Sponsors Link

Perawatan Setelah Cabut Gigi

Sponsors Link

Gigi merupakan salah satu organ penting yang setiap hari kita gunakan untuk mengunyah makanan. Oleh sebab itu menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap hari. Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar adalah dua hal yang harus diajarkan kepada anak – anak sejak dini. Hal ini disebabkan karena gigi yang sehat akan terbawa hingga dewasa. Sebaliknya jika gigi tidak terjaga sejak kecil, maka hingga dewasa dapat mengganggu kesehatan organ tubuh yang lainnya.

ads

Salah satu akibat kurang menjaga kebersihan gigi adalah harus kehilangan gigi atau gigi ompong, anda dapat membaca bahaya gigi ompong dan efek samping gigi ompong. Apabila akhirnya gigi anda harus dicabut, maka akan ada gusi yang terluka. Oleh sebab itu ada hal lain yang harus anda lakukan yaitu perawatan setelah cabut gigi. Perawatan setelah cabut gigi yang tidak tepat dapat mengakibatkan infeksi dan memperlambat penyembuhan luka, bahkan hal lain yang lebih buruk bisa terjadi terhadap kesehatan anda. Berikut ini ada beberapa perawatan yang harus dilakukan.

Perawatan Setelah Cabut Gigi

  1. Menghentikan Pendarahan Dengan Kasa Steril

Hentikan pendarahan dengan cara meletakkan kain kasa steril pada luka bekas gigi yang dicabut. Kemudian gigit kain kasa tersebut, tetapi jangan terlalu keras. Hindari berbicara, meludah, dan bersin. Hal ini dapat melonggarkan kain kasa, mengganggu pembekuan darah dan membuat luka kembali berdarah. Cabut kain kasa setelah 30 – 45 menit, ganti dengan yang baru jika luka masih mengeluarkan darah. Anda dapat membaca tentang bahaya mencabut gigi saat masih sakit dan efek mencabut gigi yang sedang sakit.

  1. Membuat Nyaman Dengan Es Batu

Untuk mencegah pembengkakan, tempelkan kantong berisi es batu pada pipi daerah gigi yang dicabut selama lebih kurang  10 – 20 menit. Lakukan beberapa kali pada 12 – 24 jam pertama setelah gigi anda dicabut. Anda juga dapat mengompres area luar mulut dimana tempat gigi dicabut dengan kompres air hangat. Anda akan merasa lebih nyaman dan releks.

  1. Posisi Saat Berbaring

Pada saat berbaring atau tidur, posisikan kepala lebih tinggi dari badan pada 12 -24 jam pertama setelah cabut gigi.

  1. Jangan Ganggu Luka

Luka bekas cabutan gigi jangan diganggu, baik menggunakan lidah maupun jari. Karena hal ini dapat menyebabkan infeksi, dan menghambat penyembuhan luka. Anda dapat membaca tentang  manfaat cabut gigi geraham dan manfaat cabut gigi berlubang.

  1. Kebiasaan yang Harus Dihindari

Hindari merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol maupun bersoda. Nikotin dan alkohol sangat keras untuk luka yang belum kering. Sementara soda dapat mengurai gumpalan darah sehingga membuat darah lambat untuk membeku.

  1. Hindari Meludah

Hindari terlalu banyak membuang ludah anda. Ludah adalah anti septik alami yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri. Ludah dapat mempercepat penyembuhan luka dan pembekuan darah. Terlalu banyak meludah akan memperlambat proses pembekuan darah, dan otomatis anda akan kehilangan anti septik alami yang ada pada ludah untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri.

  1. Makanan yang Harus Dikonsumsi

Konsumsilah makanan yang lunak seperti bubur, sup, kentang rebus, dll. Selain itu konsumsi makanan ringan yang dingin seperti yoghurt dan es krim akan membuat anda lebih nyaman dan rahang tidak bekerja terlalu berat untuk mengunyah. Seiring luka mengering, barulah perlahan – lahan anda menambahkan makanan padat sebagai menu diet anda.

  1. Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pada masa perawatan setelah mencabut gigi antara lain,

  • Makanan yang pedas, karena makanan yang terlalu pedas dapat mengakibatkan iritasi pada area bekas luka.
  • Makanan yang kerasa, karena makanan yang keras akan membuat kerja rahang menjadi lebih berat.sehingga luka akan terasa sakit.
  • Makanan yang lengket. Makanan lengket gampang menempel pada gigi, bekas luka yang belum kering akan mengalami iritasi jika dilengketi oleh makanan.
  • Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin, hal ini disebabkan gusi masih terlalu sensitif sehingga anda akan merasa kurang nyaman.
  • Makanan dan minuman yang terlalu asam. Pada masa penyembuhan, dimana area mulut masih sangat sensitif sebaiknya dihindari. Hal ini untuk kenyamanan anda, karena makanan dan minuman yang terlalu asam akan sangat menyengat terasa dimulut anda.
  • Minuman yang mengandung soda, karena soda dapat mengurai gumpalan darah.
  • Minuman yang mengandung kafein dan alkohol, hal ini disebabkan kafein dan alkohol bersifat diuretic yang membuat tubuh banyak kehilangan cairan. Sementara didalam masa perawatan, tubuh kita memerlukan banyak cairan.
  1. Obat – obatan

Untuk obat – obatan seperti obat pereda nyeri dan antibiotik, konsumsilah obat yang dianjurkan dokter. Anda dapat membaca tentang  obat sakit gigi paling ampuh dan obat pereda sakit gigi berlubang.

  1. Berkumur Air Garam

Untuk mencegah infeksi bakteri dengan cara alami, anda dapat berkumur dengan air garam pada hari kedua setelah cabut gigi. Siapkan segelas air hangat, campur dengan 1 sendok teh garam dapur. Berkumurlah perlahan – lahan dan lakukan 2 – 3 kali sehari.

  1. Menyikat Gigi

Sikatlah gigi dengan menggunakan sikat gigi yang bulu sikatnya lembut. Pada daerah bekas gigi dicabut dimana lukanya masih belum kering, lakukan dengan sangat perlahan dan hati – hati.

  1. Kurangi Aktifitas

Kerangilah aktifitas – aktifitas yang berat seperti berolah raga dan mengangkat barang – barang yang berat. Hal ini dapat memperlambat penyembuhan luka. Lakukan cukup istirahat, sampai luka benar – benar tertutup dan sembuh.

Begitulah beberapa perawatan setelah cabut gigi yang harus dilakukan untuk kenyamana anda, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan luka. Ingatalah bahwa mencabut gigi sama dengan operasi. Oleh sebab itulah diperlukan perawatan yang serius setelah pencabutan gigi. Selain area rongga mulut, tubuh anda juga memerlukan istirahat yang cukup.

Demikianlah artikel singkat ini semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca. Nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi