Sponsors Link

Pijat Sakit Gigi Geraham

Sponsors Link

Hampir setiap orang didunia ini pernah merasakan sakit gigi. Pernahkah anda merasakan sakit gigi? Beruntunglah anda yang belum pernah merasakan sakit gigi. Sakit gigi atau nyeri gigi dapat mengganggu aktifitas sehari – hari. Apalagi bila sakitnya sudah sampai ke kepala, anda akan merasa sangat tidak nyaman dan gampang tersulut emosi.

ads

Sakit gigi dapat terjadi pada siapa saja, baik anak – anak maupun orang dewasa. Bila sakit gigi terjadi, ada baiknya anda mencoba melakukan beberapa pijat – pijatan yang dapat meredakan sakit gigi. Hal ini dapat anda lakukan sebelum anda mengkonsumsi obat sakit gigi paling ampuh atau pergi mengunjungi dokter gigi

Pijat sakit gigi geraham yang akan kita bahas kali ini, semoga dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi yang anda derita saat ini. Berikut ini beberapa pijatan yang dapat anda lakukan.

Pjat Sakit Gigi Geraham

  1. Pada Titik Stomach 6 (ST6)

Titik stomach 6 disebut juga dengan Jaw Chariot yang letaknya tepat ditengah – tengah rahang atas dan bawah. Tepatnya pada otot daun telinga yang menonjol keluar saat gigi belakang terkatup. Gunakan kedua ibu jari tangan anda untuk memijit pada titik ini secara perlahan selama lebih kurang 1 menit. Pijatan pada titik ini sangat efektif untuk menghilangkan sakit gigi pada rahang bawah dan beberapa penyakit lain seperti pembengkakan pipi, sakit rahang, kejang, dan mulut bengkok.

  1. Pada Titik Small Intestine 18 (SI18)

Titik small intestine 18 juga disebut sebagai titik lubang tulang pipi. Letaknya tepat pada tepi bawah tulang pipi, dari sudut luar mata lurus kebawah. Caranya sama, yaitu gunakan kedua ibu jari tangan anda untuk memijatnnya secara perlahan dan terus menerus selama lebih kurang 1 menit. Pijatan pada titik ini sangat baik untuk mengurangi nyeri pada gigi anda karena karies gigi, mengobati kelopak mata yang berkedut, kejang pada otot wajah, juga kelumpuhan pada otot wajah.

 

  1. Pada Titik 1 – Sian Kuan

Titik 1 pada gambar disebut juga titik Sian Kuan. Letak titik ini tepatnya didepan telinga, dibawah rambut pelipis. Gunakan kedua jari telunjuk tangan anda untuk melakukan pijatan pada titik ini secara perlahan. Pijatan ini akan membuat anda merasa nyaman dan dapat mengurangi rasa sakit pada gigi anda.

  1. Pada Titik 2 – Se Pai

Titik ke 2 pada gambar disebut juga titik Se Pai. Titik ini berada di bawah tulang mata yang menonjol. Raba dan temukan ada urat disana, pijat dengan perlahan sampai rasa sakit gigi anda berkurang.

  1. Pada Titik 3 – Cia Ce

Titik ke 3 pada gambar adalah titik Cia Ce. Titik ini merupakan titik benjolan otot, terletak di belakang rahang. Cara untuk menandai titik ini yaitu dengan menggigit kesuatu yang keras, apabila muncul benjolan otot, maka itulah titik Cia Ce. Titik ini dapat mengurangi rasa sakit gigi anda, dengan cara memijat perlahan dengan kedua ibu jari tangan anda.

  1. Pada Titik 4 – Ta Yin

Titik ke 4 pada gambar yaitu titik Ta Yin. Titik ini terletak pada akar gigi geraham yang ke dua. Saat melakukan pijatan pada titik ini akan terasa sakit, namun pijatan pada titik ini dapat membantu mengurangi sakit gigi.

  1. Pada Titik 5 – I Fung

Titik ke 5 pada gambar di sebut titik I Fung. Titik ini berada di bawah rahang bawah bagian belakang. Lakukan pemijatan perlahan pada titik ini, setelah pijatan gerakkan gigi dan rahang. Bila terasa enak, lanjutkan pemijatan sampai sakit gigi berkurang.

  1. Pada Titik San Jiao 2

Titik San Jiao 2 tepatnya berada di antara jari kelingking dan jari manis. Tekan titik ini agak kuat selama lebih kurang 1 menit. Selain untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, titik ini juga dapat meredakan sakit kepala, sakit tenggorokan dan sakit pada telinga.

