Sponsors Link

Perawatan Gigi Hipersensitif – Medis dan Non Medis

Sponsors Link

Gigi hipersensitif adalah kondisi gigi yang mengalami kepekaan yang lebih tinggi dibandingkan kondisi gigi normal. Pada usia dewasa rata-rata usia 20 tahun sampai dengan 50 gigi hipersensitif sering dialami. Adapun penyebab gigi hipersensitif adalah erosi enamel dan resesi gusi melalui aktivitas menggosok gigi yang tidak benar dan konsumsi makanan yang tidak benar.

ads

Kemudian anda akan kami ajak ke pembahasan selnajutnya yaitu perawatan gigi hipersensitif. Perawatan gigi hipersensitif sebagai salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah penyebab gigi hipersensitif. Gigi hipersensitif bisa ditangani dengan perawatan secara medis dan non medis. Perawatan gigi hipersensitif secara non-medis dan medis bisa menjadi pilihan anda Berikut ini penjelasan perawatan gigi hipersensitif selengkapnya untuk anda.

Perawatan Gigi Hipersensitif Secara Non-Medis

Perawatan gigi hipersensitif secara non medis adalah perawatan gigi hipersensitif yang bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan dokter gigi. Berikut ini perawatan gigi hipersensitif non medis yang bisa anda lakukan.

1. Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Pada gigi hipersensitif, pemilihan sikat gigi yang benar menjadi penentu masalah gigi hipersensitif. Pentingnya menggosok gigi perlu diketahui oleh anda yang menderita gigi hipersensitif karena kegiatan ini menentukan kondisi gigi hipersensitif anda. Selain itu pemilihan sikat gigi yang tepat untuk gigi hipersensitif adalah sikat gigi dengan memiliki bulu halus dan lembut sehingga saat anda menyikat gigi tidak melukai gigi anda.

2. Teknik Menyikat Gigi

Sejak anak-anak beberapa program sekolah sering mengadakan pelatihan untuk program kesehatan gigi sejak dini melalui pengajaran teknik menyikat gigi dengan benar. Teknik menyikat gigi yang biasa dilakukan ada 3 (tiga) yaitu  menyikat gigi dengan cara membentuk gerakan membulat, vertikal dan horizontal agar. Dengan mengetahui teknik menyikat gigi yang benar, anda yang menderita gigi hipersensitif sangat terbantu karena gigi bersih tanpa menyebabkan gigi hipersensitif.

3. Pilih Pasta Gigi untuk Gigi Hipersensitif

Selain memilih sikat gigi yang tepat dan teknik cara menyikat gigi dengan benar, pemilihan pasta gigi khusus gigi hipersensitif sangat diperlukan. Formula yang terkandung pada pasta gigi hipersensitif berbeda dengan pasta gigi biasa. Novamin atau calcium sodium phosphosilicate dan flouride adalah kandungan yang ada di pasta gigi untuk gigi hipersensitif. Kandungan bahan tersebut mampu menghilangkan dan mengurangi nyeri atau ngilu pada gigi sensitif.

4. Konsumsi Makanan yang Mencegah Gigi Hipersensitif

Makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah gigi hipersensitif adalah makanan yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin dan makanan dan minuman yang asam. Anda pun perlu anda ketahui cara mencegah gigi sensitif lainnya.

Sponsors Link

Kelebihan dan Kelemahan Perawatan Gigi Hipersensitif Secara Non-Medis

Setelah anda mengetahui perawatan gigi secara non-medis kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya sehingga anda bisa memilih ingin melakukan perawatan gigi hipersensitif yang sesuai kondisi anda. Berikut ini penjelasan kelebihan dan kelemahan perawatan gigi hipersensitif secara non-medis.

ads

  • Kelebihan perawatan gigi hipersensitif secara non-medis adalah dapat dilakukan sendiri, mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari, dapat hemat waktu dan biaya.
  • Kelemahan perawatan gigi hipersensitif secara non medis adalah perawatan harus dilakukan dengan rutin. Apabila perawatan gigi hipersensitif tidak dilakukan secara rutin makan hasil yang diharapkan cenderung lebih lama.

Perawatan Gigi Hipersensitif Secara Medis

Perawatan gigi hipersensitif secara medis adalah perawatan gigi hipersensitif menggunakan tenaga dokter gigi ahli. Berikut ini perawatan gigi hipersensitif secara medis yang bisa anda lakukan.

1. Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan saluran akar gigi dilakukan dilakukan apabila pulpa rusak. Perawatan saluran akar gigi dimulai dengan melakukan pembersihan saluran akar gigi, pemberian disinfeksi, diisi dan disegel menggunakan bahan yang disebut gutta-percha. Selanjutnya gigi akan direstorasi menggunakan mahkota gigi atau tambalan. Selain perawatan saluran akar gigi membantu mengatasi gigi hipersensitif namun anda perlu mengetahui efek samping perawatan akar gigi.

2. Bedah Gusi

Prosedur perawatan bedah gusi dilakukan oleh penderita gigi hipersensitif apabila lapisan gusinya telah hilang. Pada prosedur perawatan bedah gusi, dokter gigi akan menambahkan lapisan pelindung pengganti lapisan gusi yang hilang.

3. Pemasangan Crown Gigi (Mahkota Gigi)

Manfaat crown gigi (mahkota gigi) tidak hanya untuk gigi berlubang atau bentuk gigi tidak rapi tetapi bisa digunakan untuk perawatan gigi hipersensitif. Pemasangan crown gigi (mahkota gigi) dilakukan dengan cara menutupi gigi lama dengan gigi palsu.

Kelebihan dan Kekurangan Perawatan Gigi Hipersensitif Secara Medis

Pengetahuan akan perawatan gigi hipersensitif secara medis bisa membantu anda menentukan perawatan apa yang sesuai. Dengan perawatan gigi hipersensitif secara medis, tentunya anda ditangani oleh dokter gigi ahli dan terpercaya sehingga prosedur yang dilakukan aman dan meminimalisir gigi hipersensitif anda. Berikut ini halogigi akan menjelaskan kelebihan dan kelemahan dari perawatan gigi hipersensitif secara medis.

  • Kelebihan dari perawatan gigi hipersensitif secara medis

Adalah waktu yang diperlukan dalam mendapatkan hasil yang maksimal lebih cepat dan prosedur aman karena ditangani oleh dokter gigi ahli.

Sponsors Link

  • Kekurangan dari perawatan gigi hipersensitif secara medis

Adalah perlu mencari dokter gigi yang ahli dan terpercaya supaya prosedur perawatan gigi hipersensitif secara medis aman apabila anda belum pernah melakukan perawatan gigi hipersensitif. Biaya perawatan gigi hipersensitif secara medis cenderung lebih mahal dibandingkan dengan perawatan gigi hipersensitif secara non-medis.

Demikian penjelasan halogigi terkait perawatan gigi hipersensitif secara medis dan non medis. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda sekalian. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi