Sponsors Link

Penyebab Polip Pulpa dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Polip pulpa merupakan salah satu dari jenis jenis penyakit gigi yang terjadi karena pembesaran di bagian tengah gigi dan bagian tersebut berisi jaringan serta sel pembentukan gigi. Polip pulpa ini bisa terjadi karena semakin bertambahnya jumlah sel yang ada di jaringan sebagai reaksi peradangan dalam waktu menahun.

ads

Umumnya, polip pulpa ini terjadi pada bagian gigi yang sarafnya sudah mulai mati dan ini termasuk pertumbuhan jaringan yang sifatnya menetap serta tidak bisa mengecil meski proses peradangan sudah teratasi. Tampilannya juga hampir serupa dengan penyakit kanker gusi dan juga periodontium. Namun untuk anda yang secara teratur memeriksakan gigi, maka polip pulpa ini bisa terdeteksi lebih cepat dan tidak akan menimbulkan gejala serta tidak sampai menyebabkan kematian.

Cara Menyembuhkan Polip Pulpa

Polip pulpa adalah penyakit iritasi karena infeksi bakteri di bagian gigi yang terbuka karena mahkota gigi yang sudah rusak seperti halnya gigi berlubang dan gigi yang mengalami cedera.

Paparan makanan, bakteri dan juga zat lain di rongga mulut bisa menyebabkan reaksi radang gusi dan gigi yang kronis. Kemudian, pertumbuhan jaringan terjadi dan akhirnya polip pulpa terbentuk.

Pembedahan termasuk salah satu cara yang sering dilakukan untuk menyembuhkan polip pulpa. Sama seperti pengangkatan gigi yang sudah menyeluruh mengalami polip dan pulpotomi yang merupakan pembedahan dengan cara memotong polip tanpa harus mengangkat gigi.

Sementara untuk cara penyembuhan dengan perawatan bisa dilakukan dari pemasangan penghalang dan penambahan resin di bagian akar gigi. Selain itu, pengobatan restorative juga menjadi cara yang bagus untuk menambal dan memperbaiki akar gigi seperti penyebab akar gigi mati.

Penyebab dan Gejala Polip Pulpa

Penyebab paling umum dari polippulpa adalah infeksi atau inflamasi dari mulai karies gigi, kegagalan perbaikan jaringan gigi, reaksi hypersensitive, gigi patah, pengaruh hormon serta rongga bagian gigi yang terbuka serta masih terdapat aliran darah yang baik.

Selain itu, ada juga penyebab lain seperti hypersensitive 1 penyebab munculnya polip dan cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan konsentrasi histamin, interleukin dan juga imoglobin di bagian gusi dan gigi.

Selain itu, gejala yang muncul biasanya adalah benjolan jaringan lunak, pendarahan pada polip dan penyebab gigi bengkak pada anak dan dewasa serta keras di bagian pipi atau mulut. Polip pulpa umumnya akan muncul di bagian gigi geraham belakang dan depan karena kedua bagian gigi tersebut mempunyai rongga yang cukup besar.

Polip pulpa juga sering terjadi sebagai lesi tunggal yang ada di satu gigi. Terkadang juga bisa terjadi pada beberapa gigi lain yang kemudian tumbuh hingga ukuran maksimal hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Ciri Polip Pulpa

Dalam kasus yang ringan, polip pulpa biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun jika ukurannya sudah cukup besar, maka akan menimbulkan beberapa gejala dari mulai sakit di bagian bawah wajah,  bersin, hidung berair, sakit kepala seperti sakit kepala sesudah cabut gigi dan lendir jatuh di belakang hidung ke tenggorokan.

Sedangkan gejala lain yang bisa ditimbulkan adalah gatal di area sekitar mata, sakit bagian gigi rahang atas, berkurangnya indera penciuman atau perasa bahkan mati rasa. Jika anda sudah mengalami beberapa ciri tersebut, maka harus segera ditangani secepatnya sebelum komplikasi terjadi.

Sponsors Link

Diagnosis Polip Pulpa

Untuk memastikan adanya polip pulpa pada gigi, maka dokter umumnya akan melakukan beberapa diagnosis seperti pemindaian rongga mulut dan gigi serta pemeriksaan histologi.

Pemeriksaan histologi dilakukan dengan cara mengambil sampel jaring untuk diperiksa memakai mikroskop. Sedangkan untuk pemindaian rongga mulut dilakukan dengan memakai foto rontgen gigi serta mulut. Ini berguna untuk melihat derajat kerusakan gigi, mendiagnosis dan juga mendeteksi kelainan di area tulang rahang.

Selain itu, ada komplikasi yang juga bisa terjadi akibat polip pulpa khususnya jika tidak diobati dengan baik seperti penyakit abses gigi, peradangan dan osteomyelitis di bagian tulang rahang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi