Manfaat Perak Diamine Fluoride Untuk Gigi

Silver diamine fluoride [SDF] atau perak diamine fluoride merupakan zat cair yang dipakai untuk membantu mencegah masalah gigi berlubang atau karies gigi terbentuk, tumbuh atau semakin menyebar ke area gigi yang lain. SDF ini terbuat dari beberapa bahan seperti perak untuk membunuh bakteri, air untuk menyediakan dasar cairan untuk campuran, fluoride untuk membantu membangun gigi kembali dari bahan yang disebut dengan remineralisasi, amonia untuk membantu larutan terkonsentrasi sehingga akan efektif untuk resonansi rongga. Berikut akan kami berikan ulasan tentang manfaat dari perak diamine fluoride selengkapnya.

Kegunaan Perak Diamine Fluoride

Sebagian besar dokter gigi memakai SDF dalam bentuk cair yang mengandung setidaknya 38% dari solusi SDF yang diterapkan secara topikal sehingga hanya dioleskan pada permukaan gigi saja. Dokter gigi biasanya akan melakukan beberapa langkah untuk mengaplikasikan SDF, seperti:

  • Meletakkan kapas atau kasa di dekat gigi yang terkena untuk mencegah air liur membasahi gigi.
  • Kelembaban akan dihilangkan dari permukaan gigi memakai alat penghisap vakum. SDF akan diterapkan pada area yang terkena rongga.

Selain itu, dokter gigi kemungkinan juga akan menggunakan beberapa bahan untuk menutupi area yang terkena rongga seperti opaquer, ionomer kaca dan mahkota.

SDF biasanya memang digunakan pada area gigi yang berlubang karena pengaruh fluoride pada gigi tersebut. Penelitian menunjukkan jika SDF bisa membantu kertika digunakan sebagai tindakan pencegahan dengan diterapkan pada permukaan gigi yang sehat. Penelitian juga menunjukkan jika dokter gigi juga tidak perlu merawat gigi berlubang dengan tambalan atau modifikasi permukaan gigi sebelum menggunakan SDF.

Secara tradisional, banyak dokter gigi yang juga sudah memakai pernis fluoride untuk membantu menghentikan perkembangan lubang. SDF sudah terbukti bisa lebih berhasil untuk mengurangi pertumbuhan lubang seperti gigi taring berlubang dibandingkan dengan pernis serta butuh sedikit perawatan dari waktu ke waktu. Tidak ada set jumlah aplikasi yang dibutuhkan supaya SDF bisa berfungsi. Sebagian dokter gigi hanya menerapkan SDF sekali per tahun. Sedangkan pernis biasanya harus dioleskan empat kali atau lebih per tahun.

Manfaat SDF untuk Kesehatan Mulut

Selain berguna untuk mengatasi masalah rongga, ada beberapa manfaat lain dari perak diamine fluoride, seperti:

  • Membunuh bakteri yang memecah permukaan gigi sekaligus menjaga agar tidak menyebar ke area gigi yang lain.
  • Alternatif lebih nyaman untuk pengeboran gigi baik untuk anak atau orang dewasa yang takut dengan prosedur gigi.
  • Membantu bagi pasien yang sensitif terhadap instrumen dan zat yang digunakan selama perawatan.
  • Mencegah gigi berlubang seperti gigi berlubang tembus gigi agar bisa diminimalisir sekaligus pencegahan.
  • Cepat dan tidak membutuhkan peralatan khusus dan biasanya hanya harus dilakukan satu kali setahun.

Efek Samping SDF

Beberapa efek samping yang berbahaya atau negatif ternyata sudah ditemukan dalam penggunaan perak diamine fluoride. Namun SDF ini secara luas dianggap aman oleh dokter gigi bahkan jika digunakan untuk anak kecil. Namun untuk beberapa kondisi tidak diperbolehkan untuk menggunakan SDF seperti alergi perak, ulserasi oral atau sariawan, penyakit gusi lanjut atau kerusakan gigi besar yang sampai mengekspos jaringan lunak gigi di bawah email gigi. Kondisi tersebut bisa menimbulkan reaksi yang menyakitkan dengan asam atau amonia.

Sedangkan satu satunya efek samping umum dari SDF yang sudah dicatat dalam ratusan penelitian adalah pewarnaan hitam di sekitar area SDF diterapkan. Selain itu, SDF juga bisa menodai permukaan ketika bersentuhan saat diaplikasikan seperti pakaian atau jaringan di mulut.

Beberapa penelitian menemukan jika perawatan serupa memakai nano silver fluoride atau NSF membatasi pewarnaan seminimal mungkin. Campuran tersebut juga bisa berubah menjadi hitam ketika terkena cahaya. NSF ini juga mungkin perlu diterapkan lebih sering dibandingkan dengan SDF untuk bisa memiliki tingkat keberhasilan yang sama. SDF menjadi alternatif yang aman dan tidak menyakitkan untuk prosedur pengeboran tradisional. Namun dokter gigi mungkin tidak merekomendasikan SDF dalam setiap masalah gigi berlubang serta juga belum tersedia secara luas seperti perawatan serupa seperti pernis fluoride.