  1. Pada Titik San Jiao 5

Titik San Jiao 5 berada pada pergelangan tangan, tepatnya pada tulang hasta dan tulang pengumpil. Terdapat  dua titik San Jiao 5 yang dapat mengurangi sakit gigi. Lakukan pijatan pada titik tersebut dengan menggunakan jari tengah dan telunjuk anda.

  1. Pada Titik – titik Saraf di Belakang Telinga

Selain pada titik – titik diatas, anda dapat meredakan rasa sakit gigi anda dengan memijit titik – titik saraf yang terletak dibelakang daun telinga.

  • Dibelakang daun telinga ujung rahang bawah sebelah kiri. Pijatan pada titik ini dapat meredakan sakit gigi pada rahang bagian atas. Lakukan pijatan perlahan. Sampai sakit gigi anda mereda.
  • Dibelakang daun telinga ujung rahang bawah sebelah kanan. Pijatan pada titik ini dapat meredakan sakit gigi pada rahang bagian bawah. Lakukan pijatan perlahan. Sampai sakit gigi anda mereda. Anda dapat membaca jenis jenis penyakit gigi.
  1. Pada Titik Large Intestine 4 (LI4)

Titik large intestine 4 (LI4) disebut juga sebagai titik Union Valley. Ttitik ini sangat dipercaya dapat menyembuhkan semua jenis nyeri kronis, salah satunya adalah nyeri karena sakit gigi. Titik ini berada ditengah – tengah antara jari telunjuk dan ibu jari tangan anda. Namun begitu untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk memijit titik ini, karena dapat menginduksi persalinan. Anda dapat membaca lebih detail waspadai sakit gigi saat hamil dan karies gigi pada ibu hamil.

  1. Pada Titik Triple Warmer 13 (TW13)

Titik triple warmer disebut juga sebagai titik Shoulder Meeting Point. Letak titik ini di sisi luar lengan atas. Lakukan pijitan selama 1 menit pada titik ini dengan menggunakan jari anda, sambil bernafas dalam – dalam dan rasakan sakit gigi anda berkurang.

  1. Pada Titik Stomach 44 (ST44)

Titik stomach 44 (ST44) disebut juga sebagai Inner Court. Letaknya dibagian atas kaki kiri dan kanan antara jari kedua dan ketiga. Titik ini selain dapat meredakan sakit gigi juga dapat mengatasi beberapa nyeri seperti nyeri wajah, tenggorokan, mata, lambung dan pencernaan.

  1. Pada Titik Ibu Jari Kaki Kiri Bagian Tengah

Pada titik ibu jari kaki kiri bagian tengah, dapat mengatasi sakit gigi pada rahang atas sebelah kanan. Lakukan pemijitan perlahan – lahan selama lebih kurang 1 – 2 menit. (karena saraf refleksi untuk organ bagian kepala adalah terbalik)

  1. Pada Titik Ibu jari Kaki Kanan Bagian Tengah

Pada titik ibu jari kaki kanan bagian tengah, dapat mengatasi sakit gigi pada rahang atas sebelah kiri. Lakukan pemijitan perlahan – lahan selama lebih kurang 1 – 2 menit. (karena saraf refleksi untuk organ bagian kepala adalah terbalik)

  1. Pada Titik KD3

Titik KD3 disebut juga Great Ravine. Titik ini tepatnya terletak pada cekungan antara ujung maleolus medial dan kalkaneus tendo, tepat disisi medial kaki. Gunakan ibu jari tangan anda untuk memijat titik ini selama lebih kurang 1 menit. Pijatan ini efektif mengurangi sakit gigi yang disebabkan oleh berkurangnya Yin ginjal. Selain itu juga dapat mengatasi sakit kepala, masalah mata, haid tidak teratur, dan masih banyak lagi.

  1. Pada Titik GV14

Titik Governing Vessel 14 disebut juga Great Hammer. Titik ini berada di tingkat bahu, di bawah proses spinosus dari vertebra serviks ketujuh. Pijatan perlahan selama 1 menit dapat membantu mengurangi nyeri pada gigi, masalah pernafasan dan asma, batuk, dan demam.

  1. Pada Titik Siku Tangan

Titik ini terdapat pada siku saat ditekuk. Pijat secara perlahan selama 1 menit akan membantu mengurangi nyeri pada gigi anda. Selain itu anda dapat juga membaca tentang cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh dan cara mengobati sakit gigi dengan cepat.

Pijatan – pijatan ini selain dapat membantu mengurangi sakit gigi anda, juga dapat membantu mengurangi nyeri pada bagian – bagian lain yang anda derita. Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan, semoga dapat menambah wawasan anda dan dapat membantu mengatasi sakit gigi anda. Nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi