Urutan Proses Scaling Gigi yang Tidak Menyeramkan

Scaling gigi merupakan istilah kedokteran yang berarti membersihkan gigi. Meski terdengar menyeramkan khususnya ini dilakukan oleh dokter gigi, akan tetapi proses scaling gigi sebenarnya tidaklah menyakitkan seperti yang anda bayangkan. Proses scaling gigi ini sebetulnya sangat mudah dan nyaman, akan tetapi sekarang ini khususnya masyarakat Indonesia, masih belum mengerti betul tentang scaling gigi sehingga mengurungkan niat atau menghindari scaling gigi tersebut.

Manfaat scaling gigi ini sebenarnya sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin sekitar 1 hingga 2 kali setahun. Dalam proses scaling ini nantinya dokter akan memeriksa gigi dan gusi secara keseluruhan sehingga jenis jenis masalah gigi bisa dihindari seperti karang gigi, infeksi gigi, radang gusi dan sebagainya. Supaya bisa menghilangkan ketakutan dan keraguan anda, berikut akan kami jelaskan tahap demi tahap dalam proses scaling gigi.

Manfaat Scaling Gigi

Selain berguna untuk membersihkan karang gigi, scaling gigi ini juga memiliki banyak kegunaan lain khususnya untuk mencegah beberapa jenis penyakit akibat karang gigi.

  • Mencegah masalah gigi: Karang gigi menjadi tempat bertumbuhnya banyak bakteri yang bisa menyebabkan berbagai masalah gigi seperti halitosis atau mulut bau, radang gusi, gusi gatal dan juga gusi berdarah.
  • Mencegah gingivitis: Gingivitis merupakan masalah gigi karena karang gigi mengiritasi kemudian menyebabkan peradangan gusi tersebut dimana penyakit ini akan menyebabkan pembengkakan gusi, berwarna merah dan sangat mudah berdarah.
  • Mencegah periodontitis: Jika gingivitis tidak segera diatasi, maka akan semakin parah dan menyebabkan periodontitis yakni adanya jarak antara gusi dengan gigi yang dinamakan dengan kantong. Jika kantong tersebut terisi penuh dengan bakteri, maka sistem imun tubuh akan melepaskan senyawa kimia yang bisa menghancurkan tulang, gusi dan jaringan penopang gusi.
  • Mencegah penyakit jantung: Bakteri penyebab penyakit gusi bisa menyebabkan penyakit jantung karena sudah menyebar ke seluruh tubuh seperti sampai pada organ jantung.
  1. Pemeriksaan Mulut

Langkah awal dari scaling gigi yang akan dilakukan dokter adalah memeriksa mulut pasien secara menyeluruh. Dalam pemeriksaan mulut ini, nantinya masalah radang gusi atau gigi yang rusak bisa terdeteksi dimana dokter akan memakai cermin berukuran kecil untuk memeriksa kondisi mulut lebih baik.

  1. Membersihkan Gigi

Sesudah pemeriksaan mulut, membersihkan plak atau penyebab karang gigi pada anak dan juga tartar atau plak mengeras yang menempel dan mengeras pada gigi akan dilakukan. Tartar dan plak yang semakin menumpuk akan lebih sulit dibersihkan hanya dengan menggosok gigi atau memakai dental floss. Nantinya, dokter akan memakai alat scaler agar bisa mengikis plak yang ada diantara gigi dengan suara seperti gesekan antara gigi namun tidak menyakitkan. Semakin banyak tartar dan plak yang menumpuk, maka proses membersihkan gigi juga semakin lama. 

  1. Menyikat Gigi

Sesudah plak dan tartar dibersihkan, maka akan dilanjutkan dengan membilas gigi serta menyikat gigi memakai sikat gigi elektrik. Tujuan dari menyikat gigi ini adalah untuk membersihkan seluruh tartar dan plak yang masih tersisa. Sikat gigi akan dilakukan memakai pasta gigi berbutir lembut sehingga tidak terasa sakit meski terdengar suara sikat gigi elektrik yang lumayan keras.

  1. Pemakaian Benang Gigi

Sesudah gigi dibersihkan dengan dokter secara menyeluruh, maka dilanjutkan dengan menggunakan benang gigi atau flossing gigi sehingga semua kotoran yang ada di sela gigi bisa diangkat seutuhnya.

  1. Pembilasan

Sesudah semua proses scaling gigi selesai dilakukan, maka dokter akan membilas mulut pasien dimana anda akan diminta untuk berkumur memakai cairan yang mengandung fluoride untuk perawatan terakhir. 

Kapan Harus Melakukan Scaling Gigi?

Scaling gigi ini sangat disarankan untuk dilakukan sekitar 6 bulan sekali. Akan tetapi dalam beberapa kasus yang berat, scaling gigi ini bisa dilakukan sekitar 3 bulan sekali. Ketika proses scaling gigi ini dilakukan, pendarahan, pembengkakan pada gusi dan rasa nyeri mungkin saja terjadi karena gusi dan juga gigi berkarang sedang menyesuaikan dengan proses scaling gigi yang sedang berlangsung.