Radang Gusi : Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Mengatasi

Hello guys, kembali lagi bertemu dengan penulis  sobat tentunya  dengan pembahasan yang tidak kalah menarik dan tentunya bermanfaat buat sobat semua. Pada kesempatan kali ini kita ,masih akan membahas mengenai kesehatan gigi dan mulut nih sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan gigi dan mulut ini haruslah suatu kewajiban yang perlu kita jaga.

Karena gigi merupakan suatu piranti dalam mulut kita yang memiliki peran yang sangat penting dalm tubuh kita secara keseluruhan terutama untuk sisitem pencernaan kita. Bisa kita bayangkan ya sobat, jika gigi anda mengalami masalah tentunya akna ada banyak masalah lainnya yang akan timbul nantinya. Oleh karena itu menjaga dan merawat kesehatan gigi adalah suau yang bersifat mutlak. Setuju dong !

Namun meski demikian sobat, masih ada begitu banyak diantara kita yang melalaikan kesehatan gigi tersebut, yang tidak  jarang membuat masalah serius pada gigi atau mulut anda. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah radang gusi. Nah sobat semua, apakah sobat pernah mengalami radang gusi tersebut? Berikut ini penulis akan menjelaskan secara rinci mengenai radang gusi tersebut, yuk sobat  masi kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan radang gusi atau yang disebut dengan ginhivitis adalah bentuk bentuk yang sangat umum dan ringan yang sering terjadi pada gusi. Radang gusi ini pada dasarnya adalah infeksi ringan yang terjadi pada gusi.

Siapapun bisa mengalami radang gusi ini sobat, karena pada umumnya seseorang tidaklah menyadari bahwasanya ia sedang mengalami radang gusi, dan baru disadari ketika radang gusi tersebut sudah terlanjur parah yang menyebabkan rasa sakit terutama pada saat akan sikat gigi atau makan.

Namun mesikpun tidak tergolong serius sobat, jangan biarkan radang gusi tersebut berlangsung dalma waktu yang lama karena bisa akan menjadi maslaah serius yang menyebabkan infeksi parah yang dikenal sebagai periodeontitis dan bahkan hilangnya gigi yang diakibatkan oleh radang gusi tersebut.

Nah sobat semua, unttuk menghindari hal tersebut, ada baiknya sobat semua mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari radang gusi tersebut. Berikut ulasannya buat anda sobat.

Penyebab Radang Gusi

Adapun beberapa yang menyebabkan radang gusi antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kebiasaan merokok yang berlebihan yang mnegakibatkan zat nikotin yang terdapat pada rokok tersebut menumuk dan menempel apda seua permukaan gigi, sehingga lama – kelamaan akan berubah menjadi tumpukan plak. Apabila tumpukan plak pada gigi ini dibiarkan secara terus – menerus, maka akan mengakibatkan gusi anda akan mengalami peradangan.
  • Melakukan restorasi gigi tiruan yang rusak. Pahami efek samping gigi palsu sebelum melakukannya. Apabila anda ingin melakukan perawatan atau penggantian gigi tiruan itu sah – sah saja ya sobat. Namun hal penting yang harus anda perhatikan adalah sebelum menggunakan gigi tiruan tersebut ada baiknya sobat mengecek terlebih dahulu bahan dari pembuatan gigi tersebut agar tidak terjadi alergi pada gusi anda yang bisa saja berakibat radang gusi bahkan gigi rapuh nantinya.
  • Pola makan yang buruk dan kebersihan mulut yang buruk. Ada begitu banyak orang yang sering melalaikan kebersihan mulutnya sehingga terjadi kerusakan gigi. Padahal dia tidak tau ada begitu banyak makanan dan mnuman yang sudah ia konsumsi selama seharian penuh. Tanpa anda sadari sobat, semakin banyak jenis makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari, maka hal ini juga akan berpotensi mmebuat mulut anda mengalami radang gusi, apalagi anda tidak menggosok gigi sesaat setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

Cara Mengatasi Radang Gusi

Sobat semua, setelah anda mengetahui apa saja penyebab dari radang gusi tersebut, ada baiknya anda juga harus mengetahui bagaimana cara perawatan radang gusi tersebut. Adapun cara perawatannya adalah sebagai berikut :

1. Atasi dengan Mengoleskan Pasta Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin sobat, yang memiliki sifat dan antioksidan dan anti – inflamasi. Kurkumin ini secaar efektif dapat mengurangi jumlah plak seta nyeri maupun pembengkakan yang diakibatkan oleh radang gusi tersebut. Selain itu bermnafaat untuk membunuh bakteri dalam mulut anda sehingga terhindari dari infeksi.

2. Atasi Dengan Menggunakan Minyak Kelapa

Kumur dengan minyak kelapa atau oulling oil adalah salah satu praktik Ayurveda popler yang bisa membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan radang gusi. Praktik ini bisa mengurangi plak dalam gigi anda, menguatkan gusi serta membantu menjaga kesehatan mulut dengan baik. Apabila mulut atau gusi anda sudah sehat, tentunya jika penyakit akan menyerang akan susah ya sobat.

3. Atasi Dengan Menggunakan Sari Lemon

Lemon mengandung sifat anti bakteri dan anti inflamsi yang dapat membantu mengobati penyakit anti gusi. Selain itu, lemon juga mengandung vitamin C yang bisa membantu melawan infeksi pada mulut anda, salah satunya adalah untuk mengobati radang gusi pada mulut anda. Jadi manfaat vitamin c untuk gigi tidak perlu diragukan lagi, asalkan tidak berlebihan. Karena apa apa yang berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan.

Cara Mencegah Radang Gusi

Adapun yang bisa anda lalukan untuk mencegah radang gusi tersebut antara lain adalah sebagi berikut :

  • Menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam 1 hari, dan pastikan anda harus memperhatikan pentingnya menggosok gigi sebelum tidur ya sobat agar pada saat anda tidur bakteri dalam mulut anda tidak beraksi untuk merusak bagian mulut anda seperti radang gusi.
  • Gunakanlah bulu sikat gigi yang halus dan lembut. Selain itu, gantlah sikat gigi anda ketika sudah berusia 12 sampai dengan 16 minggu agar kebersihan sikat gigi anda terjamin.
  • Sebaiknya setelah menyikat gigi, gunakanlah obat kumur yang sesuai dengan anjuran dokter agar kuman dalam mulut anda benar – benar bersih.
  • Hindari kebiasaan merokok yang memang sangat buruk bagi kesehatan anda, begitupun bagi kesehatn gigi dan mulut anda secara keseluruhan.
  • Rajinlah mengonsumsi buah dan sayur segar yang banyak mengandung vitamin C agar mulut dan gigi anda tidak rentan dengan penyakit.
  • Perhatikan manfaat berkumur bagi kesehatan gigi, karena berkumur bisa membantu membersihkan mulut anda.

Nah sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis utarakan pada kesempatan kali ini mengenai radang gusi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat anda ya sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel kali ini secara keseluruhan. Salam hangat selalu dari penulis. Salam gigi sehat.