Sponsors Link

Perubahan Warna Gigi : Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Seperti lirik lagu yang mengatakan “ senyumanmu masih jelas terasa  hadir selalu “  nah sobat semua, tentunya sobat pernah mendengar lirik lagu ini ya. Seperti yang sudah pernah penulis bahas dalam artikel sebelumnya, bahwasanya gigi merupakan salah satu piranti yang sangat penting dan tergolong vital fungsinya bagi tubuh kita khusunya dalam sistem pencernaan, jika  gigi anda bermasalah maka bisa dipastikan akan berdampak pada beberapa aspek dalam tubuh anda yang lainnya.

ads

Dan fakta menarik nih sobat, bahwasanya gigi ini adalah salah satu faktor pendukung indahnya senyuman yang terukir di wajah anda, seseorang bisa terkesima dan kagum pada anda lewat indahnya senyuman pada wajah anda yang tentunya didukung oleh indahnya gigi yang tersemat dalam mulut anda. Setuju ya sobat.

Tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya , pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai kesehatan gigi. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama kesehatan gigi ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita jaga kesehatannya.

Karena jika sekali gigi bermasalah akan mengundang masalah lainnya yang akan timbul. Adapun salah satu masalah pada gigi yang sering dan sering kita alami adalah seperti perubahan warna gigi. Nah apakah sobat semua adalah salah satu yang mengalaminya sobat? Jika iya ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada artikel kali ini penulis akan mengulasnya secara detail buat anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.  Check It Out !

Penyebab Perubahan Warna Gigi

Pada umumnya perubahan warna gigi yang sering terjadi tidak terlepas dari makanan dan minuman yang anda konsumsi sehari – harinya. Apalagi pada saat mengonsumsi makanan dan minuman tersebut anda tidak menggosok gigi yang pada akhirnya berdampak buruk bagi gigi anda, dan salah satunya adalah perubahan warna gigi anda. Oleh karen itu anda harus mengetahui jenis makanan dan minuman yang bisa merusak keaslian warna email gigi anda.

1. Terlalu Sering Minum Kopi

Penyebab perubahan warna gigi yang pertama adalah karena terlalu sering mengonsumsi kopi. Kopi merupakann salah satu minuman yang nikmat dan bikin semangat di pagi hari, setuju ya sobat. Namun satu hal yang harus anda ketahui sobat, bahwasanya kopi ini memiliki zat kafein atau tanel yang dapat merubah bagian terluar gigi anda, yakni enamel gigi.

Jika enamel ini sudah terjadi kerusakan gigi, biasanya akan diikuti oleh perubahan warna gigi anda apalagi tidak dibarengi dengan perawatan gigi yang teratur. Maka gigi rapuhgigi sensitif, bahkan gigi hipersensitif sulit dihindari. Untuk itu jangan mengonsumsi kopi terlalu sering ya sobat, dan lakukan perawatan gigi secara teratur.

2. Terlalu Sering Minum Teh

Penyebab perubahan warna gigi yang kedua adalah karena terlalu sering minum teh. Bukan hanya kopi saja sobat, terlalu banyak minum teh juga tidak baik untuk anda sobat. Hal ini diakibatkan oleh zat tanin yang ada dalam teh tersebut adalah zat yang bisa mengikis enamel gigi anda yang bisa merubah warna gigi itu sendiri. Untuk itu sobat, sebaiknya kurangi minum teh tersebut serta barengin dengan perawatan gigi yang baik ya sobat.

Sponsors Link

3. Minum Alkohol Dan Minuman Bersoda

Penyebab perubahan warna gigi yang ketiga adalah karena minum alkohol dan  minuman bersoda. Kalau yang satu ini tidak usah ditanyakan ya sobat, minuman beralkohol dan bersoda pada umumnya tidak baik untuk kesehatan gigi anda sobat, apalagi dibarengi dengan merokok.

Jika mau minuman beralkohol atau bersoda sah – sah saja ya sobat, namun dalam batas yang cukup dan setelah itu lakukan perawatan gigi agar senyawa kimia yang terdapat pada minuman tersebut tidak merusak warna gigi anda. Mengingat minuman alkohol dan bersoda merupakan kebiasaan yang membuat gigi kuning jika tidak dirawat, maka anda wajib memperhatikannya.

ads

Pencegahan Perubahan Warna Gigi

Adapun yang biasa anda lakukan untuk mencegah perubahan warna gigi antara lain adalah sebagi berikut :

  • Rajin Merawat Gigi

Cara pencegahan warna gigi yang pertama adalah dengan rajin merawat gigi. Merawat gigi dalam hal ini bukan berarti harus merawat ke dokter gigi atau menggunaan tenaga medis ya sobat, namun merawat gigi dalam pembahasan kali ini adalah dengan rajin menggosok gigi paling tidak dua kali sehari dan sebelum tidur.

Ini adalah langkah utama dan yang paling penting dari perawatan semua gigi, termasuk untuk mencegah perubahan warna gigi anda. pentingnya menggosok gigi memang sudah tidak diragukan lagi dan terbukti membantu menjaga kesehatan gigi itu sendiri.

  • Rajinlah Mengunyah Permen Karet Yang Mengandung Xylitol

Cara pencegahan warna gigi yang kedua adalah dengan rajin mengunyah permen karet yang mengandung xylitol. Kandungan xylitol yang terdapat dalam permen karet bukan hanya membuat nafas anda segar sobat, namun yang terpenting dari itu adalah fungsi xylitol ini juga berperan untuk menjaga warna gigi anda tetap putih dan memperkuat enamel gigi anda. manfaat permen karet dengan kandungan xylitol bagi gigi disini memang wajib anda berikan perhatian khusus.

  • Konsumsilah Buah Dan Sayur Segar

Cara pencegahan warna gigi yang ketiga adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang segar. Kalau yang satu ini tidak usah ditanya tentunya kita semua sudah tau ya sobat, bahwasannya sayur dan buah segar kaya akan vitamin yang bisa menjaga kesehatan gigi anda. Jika gigi anda sehat, maka warna gigi anda juga tentunya akan terawatt.

Cara Mengatasi Perubahan Warna Gigi

Adapun cara untuk mengatasi perubahan warna gigi antara laina adalah sebagai berikut :

Bleaching Gigi

Cara mengatasi warna gigi yang pertama adalah dengan bleacing gigi. Bleaching gigi merupaka teknik pemutihan gigi yang menggunakan tenaga medis untuk bisa mengembalikan warna gigi anda dengan menggunakan obat yang berbau kimia. Namun lakukan hal ini atas anjuran dokter gigi anda ya sobat.

  • Scalling Gigi

Cara mengatasi warna gigi yang kedua adalah dengan scalling gigi. Scalling gigi ini bisa anda lakukan apabila warna gigi anda sudah cenderung rusak parah. Teknik scalling gigi ini akan menghilangkan warna kehitaman pada gigi anda sehingga telihat tampak puith dan bersih. Namun jangan terlalu sering melakukan teknik ini ya sobat, agar tidak merusak enamel gigi anda.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua mengenai perubahan warna gigi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda serta bisa menjadi refrensi buat anda ya sobat. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis, salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini