Sponsors Link

Plak Pada Gigi : Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Salah satu asset yang sangat penting dalam tubuh kita yang harus kita jaga dan rawat kesehatannya adalah gigi. Setuju ya sobat. Dikatakan asset karena memang komponen tubuh kita yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting dan bisa dibilang sangat vital terutama fungsinya untuk sistem pencernaan.

ads

Gigi merupakan komponen dalam mulut yang berfungsi untuk mengolah makanann yang kita masukkan ke dalam mulut yang nanti selanjutnya akan diproses atau diolah kembali di dalam sistem pencernaan dalam tubuh kita. Selain itu sobat, ada fungsi atau peranan gigi yang lainnya yang sungguh menarik yang mungkin selama ini anda tidak terlalu peduli.

Fakta menarik yang dimaksud adalah bahwasannya dengan memiliki gigi yang putih, rapih dan bersih dan tentunya terawat, maka hal tersebut bisa menambah rasa kepercayaan diri anda apabila sedang berbicara dengan lawan bicara anda. Untuk itu pahami dengan baik cara menyikat gigi dengan benar agar gigi anda tetap terawat.

Dan yang tidak kalah menarik nih sobat, gigi ini juga memiliki peranan penting untuk mengukir senyuman yang indah di wajah anda. Nah sobat semua, agar senyum anda tetap menarik dan indah sebaiknya mulai sekarang anda harus menjaga kesehatan gigi anda ya.

Untuk menjaga kesehatan gigi tersebut, tentunya kita harus melakukan perawatan secara rutin dan terus menerus. Karena apabila tidak dijaga atau dirawat secara teratur, akan berpotensi membuat gigi anda terkena bakteri yang nantinya bisa menimbulkan berbagai masalah pada gigi anda seperti gigi berlubang dan berdarah. Salah satu masalah gigi yang dimaksud adalah timbulnya plak pada gigi anda.

Plak merupakan bakteri atau kotoran yang menempel dan hidup di dalam rongga mulut anda akibat sisa makanan yan tertinggal pada sela – sela gigi anda. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka plak ini akan berubah menjadi warna kuning kemudian akan semakin mengeras dan perlahan akan menghitam, yang nantinya akan terlihat seperti batu karang pada gigi yang lama – kelamaan akan membuat gigi keropos. penyebab gigi cepat keropos yang jarang anda perhatikan ini harus segera ditangani ya sobat.

Plak ini adalah salah satu masalah yang sering timbul pada gigi yang asal muasalnya sering kita abaikan. Nah sobat semua, aga gigi anda terhindar dari palk tersebut, berikut ini penulis akan mengulas secara lengkap mengenai plak pada gigi tersebut. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini.

Penyebab Terjadinya Plak Pada Gigi

Adapun yang menjadi penyebab plak pada gigi adalah sebagai berikut :

  • Jarang menggosok gigi karena kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya menggosok gigi bagi kesehatan.
  • Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.
  • Jarang mengonsumsi sayuran dan buah.
  • Sering merokok.
  • Sering minum kopi, teh dan minimal alkohol atau berkarbonasi.
Sponsors Link

Nah sobat semua yang sering mengonsumsi makanan atau minuman seperti di atas, sebaiknya mulai sekarang anda harus perhatikan kebiasaan anda ya sobat, karena faktor dari makanan dan minuman pun tentunya memberikan dampak yang cukup besar terhadap plak pada gigi anda.

Pencegahan Plak Pada Gigi

Sobat semua, sebelum gigi anda terkena plak, ada baiknya anda mencegahnya sejak dini. Karena seperti pepatah mengatakan “ lebih baik mencegah dari pada mengobati “ setuju ya sobat. Untuk itu ada baiknya sobat semua harus tau bagaimana cara pencegahan plak pada gigi atau pun cara mencegah karang gigi tersebut.

Adapun cara pencegahan plak pada gigi bisa dilakukan dengan berbagai macam penanganan. Dari mulai cara tradisional sampai dengan cara modern sekalipun. Yang terpenting gunakanlah cara yang aman ya sobat. Cara – caranya adalah sebagai berikut :

ads
  • Sebaiknya anda harus menyikat atau menggosok gigi paling sedikit 2 x dalam 1 hari. Dan pastikan anda menggosok gigi sebelum tidur.
  • Setelah anda menggosok gigi, untuk memastikan sisa makanan tidak ada yang menempel di gigi atau bagian mulut anda yang lainnya, sebaiknya gunakanlah benang gigi untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di gigi atau mulut anda.
  • Setelah menggunakan benang gigi, sebiaknya aplikasikan juga dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur ini akan bertgas untuk membunuh kuman atau bakteri yang tidak terjangkau oleh sikat gigi maupun benang gigi. Selain itu, obat kumur ini juga berfungsi untuk membuat mulut anda segar dan tentunya menghindari mulut kering yang bisa menyebabkan bau mulut.
  • Sebaiknya hindarilah sering mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis, bersoda atau beralkohol. Sejatinya minuman atau makanan seperti ini dengan cepat akan merusak gigi anda serta menjadi penyebab gusi berdarah tiba tiba. Selain itu, perkembangan bakteri pun akan lebih cepat terjadi.
  • Rajinlah mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Selain itu sayuran dan buah segar juga akan membentuk menghindari gigi anda dari pengaruh plak pada gigi anda. Di sisi lain anda juga wajib waspada terhadap efek kandungan kalsium berlebihan terhadap gigi, karena sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik.

Cara Mengatasi Plak Pada Gigi

Bagi sobat semua yang masih sering enggan untuk rajin menyikat gigi atau enggan untuk makan buah dan sayur, sebaiknya direkomendasikan mulai sekarang ubahlah kebiasaan anda tersebut ya sobat. Bagi sobat semua yang memang sudah terlanjur terkena plak pada gigi, sebaiknya ikutilah tips berikut ini untuk menghilangkan plak pada gigi anda.

  • Melakukan pemeriksaan gigi ke dokter. Apabila plak pada gigi anda sudah terlanjur ada, maka sebainya anda berkunjung ke dokter sobat agar diberikan resep khusus yang bisa merontokkan plak pada gigi anda.
  • Apabila resep atau obat dari dokter sudah tidak memungkinkan untuk membersihakn plak pada gigi anda, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter anda supaya dilakukan pembersihan plak gigi dengan mengguankan alat medis sehingga karang pada gigi anda bisa rontok.
  • Melakukan flossing. Flossing merupakan teknik membersihkan gigi dengan menggunakan teknik medis. Dengan melakukan flossing ini diharapkan plak pada gigi anda bisa rontok dan bersh sama sekali, sehingga gigi anda terlihat bersih kembali. Namun jangan terlalu sering karena bisa merusak enamel gigi anda.
Sponsors Link

Setelah membaca ulasan di atas anda sudah mengerti ya sobat bahwasanya gigi ini tidak begitu sulit untuk merawatnya, hanya dbutuhkan perawatan yang rajin dan rutin. Karena apabila rajin merawatnya niscaya gigi anda akan terbebas dari berbagai masalah seperti plak pada gigi.

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai plak pada gigi yang bisa penulis bagikan buat sobat semua pada kesempatan kali ini. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga artikel ni bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat anda. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat, tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Salam hangat selalu, salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini