Ketika berbicara mengenai kesehatan mulut dan kebersihan, pengguna tembakau tidak dapat beristirahat. Tidak hanya mengunyah atau merokok tembakau menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi dari penyakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya, tetapi itu juga semua tetapi dijamin untuk memajukan menguningkan gigi Anda seperti penyebab gigi cepat kuning

3. Makanan dan minuman tertentu

Mereka mungkin lezat, tetapi kopi, teh, anggur, soda, dan beberapa jus semua bisa dilakukan pada gigi Anda karena keasamannya yang tinggi. Bahkan beberapa makanan yang baik untuk Anda dapat memiliki efek pewarnaan, termasuk apel, bit, blueberry, ceri, buah jeruk, cranberry, kentang, raspberry, dan tomat. Sebagai aturan umum, makanan apa pun yang bisa menodai pakaian Anda juga bisa menodai gigi Anda.

4. Proses penuaan

Ini adalah konsekuensi alami dari penuaan yang perlahan-lahan berkurang drastis dari waktu ke waktu. Ini dapat memungkinkan untuk lapisan gigi berikutnya (dentin) untuk ditampilkan. Karena dentin berwarna kekuning-kuningan, ini berarti banyak gigi orang mulai terlihat lebih suram seiring bertambahnya usia seperti penyebab gusi hitam.

5. Penyakit tertentu

Beberapa kondisi medis dapat memengaruhi enamel gigi, yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi Anda. Kondisi ini termasuk penyakit metabolik, kekurangan kalsium, penyakit hati, rakhitis, gangguan makan, dan penyakit celiac.

6. Obat-obatan tertentu

Sejumlah obat dapat berkontribusi pada perubahan warna gigi, termasuk antihistamin, antidepresan, obat antipsikotik, dan obat-obatan yang digunakan untuk mengelola tekanan darah tinggi. Paparan antibiotik tetracycline atau doxycycline di utero atau sebelum usia delapan tahun dapat memiliki efek yang sama. Hal yang sama berlaku untuk perawatan medis tertentu seperti kemoterapi atau radiasi kepala dan leher.

Sponsors Link

7. Genetika

Ketika datang untuk mempertahankan senyum cerah, beberapa orang terlahir beruntung dan yang lain, tidak begitu baruntung. Genetika memainkan peran dalam kecerahan dan ketebalan email Anda, yang dapat memiliki dampak besar pada warna gigi Anda seperti gigi geraham berlubang dan hitam.

8. Trauma

Jatuh  atau menggoyahkan gigi dapat merusak enamel gigi, yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Ini paling sering terjadi pada anak-anak tetapi dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Sekarang setelah Anda memahami penyebab potensial perubahan warna gigi, inilah saatnya bekerja dengan dokter gigi Anda untuk membuat rencana agar senyum Anda tetap cerah. Rutinitas perawatan kesehatan mulut yang tepat  termasuk penyikatan dan flossing harian dan pemeriksaan gigi rutin akan membantu, sama halnya dengan mengurangi minuman asam dan berhenti merokok.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini