Sponsors Link

Perawatan Retainer Gigi Terlengkap yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Gigi yang putih, bersih, dan rapih susunannya merupakan idaman setiap orang. Untuk mendapatkan gigi yang diidamkan tersebut tentunya memerlukan perawatan sejak usia dini. Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar merupakan hal utama yang harus dilakukan.

ads

Apabila gigi sudah tidak beraturan letak dan susunannya, tentunya akan berdampak pada kesehatan maupun psikologis. Bahaya gigi berantakan saat ini dapat disiasati dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan kawat gigi atau behel (anda dapat membaca artikel terkait tentang manfaat gigi behel).

Setelah penggunaan behel dinyatakan selesai oleh dokter gigi anda, maka ada hal lainnya yang harus anda lakukan. Hal tersebut antara lain yaitu retainer gigi. Apakah retainer gigi itu? Dalam artikel ini akan di bahas tentang pengertian retainer gigi, mengapa retainer gigi diperlukan, dan bagaimana perawatan retainer gigi yang harus anda lakukan.

Pengertian Retainer Gigi

Retainer gigi adalah sebuah alat ortodontik yang berfungsi untuk menjaga letak susunan gigi atau sebagai penahan gigi. Gigi – gigi yang letaknya berantakan atau tidak rapih, akan di rapihkan dengan mengunakan kawat gigi. Setelah perawatan menggunakan kawat gigi selesai dan gigi geligi sudah rapih dan teratur letaknya, maka kawat gigi dapat di lepas. Setelah kawat gigi di lepas, kemudian di perlukan perawatan lanjutan yaitu dengan retainer gigi.

Ada beberapa jenis retainer gigi, antara lain:

  • Hawley Retainer

Hawley retainer merupakan jenis retainer yang sering digunakan. Retainer ini di bagian depannya terbuat dari kawat dan pada bagian belakangnya terbuat dari plastik transparan. Retainer ini tidak permanen dan dapat di lepas pasang.

  • Clear Retainer

Jenis retainer ini juga tidak permanen sehingga mudah di lepas pasang dan merupakan jenis yang sering digunakan. Terbuat dari bahan yang berwarna transparan, sehingga tidak akan terlihat jika anda menggunakannya. Retainer ini dipasang menyarungi gigi. Kelebihan retainer ini yaitu tidak terlihat jika anda memakainnya, sementara kekurangannya yaitu dapat menjadi aus karena sering di lepas pasang.

  • Fixed Retainer

Fixed retainer merupakan retainer permanen yang tidak dapat di lepas pasang. Retainer ini terbuat dari benang fiber yang dilekatkan pada gigi. Kelebihan retainer ini tidak perlu takut menjadi aus karena sering dilepas, namun retainer jenis ini jarang digunakan.

Mengapa Retainer Gigi Diperlukan ?

Setelah kawat gigi dilepas, mengapa retainer gigi perlu dilakukan? Retainer gigi perlu dilakukan agar gigi – gigi yang sudah rapih tidak kembali lagi ke posisi semula. Tulang rahang dan jaringan halus kemungkinan masih belum dapat menahan gigi pada posisinya yang baru, sehingga dapat kembali lagi ke posisi lama jika tidak dilakukan penahanan. Oleh sebab itulah retainer atau penahan gigi diperlukan.

Sponsors Link

Perawatan Retainer Gigi

Seperti halnya kawat gigi atau behel yang memerlukan perawatan (cara perawatan behel permanen), perawatan terhadap retainer juga tak kalah penting. Untuk menjaga agar retainer gigi anda tetap bersih dan steril perawatannya harus dilakukan setiap hari dengan benar dan teratur. Lalu bagaimanakah perawatan retainer gigi yang baik dan benar? Berikut ini ada beberapa perawatan retainer gigi yang dapat anda lakukan:

  1. Menyikat Gigi Dengan Benar dan Teratur

Baik memakai retainer maupun tidak, membersihkan gigi dan mulut secara benar dan teratur adalah hal yang wajib anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Sikatlah gigi dua kali sehari, setelah sarapan pagi dan sebelum tidur di malam hari. Cara menyikat gigi dengan benar dapat mencegah timbulnya penyakit gigi yang dapat mempengaruhi kesehatan organ penting lainnya (anda dapat membaca artikel tentang jenis-jenis penyakit gigi). Apalagi jika anda menggunakan retainer gigi (anda juga dapat membaca artikel tertait tentang merawat retainer gigi). Untuk mencegah timbulnya bau mulut dan sisa – sisa makanan yang masuk kedalam retainer gigi, kebersihannya harus selalu dijaga.

  1. Membersihkan Retainer Secara Terpisah

Jika anda menggunakan retainer yang bisa di lepas pasang, maka bersihkanlah retainer anda setiap hari. Berikut beberapa langkah membersihkan retainer anda.

  • Lepaskan retainer, kemudian cucilah dengan air dingin.
  • Jika anda tidak sedang memakainya, maka simpanlah retainer ditempat yang kering, tidak lembab maupun panas, dan pada tempat yang tertutup. Contohnya seperti kantong plastik atau kotak plastik yang ada tutupnya, agar tidak tertempel debu maupun kotoran lainnya. Hal ini dimaksud agar retainer anda tetap steril.
  • Hindari membersihkan retainer menggunakan pasta gigi agar permukaan retainer tidak tergores.
  • Bersihkan lah retainer dengan sikat gigi yang berbulu lembut, dan gosoklah secara perlahan – lahan.
  • Hindari retainer dari terkena air yang panas, hal ini akan menyebabkan retainer rusak dan meleleh.
  • Bersihkan retainer dengan pembersih khusus retainer setiap 2 atau 3 bulan sekali.
    Sponsors Link

  1. Menggunakan Dental Floss

Menggunakan dental floss atau benang gigi setelah menyikat gigi sangat dianjurkan. Dental floss dapat menjangkau sisa – sisa makan yang terselip di sela – sela gigi dan tidak terjangkau oleh sikat gigi. Anda dapat membaca artikel terkait tentang cara membersihkan gigi dengan benang gigi.

  1. Menghindari Makanan Yang Dapat Merusak Retainer

Selain membersihkan gigi dan retainer, alangkah baiknya jika anda juga menjaga pola makan anda. Hindarilah makanan – makanan yang dapat merusak retainer. Contohnya seperti makanan yang keras dan padat, yang sulit untuk digigit. Pilihlah makanan – makanan yang lembut dan cendrung lunak. Selain itu juga makanan yang menguatkan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi.

  1. Menggunakan Pembersih Retainer Gigi yang Tepat

Konsultasikan dengan dokter gigi anda pembersih retainer yang khusus dan memang tepat untuk menjaga agar retainer anda awet dan tidak mudah rusak.

Perawatan retainer gigi, jenis, dan alasannya yang telah dijabarkan diatas semoga dapat membantu anda mengatasi masalah pada gigi anda maupun keluarga. Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Ikuti terus artikel- artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini