Perawatan Gigi High Tech X Ray

Kehadiran dokter gigi dan teknologi perawatan gigi dan mulut terbaru menawarkan berbagai macam bantuan perawatan gigi dan mulut untuk mencegah kerusakan dan kehilangan gigi serta penyakit gusi. Perawatan gigi pada umumnya meliputi tindakan check-up (pemeriksaan rutin),

scaling dan pembersihan, sealants fisura, tambalan dan restorasi, ekstraksi gigi, pemasangan gigi palsu dan perawatan ortodontik. Semua orang, termasuk anak-anak, sebaiknya mengunjungi dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali.

Ingat, gigi permanen tumbuh hanya sekali seumur hidup, tidak ada lagi gigi setelah gigi permanen tanggal atau rusak. Risiko kerusakan gigi, penyakit gusi dan kehilangan gigi dapat diminimalisir dengan cara selalu menjaga kebersihan mulut, diet rendah gula, penggunaan mouthguard ketika berolahraga,

dan berkunjung ke dokter atau profesional kesehatan gigi dan mulut atau spesialisasi dokter gigi lainnya minimal enam bulan sekali. Teknik modern saat ini yang digunakan dokter gigi berarti bahwa perawatan gigi yang diterapkan akan menjadi solusi, dengan tanpa atau minim ketidaknyamanan bagi Anda. Di bawah ini beberapa perawatan yang umum dilakukan oleh dokter gigi. Salah satunya ialah perawatan gigi High-tech X-ray.

  • Apa itu High-tech X-ray ?

Anda pasti membayangkan X-ray atau rontgen adalah model tulang di atas lembaran hitam putih, nah sekarang anda  bayangkan model gigi anda yang berada di atas lembaran tersebut. Saat ini sudah banyak dokter gigi yang sudah mulai memakai X-ray digital untuk menggantikan penggunaan radiografi tradisional. X-ray digital lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan radiografi tradisional dan dapat menjadi teknologi 3D dalam kedokteran gigi.

  • Bagaimana cara kerja x-ray digital?

Pertama-tama, x-ray digital menggunakan sensor elektronik atau piring fosfor yang diletakkan di mulut pasien untuk mengambil gambar. Gambar digital ini nantinya dipindai ke komputer. Para dokter gigi nantinya bisa menyimpan gambar digital

ini di komputer untuk dibandingkan dengan gambar sebelumnya, atau gambar yang akan diambil di masa datang untuk melihat kesehatan gigi Anda dari masa ke masa. Dan karena bantuan sensor dan piring fosfor yang sensitif terhadap X-ray, dosis radiasi dapat berkurang banyak.

  • Apa kegunaan X-ray digital?

X-ray digital dapat digunakan untuk mencari apakah ada gigi yang berlubang, selain itu, X-ray digital ini dapat melihat kekuatan tulang di bawah gigi yang menyokong gigi. Para dokter gigi juga bisa menggunakan teknologi ini untuk melihat tempat peletakkan implan. Implan gigi adalah memasukkan gigi artifisial ke dalam implant (yang terbuat dari titanium)

yang diletakkan di rahang. X-ray digital juga dapat digunakan untuk membantu dokter gigi ahli saluran akar gigi untuk melihat apakah si dokter gigi ini sudah membersihkan saluran tersebut secara bersih seluruhnya selama prosedur berlangsung.

Risiko kerusakan dan kehilangan gigi dan penyakit gusi dapat diminimalisir dengan selalu menjaga kebersihan mulut, diet rendah gula, serta rutin berkunjung ke dokter gigi. Dan juga sangat direkomendasikan bagi setiap orang, termasuk anak-anak, untuk mengunjungi dokter gigi minimal enam bulan sekali.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat.