Periksa Gigi Anak Pertama Kali Oleh Dokter

American Dental Association dan juga American Academy of Pediatric Dentistry mengatakan jika kunjungan anak ke dokter gigi disarankan dilakukan sejak anak berumur 6 bulan sejak gigi pertamanya sudah tumbuh dan sebelum ulang tahun pertama mereka. Menjaga kesehatan gigi anak sejak dini menjadi kunci terpenting agar anak bisa terhindar dari kerusakan gigi yang sangat umum terjadi. Dengan pemeriksaan gigi, maka akan membantu gigi anak agar tetap terjaga kesehatannya. Bagi anak anak khususnya balita, periksa gigi anak pertama kali memang terkadang cukup menakutkan sebab mereka masih belum mengerti ditambah dengan alat alat yang terlihat aneh dan suara yang keras sehingga menyebabkan anak anak merasa ketakutan. Namun sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk menanamkan pada anak jika pergi ke dokter gigi adalah hal yang menyenangkan dan tentunya memiliki banyak manfaat.

Apa yang Dilakukan Dokter Ketika Periksa Gigi Pertama?

Periksa gigi anak pertama kali biasanya dilakukan dengan singkat sebab dokter hanya melakukan beberapa perawatan ringan saja meski terkadang juga menggunakan alat dokter gigi. Pada kunjungan tersebut, anak akan mendapat kesempatan untuk bertemu dengan dokter gigi dengan cara yang menyenangkan. Beberapa dokter gigi umumnya juga akan memperbolehkan orang tua agar bisa duduk di bangku perawatan dan menemani anak selama proses pemeriksaan sedang dilakukan.

Sedangkan sebagian dokter gigi akan meminta orang tua untuk menunggu di luar ruangan ketika perawatan sedang dilakukan dengan tujuan untuk membangun hubungan antara anak dengan dokter gigi supaya semakin dekat.

Selama pemeriksaan gigi, dokter akan memeriksa apakah ada gigi anak yang mengalami penyebab gigi busuk pada anak, memeriksa gigitan anak dan segala masalah yang berpotensi pada rahang, gusi dan juga jaringan mulut. Apabila memang diperlukan, maka dokter juga akan membersihkan gigi anak serta melihat kebutuhan fluoride pada gigi anak. Fluoride ini berguna untuk mencegah kerusakan gigi dengan cara membuat gigi bisa lebih tahan terhadap serangan asam dari bakteri plak pada gigi dan juga gula.

Dokter nantinya juga akan memberitahu orang tua mengenai beberapa dasar cara merawat kesehatan mulut anak dan berdiskusi tentang perkembangan gigi anak. Beberapa topik yang biasanya didiskusikan dokter gigi diantaranya adalah:

  • Praktik kebersihan mulut yang baik untuk gigi, gusi serta rongga gigi anak.
  • Kebutuhan fluoride.
  • Kebiasaan berhubungan dengan mulut seperti menghisap ibu jari atau menghisap dan menggigit bibir.
  • Mengatasi masalah tumbuh gigi pada anak.
  • Nutrisi terbaik untuk gigi anak.
  • Jadwal pemeriksaan gigi.

Untuk jadwal pemeriksaan gigi, umumnya dokter akan menganjurkan sebanyak 6 bulan sekali yang dilakukan tidak hanya untuk melihat perkembangan gigi namun juga untuk membangun kedekatan serta kepercayaan anak pada dokter.

Dokter Gigi Spesialis Anak atau Dokter Gigi Biasa?

Pada saat ingin periksa gigi anak, mungkin orang tua akan bingung dengan perbedaan dokter gigi spesialis anak dengan dokter gigi biasa dan memang pada kenyataannya kedua dokter ini memiliki perbedaan. Dokter gigi spesialis anak mempunyai dua tahun pelatihan tambahan di luar sekolah kedokteran gigi yang berguna agar lebih fokus pada pengelolaan dan juga perawatan gigi anak, perilaku anak, perkembangan fisik anak anak dan beberapa hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan khusus anak terkait kesehatan mulut dan gigi seperti kelainan gigi susu.

Sebenarnya, dokter gigi biasa juga bisa menangani perawatan kesehatan gigi dan mulut pada anak, namun biasanya akan ada nilai plus jika membawa anak anda periksa ke dokter gigi spesialis anak. Dokter gigi, staf sampai dekorasi ruangan biasanya akan disesuaikan dengan anak anak yang tentu bisa membuat anak merasa lebih nyaman sekaligus mengurangi ketakutan ketika berkunjung ke dokter. Bahkan, dokter gigi juga terkadang bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk anak anak. 

Kapan X-ray Gigi Pertama?

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus tentang kapan anak harus mulai melakukan x-ray gigi. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah beberapa anak biasanya harus melakukan prosedur ini lebih awal yakni anak yang memiliki masalah gigi seperti memakai dot, mengetahui macam macam gigi, memiliki masalah gigi sumbing atau masalah di langit langit mulut.

Biasanya, ini akan dilakukan ketika anak sudah berumur 5 sampai 6 tahun yakni ketika usia gigi dewasa mulai tumbuh. Sinar X ini berguna untuk membantu dokter melihat semua gigi dewasa yang tumbuh di rahang untuk melihat apakah semua gigi bisa tumbuh dengan ciri gigi sehat dan dalam keadaan yang bersih.