Perawatan Gigi Conventional Bracket

Kawat gigi atau behel adalah sebuah alat bantu yang digunakan oleh dokter gigi untuk memperbaiki susunan gigi dengan cara memberikan tekanan pada gigi dalam periode waktu yang panjang. Menggunakan behel gigi adalah salah satu cara yang paling umum dilakukan  untuk memperbaiki kondisi gigi. Selain untuk alasan kesehatan banyak yang melakukannya untuk alasan kecantikan.

Conventional Braches atau behel metal merupakan tipe bracket yang paling banyak digunakan dan paling murah harganya. Dalam pemakaiannya dapat ditambahkan elastik dari karet yang warna dan bentuknya bermacam – macam sehingga cocok bagi mereka yang ingin tampil beda dan atraktif.

Metal braces atau behel metal merupakan perawatan gigi yang menggunakan karet untuk mengikat antara bracket dengan kawat.  Behel jenis ini dapat digunakan dari kasus ringan hingga sulit dan dapat dikombinasikan dengan karet elastis berbagai warna sehingga terlihat lebih menarik.

Berikut tahapan perawatan yang harus dilakukan jika menggunakan behel metal atau konvensional. Untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, maka kamu harus mengikuti tahapan perawatan sebagai berikut:

Pada pemeriksaan awal ini kamu perlu berkonsultasi dengan dokter gigi yang akan merawat dan mendiskusikan hasil treatment yang diinginkan beserta rencana perawatannya. Dokter gigi akan memberikan surat pengantar untuk melakukan rontgen / xray untuk mengetahui kondisi gigi kamu. Pemeriksaan xray yang dilakukan minimal 2 pemeriksaan, yaitu xray cephalometri dan xray panoramic.

Pemeriksaan xray penting dilakukan untuk mengetahui apakah ada faktor penyulit yang bisa menghambat proses perawatan dengan behel gigi. Kegunaan lain dari xray ini adalah untuk mengetahui bentuk dan hubungan rahang. Selain itu dokter gigi akan membuat model gigi dari bahan cetak sebagai panduan untuk melakukan perawatan sekaligus informasi kondisi gigi awal.

Setelah dokter gigi mempelajari kasus yang dihadapi dan pasien sudah menyetujui rencana perawatan dan hasil yang ingin dicapai maka pemasangan behel gigi bisa dilakukan. Proses pemasangan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam tergantung tingkat kesulitan. Terkadang pemasangan behel gigi dilakukan secara bertahap untuk membantu proses adaptasi pasien terhadap benda asing di dalam mulut.

Selama masa perawatan kamu diwajibkan untuk kontrol rutin dengan dokter gigi yang merawat.  Pasien behel metal atau behel ceramic disarankan melakukan kontrol rutin setiap 3-4 minggu sekali, sedangkan untuk pasien behel damon bisa melakukan kontrol minimal 4-8 minggu sekali.

Dalam kontrol rutin tersebut, dokter gigi akan melakukan pengecekan terhadap kondisi gigi kamu, melakukan penggantian karet pada behel metal ataupun behel ceramic, dan juga mengganti kawat sesuai dengan tahapan yang diperlukan.

Karet elastis yang lama tidak diganti akan menjadi tempat bersarangnya plak dan akan kehilangan daya elastisitasnya sehingga masa perawatan akan semakin lama. Jika pasien mengikuti jadwal kontrol rutin, pada umumnya perawatan bisa selesai dalam waktu 18-36 bulan.

  • Pasca Perawatan

Setelah hasil yang diinginkan tercapai maka dokter gigi akan melepas behel gigi kamu dan melakukan pembersihan menyeluruh. Setelah itu dokter gigi akan melakukan pencetakan kembali pada gigi kamu. Setelah masa perawatan selesai, kamu diwajibkan untuk menggunakan retainer untuk mencegah susunan gigi kembali ke bentuk semula atau relapse.

Masa penggunaan retainer biasanya 2 kali masa perawatan, tapi bisa berbeda tergantung dari keadaan gigi. Jika semua prosedur perawat konvensional behel ini dilakukan secara rutin maka kebersihan dari behel tersebut akan terjaga. Selain itu masa perbaikan gigi juga akan cepat.