Sponsors Link

Pulpitis: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Manusia memiliki bermacam macam gigi, diantaranya adalah gigi taring, gigi seri dan gigi bungsu. Sama seperti bagian tubuh lainnya, gigi manusia juga dapat terserang penyakit. Jenis jenis penyakit gigi yang sering ditemui yaitu gingivitis, periodentitis, abses gusi dan pulpitis. Gingivitis merupakan peradangan pada gusi yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa berubah menjadi infeksi yang lebih parah seperti periodentitis. Periodentitis sering dikaitkan dengan gigi berdarah saat bangun tidur. Penyakit gigi lainnya yang sering dijumpai yaitu Pulpitis.

ads

Apa Itu Pulpitis?

Pulpitis adalah peradangan yang terjadi pada pulpa (pulp). Pulpa merupakan jaringan lunak mirip spons yang terbentuk dari urat dan pembuluh darah yang diselimuti oleh struktur gigi. Enamel dan dentin melindungi pulpa pada bagian mahkota gigi. Ketika kesatuan dentin dan enamel rusak karena lubang gigi, pulpa akan mudah terkena iritasi. Hal ini akan memicu timbulnya nyeri pada gigi.

Penyebab Pulpitis

Salah satu penyebab pulpitis adalah karies gigi, yang menembus enamel dan dentin menuju pulpa. Bakteri juga dapat menjadi penyebab pulpitis karena dapat menyebabkan radang pada pulpa gigi. Selain itu, pulpitis juga dapat disebabkan oleh:

  • Gigi yang berlubang
  • Adanya penyakit gusi
  • Makanan yang tersangkut di gusi dalam waktu lama
  • Adanya keretakan pada gigi
  • Penderita mengidap sinuitis
  • Ada penyakit lain pada tulang yang mendasari kemunculan pulpitis seperti misalnya tumor atau kista

Gejala Pulpitis

Penyakit pulpitis terkadang tidak menimbulkan gejala. Namun seringkali pulpitis juga muncul dengan gejala-gejala tertentu seperti:

  • Meningkatnya sensitifitas gigi terhadap rangsangan, seperti ketika mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin
  • Nyeri berdenyut yang berkepanjangan juga dapat menjadi salah satu gejala pulpitis
  • Nyeri pada bagian rahang
  • Sakit ketika menggigit
  • Sakit yang terkadang membuat sulit tidur
  • Sakit yang merambat ke kepala dan pelipis

Cara Menangani Pulpitis

Cara terbaik untuk menangani pulpitis adalah dengan memeriksakannya ke dokter gigi. Nantinya dokter gigi akan memeriksa jenis pulpitis yang diderita oleh pasien sebelum melakukan pengobatan. Apakah pulpitis tersebut termasuk reversible atau irreversible. Pulpitis reversible berbeda dengan pulpitis irreversible. Pulpitis reversible akan sembuh jika iritasi yang ada pada pulpa dihilangkan, misalnya dengan cara mengisi bagian gigi yang berlubang serta menghilangkan karies gigi. Sedangkan pulpitis irreversible memerlukan penanganan dan terapi khusus untuk menyembuhkannya.

Cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan pulpitis irreversible adalah dengan terapi endodontik atau cabut gigi. Terapi ini dapat diterapkan untuk meringankan rasa sakit akibat pulpitis, karena dokter gigi mencabut pulpa yang mengalami radang dan mengganti atau mengisinya dengan material karet yaitu getah perca (gutta-percha). Penempatan getah perca dapat mengurangi tekanan dan rasa nyeri. Jika pulpitis dirasa sudah sangat parah, metode ini dapat menjadi satu-satunya pilihan.

Penderita pulpitis ringan terutama pulpitis reversible, dapat melakukan pengobatan sendiri di rumah, dengan pengawasan dari dokter gigi. Adapun beberapa obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri pada gigi akibat pulpitis diantaranya adalah:

1. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu obat terbaik yang bisa digunakan untuk menangani masalah gigi. Di dalam cengkeh terkandung analgesik dan kandungan anti-bakteri yang dapat meredakan sakit gigi, radang dan nyeri di gusi. Cara menggunakannya yaitu:

  • Basahi kapas dengan minyak cengkeh, kemudian kompreskan pada daerah yang terinfeksi selama beberapa menit.
  • Cara lainnya yaitu dengan mengunyah cengkeh utuh hingga mengeluarkan cairan. Diamkan cairan tersebut berada di mulut selama 30 menit kemudian berkumurlah dengan air hangat.
Sponsors Link

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan antibiotik dan anti radang yang alami dan sangat efektif dalam mengobati masalah gigi. Cara menggunakan bawang putih untuk meredakan abses pada gusi yaitu:

  • Letakkan satu bawang putih yang masih segar di dalam mulut, kemudian gigit dan kunyah. Kunyahlah hingga rasa sakit mulai mereda. Selanjutnya ludahkan hasil kunyahan bawang putih tersebut dan berkumurlah dengan air hangat. Untuk mengatasi bau yang tertinggal, Anda dapat meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh pada air hangat dan berkumurlah.
  • Cara lainnya yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk bawah putih dan sejumput garam, kemudian oleskan pada wilayah yang terinfeksi. Diamkan selama 10 menit dan kemudian berkumurlah dengan obat kumur.
Sponsors Link

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga merupakan alternatif obat yang baik untuk penyakit gigi. Cuka sari apel mengandung bahan anti radang dan disinfektan yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena radang serta mengurangi infeksi pada gusi. Cara menggunakannya adalah dengan:

  • Desirkan satu sendok makan cuka sari apel di dalam mulut selama beberapa menit. Ludahkan dan jangan ditelan. Selanjutnya berkumurlah dengan air hangat. Ulangi proses ini beberapa kali dalam sehari.

Demikianlah penjelasan mengenai pulpitis. Penyakit pulpitis merupakan penyakit yang menyerang pulpa gigi. Gejala yang ditimbulkan karena penyakit ini salah satunya adalah meningkatnya sensitifitas terhadap rangsangan makanan maupun minuman yang terlalu panas atau dingin. Pulpitis dapat diobati ataupun diringankan dengan cara terapi dan mengkonsumsi obat alami.

Sponsors Link
, ,