Sponsors Link

Proses Terjadinya Karang Gigi yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Tidak hanya menggangu penampilan saja, karang gigi juga dapat menyebabkan beberapa masalah pada gigi dan mulut seperti impaksi gigi. Untuk itu, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab munclnya karang gigi serta cara mencegah dan menghilangkan karang gigi.

ads

Dalam bahasa medis, karang gigi biasa disebut dengan kalkulus. Pada dasarnya, penyebab terbentuknya karang gigi adalah karena penumpkan plak gigi yang mengeras dan melapisi bagian-bagian gigi dan dapat hilang dengan polishing gigi.

Plak gigi sendiri terbentuknya akibat sisa makanan dan protein yang bercampur dengan bakteri di dalam mulut. Plak membawa bakteri yang dapat merusak enamel gigi, hingga menyebabkan rongga dan kerusakan gigi permanen serta penyakit gusi.

Dampak Buruk Kemunculan Karang Gigi

Karang gigi yang menumpuk dapat membuat aktivitas menyikat gigi dan membersihkan gigi menjadi kurang efektif sehingga beresiko muncul dampak makanan bersarang di gigi. Karang gigi yang berkembang diatas dan dibawah garis gusi ini dapat menyebabkan masalah yang sangat serius. Pasalnya, bakteri pada plak gigi akan turut mengiritasi dan merusak gigi dan gusi.

Seiring dengan berjalannya waktu, peradangan ini bisa menyebabkan penyakit gusi progresif yang merupakan tanda gusi tidak sehat, yang bisa berakibat serius jika tidak segera untuk diobati. Bentuk paling ringan dari penyakit gusi disebut gingivitis. Ini adalah tahap awal peradangan gusi yang disebabkan oleh adanya plak dan karang gigi.

Karang gigi yang tidak lekas untuk dibersihkan dan radang gusi yang tidak segera untuk diobati maka akan dapat berkembang menjadi bentuk penyakit gusi yang lebih serius lagi, seperti periodontitis dan harus diatasi dengan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi. Periodontitis merupakan hal dimana terbentuknya kantung diantara gusi dan gigi yang diakibatkan dari proses infeksi.

Kantung ini terinfeksi oleh bakteri dibawah gusi. Hal ini dapat merusak tulang dan jaringan lain yang menahan gigi pada tempatnya. Hal ini lah yang pada akhirnya dapat menyebabkan gigi tanggal atau copot dan degradasi tulang. Selain itu, penelitian telah menuunjukan hasil penelitiannya bahwa bakteri pada penyakit gusi dapat menyebabkan penyakit jantung dan kondisi lainnya.

Proses Munculnya Karang Gigi

Meskipun plak dapat terjadi secara alami, anda bisa mengendalikan penumpukan plak yang menjadi penyebab karang gigi. Dan karang gigi tersebut berproses dari sisa makanan yang tidak dibersihkan hingga menjadi plak dan karang gigi. Ada beberapa tips dan teknik yang bisa membantu mengendalikan penumpukan karang gigi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah terbentuknya karang gigi, yaitu :

Sponsors Link

  • Menyikat gigi secara teratur dua kali dalam satu hari menyikat gigi dilakukan dalam waktu minimal 2 menit dan dilakukan dengan teknik yang benar. Guanakan sikat gigi dengan bulu yang lembut yang cukup kecil untuk menjangkau semua sela-sela gigi dan mulut anda. Pastikan juga permukaan belakang gigi dan geraham anda terjangkau saat menyikat gigi.
  • Sikat gigi elektronik mungkin salah satu solusi agar lebih efektif dari pada sikat gigi manual untuk menghilangkan plak. Terlepas dari jenis sikat gigi yang anda gunakan, pastikan produk sikat gigi yang anda gunakan telah mendapat persetujuan dari para dokter gigi dan telah melewati pengjian kualitas dan uji keamanan yang ketat.
  • Pilih pasta gigi yang mengandung flouride yang dapat mengendalikan karang gigi. Pasta gigi yang mengandung pirofosfat dapt membantu mencegah plak yang mengeras menjadi karang gigi. Selain itu, flouride akan membantu memperbaiki keruakan pada enamel yang mungkin telah terjadi. Beberapa formula juga mengandung triclosan (Anti bitok yang dapat melawan bakteri dalam plak).
ads
  • Benang gigi. Tidak peduli seberapa rajin anda menyikat gigi dan mencegah pembentukan karang gigi didaerah yang sulit dijangkau. Lakukan pembersihan gigi dengan menggunakan benang gigi dengan cara yang benar agar tidak melukai gusi anda.
  • Obat kumur. Gunakan obat kumur antiseptik setiaphari untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.
  • Perhatikan makanan anda. Bakteri dimulut anda berkembang karena mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan tepung atau karbohidrat. Saat mengkonsumsi makanan tersebut, bakteri akan melepaskan asam yang dapat merusak gigi dan menjadi salah satu penyebab terbentuknya karang gigi.
  • Usahakan makan makanan yang sehat dan batasi jumlah asupan makanan yang banyak mengandung gula seperti permen atau coklat. Sadarilah bahwa setap kali anda makan, anda juga memberi makan pada bakteri yang bersarang dimulut anda.
  • Selain itu, hindari terlau banyak mengkonsums makanan dan minuman yang bisa menjadi penyabab munculnya karang gigi seperti roti, keripk kenteng, buah kering, buah buahan jenis jeruk, minuman es, minuman berakhohol dan soda.
  • Minum banyak air putih selama dan setelah makan juga dapat membantu meminimalirsir pembentukan plak.
  • Hindari aktivitas merokok. Orang yang melakukan aktivitas merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya cenderung memiliki karang gigi di bawah gusi mereka.
  • Konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan asupan penting bagi tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah juga berperan penting dalam pembentukan air liur. Air liu dalam mulut kita memiliki peranan penting dalam pencegahan timbulnya karang gigi.
  • Melakukan flossing. Flossing dilakukan guna menghilangkan sisa sisa makanan disela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Membersihkan gigi dengan cara flossing sesudah menyikat gigi akan menyempurnakan kebersihan gigi kita.
  • Melakukan pemeriksaan rutin. Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut ke dokter minimal dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut, selain mencegah timbulnya karang gigi, juga sebagai deteksi dini jika ditemukan gangguan pada gigi dan juga mulut.
  • Metode ini merupakan pembersihan karang gigi yang sering dilakukan oleh dokter gigi. Perlu diketahui plak yang sudah membentuk karang gigi tidak dapat dibersihkan hanya dengan menyikat gigi saja. Banyak yang bertanya pakah scalling dapt merusak email gigi? Email gigi tidak akan rusak ketika proses scalling selama email pada gigi tersebut terbentuk dengan sempurna.

itulah beberapa hal mengenai karang gigi, mulai dari penyebab karang gigi yang perlu diketahui, akibat hingga cara pencegahanya. Mulut merupakan organ penting karene berperan dalam proses pencernaan. Oleh karena itu, penting kiranya untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena mulut merupakan pintu masuk bagi segala penyakit yang masuk ketubuh. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sekaligus menjaga kesehatan tubuh sekaligus mengangkal berbagai penyakit yang masuk kedalam tubuh.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, Terima Kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi