Sponsors Link

Perbedaan Polip Pulpa dan Polip Gingiva yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Perbedaan polip pulpa dan polip gingiva adalah informasi terkait apa saja jenis polip yang mungkin menyerang bagian gigi anda dan membuat anda mengalami gangguan kesehatan gigi. Polip adalah sejenis tumbuhnya daging pada bagian gigi anda. Karena tumbuh daging di gigi berlubang, maka sering juga polip dikenal dengan istilah tumor gigi. Namun, perlu anda ketahui bahwa polip yang disebut sebagai tumor ini adalah jenis tumor jinak.

ads

Bahasa medis dari polip adalah hiperplastik kronis. Polip yang menyerang gigi jika dibagi dalam macam macam polip gigi diketahui ada 3 macamnya. Ketiga macam polip gigi tersebut antara lain adalah polip pulpa, polip gingiva, dan juga polip furkasio. Ketiga jenis ini memiliki ciri ciri masing masing yang membedakannya dari jenis polip lainnya. Namun secara umum memang polip pulpa dan gingiva adalah jenis yang paling populer di masyarakat. Maksud dari populer pada masyarakat ini adalah bagaimana jenis polip yang mana yang sering diderita oleh masyarakat.

Walau kedua jenis polip yang disebutkan di atas sudah cukup banyak diderita oleh masyarakat, ternyata masih ada dari masyarakat yang tidak bisa membedakan keduanya. Sebenarnya ada cukup banyak hal yang terdapat pada pulpa yang dapat menjadi pembeda satu sama lain. Hanya saja informasi khusus yang membahas hal ini memang belum banyak ditemukan. Agar memudahkan anda mempelajari apa perbedaan dari masing masing polip yang menyerang dan apakah ada resiko bahaya dari jenis polip tersebut, maka pada bagian di bawah ini akan dijelaskan berbagai perbedaan dari polip pulpa dan polip gingiva.

Perbedaan Polip Pulpa dan Polip Gingiva

Bagian sebelumnya telah menyebutkan bahwa ada 2 dari 3 jenis polip gigi yang banyak dialami oleh masyarakat. Bagian berikut ini akan membahas lebih dalam mengenai kedua jenis polip gigi tersebut untuk digunakan sebagai informasi yang memudahkan masyarakat dalam  melakukan penanggulangan dan pencegahan dari penyebab polip gigi yang mungkin dihadapinya karena gigi berlubang tumbuh daging. Oleh sebab itu, ketahuilah sedikitnya 5 hal yang dapat membedakan kedua jenis pulpa tersebut.

  1. Perbedaan dalam Hal Permukaan Polip

Hal pertama yang dapat membedakan polip pulpa dan polip gingiva adalah melalui tekstur dari permukaan polip yang muncul tersebut. Polip atau tumor yang tumbuh di jaringan gigi memang sangat berbahaya. Pada polip pulpa, permukaan dari tumor akan terasa lebih kasar dan berbentuk seperti benjol-benjol. Sedangkan pada jenis polip gingiva anda akan merasakan permukaan dari polip sangat halus layaknya sebuah gingiva.

  1. Perbedaan dalam Hal Warna dari Polip

Selanjutnya, anda pun dapat mengetahui bahwa polip pada gigi anda akan memiliki perbedaan warna pada jenis polip yang berbeda. Warna polip pada hal ini menunjuk bagaimana daging tumbuh yang seperti tumor pada gigi anda muncul dengan warnanya. Tentu tumor dengan gusi yang sehat akan memiliki warna yang berbeda, jadi warna itulah yang menjadi rujukan anda untuk mempertanyakan apakah ada polip yang tumbuh di sekitar gigi anda. Polip dengan jenis polip pulpa memiliki warna merah tua dan gelap, sedangkan pada jenis polip gingiva warna polip lebih merah mudah seperti pink.

Sponsors Link

  1. Perbedaan dalam Hal Asal dari Polip

Hal lain yang dapat membantu anda membedakan apa jenis polip gigi yang anda alami adalah melalui asal mula dan penyebab dari polip ini. Kali ini ada dua jenis polip yang dapat anda bedakan melalui asal dari polip itu. Jenis polip yang pertama adalah polip pulpa, jenis polip yang satu ini berasal dari bagian pulpa tentunya sesuai dengan namanya. Pulpa adalah bagian tengah gigi yang menjadi pusat jaringan gigi. Selanjutnya, terkait polip gingiva, jenis polip ini berasal dari gangguan pada jaringan ikat di bagian gingiva gigi anda berupa karies gigi.

  1. Perbedaan dalam Hal Kepekaan Kondisi Polip

Anda kemudian juga dapat menggunakan kepekaan dari kondisi polip untuk mengetahui jenis polip tersebut. Kepekaan dalam hal ini menunjuk bagaimana polip di gigi anda kemudian mempengaruhi kondisi mulut anda secara umum. Kepekaan dari polip pulpa misalnya, ternyata lebih mudah berdarah dan bengkak. Hal ini berbeda dengan jenis polip gingiva. Polip gingiva tidak mudah berdarah pada bagian yang tumbuh polip tadi.

Sponsors Link

  1. Perbedaan dalam Hal Upaya Perawatan

Terakhir, anda pun dapat menemukan perbedaan dalam cara perawatan kedua jenis polip yang sudah disebutkan sebelumnya. Yaitu ketika anda menderita polip pulpa, maka jenis perawatan yang anda akan terima adalah jenis PSA atau perawatan saluran akar. Jenis perawatan ini juga dilakukan pada penderita polip gingiva, akan tetapi juga diikuti dengan jenis perawatan EXO, yaitu dengan merawat bagian pulpa dari gigi bungsu saja. Namun setiap perawatan memiliki efek samping, jadi ketahui juga apa saja efek samping perawatan akar gigi atau perawatan lainnya.

Demikianlah tadi informasi lengkap mengenai setidaknya 5 hal yang menjadi perbedaan polip pulpa dan polip gingiva. Informasi mengenai keenam perbedaan di atas diharapkan dapat membantu anda untuk lebih berhati hati dan waspada. Segera ketahui ciri ciri polip gigi yang anda alami dan bagaimana anda dapat mengetahui jenis polip gigi tersebut dari 6 hal yang disebutkan di atas. Semoga anda dapat segera mengatasi masalah polip gigi ini, pasalnya  jika terlambat polip gigi dapat menjadi awal mula dari kanker gigi gusi juga. Jadi tetaplah semangat untuk menjaga kesehatan gigi dan mengatasi polip gigi anda apapun jenisnya.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini