Sponsors Link

Radang Gusi Kronis – Perawatan – Tindakan Medis

Sponsors Link

Radang gusi kronis dimulai dari terbentuknya radang gusi biasa. Kenapa radang gusi kronis dapat dikatakan kronis ?. Hal ini karena radang gusi yang anda alami sudah berlangsung lama dan selama 3 bulan radang gusi kronis tidak mengalami kesembuhan menurut buku the health worker. Walaupun perawatan radang gusi secara pribadi sering anda lakukan. Namun perawatan radang gusi yang sudah tidak bisa ditangani secara pribadi maka perlu penanganan tim dokter. Berikut ini penjelasan mengenai perawatan radang gusi kronis di dokter yang perlu anda ketahui.

ads

Perawatan Radang Gusi Kronis di Dokter

1. Scalling Gigi dan Perencanaan Root

Dalam perawatan radang gusi kronis, langkah awal yang dilakukan adalah melakukan scaling gigi. Scalling merupakan perawatan yang gigi bukan medis. Manfaat cuci gigi adalah kondisi gigi akan bersih dari plak dan tartar dari kantong periodontal. Beberapa prosedur selama melakukan scalling gigi dan perencanaan root adalah operasi pengurangan saku dan tindakan regeneratif. Pengurangan saku pada pada gusi mengurangi bakteri untuk tinggal sehingga jaringan gusi kemungkinan bisa membaik. Sedangkan tindakan regeneratif adalah memperbaiki kondisi gigi yang rusak karena radang gusi kronis.

2. Perawatan Celah Gusi

Perawatan celah gusi paling sering terjadi pada mereka yang mengalami bibir sumbing karena mereka akan mengalami kesulitan berbicara dan mudah mengalami masalah gigi. Pada masalah radang gusi kronis, operasi celah gusi dilakukan apabila kondisi gusi dan gigi mengalami celah atau jarak diantara keduanya. Perawatan celah gusi yang terbuka bisa dilakukan dengan cangkok jaringan lunak dengan menempatkan jaringan dari langit-langit mulut untuk menutup celah gusi sehingga gigi tidak tampak panjang.

Dengan menggunakan treatment ini maka bengkak yang ditimbulkan pada radang gusi anda akan teratasi. Apabila anda melakukan perawatan ini maka anda harus berhati-hati  ketika anda mengunyah dan cara menyikat gigi dengan benar.

3. Operasi Cangkok Tulang

Orang yang mengalami masalah gusi khususnya radang gusi kronis biasanya diikuti dengan kondisi gigi yang rusak. Tindakan operasi cangkok tulang dianggap perlu apabila kondisi gigi rusak. Pada radang gusi kronis gigi yang rusak adalah bagian akar gigi. Operasi cangkok tulang gigi dapat dilakukan setelah melakukan operasi celah gusi. Beberapa teknik yang dilakukan untuk cangkok tulang gigi ada 3 (tiga) yaitu block bone grafting, socket preservation dan particulate bone grafting. Berikut ini penjelasannya secara singkat mengenai beberapa teknik cangkok tulang yang bisa dilakukan.

  • Block bone grafting : teknik penempatan tulang gigi dari tubuh pasien yang mengalami kehilangan tulang gigi dalam jumlah yang banyak.
  • Socket preservation : teknik pencabutan gigi yang diganti dengan serpihan tulang pendonor yang diletakkan pada bagian socket gigi.
  • Particulate bone grafting : teknik implan gigi dimana partikel gigi mengalami kehilangan minimal.

Tindakan Setelah Perawatan Radang Gusi Kronis

Perawatan radang gusi kronis di dokter perlu dilakukan apabila anda masalah gusi sudah tidak bisa ditangani oleh anda secara pribadi. Setelah anda melakukan prosedur perawatan radang gusi kronis seperti scaling gigi, perawatan celah gusi dan operasi cangkok tulang, anda perlu melakukan perawatan setelahnya agar gusi anda kembali normal. berikut ini beberapa tindakan yang bisa anda lakukan setelah melakukan perawatan radang gusi kronis di dokter.

Sponsors Link

1. Pilih Sikat Gigi Lembut

Langkah pertama yang anda perhatikan ketika anda mengalami perawatan radang gusi anda pemilihan sikat gigi. Sikat gigi yang tepat adalah sikat gigi yang tidak memiliki ujung yang tajam tetapi lembut sehingga saat anda menyikat gigi, bulu-bulu sikat gigi tidak menyakiti gigi dan gusi anda.

2. Teknik Menyikat Gigi

Cara menyikat gigi dengan benar bisa anda lakukan ada 3 (tiga) yaitu teknik menyikat gigi secara horizontal, vertikal dan memutar. Ketiga teknik menyikat gigi bisa anda lakukan dengan ketiga metode tersebut. Perlu diperhatikan saat anda menyikat gigi anda tidak terburu-buru karena dapat menyakiti gusi anda. teknik menyikat gigi yang benar perlu didukung dengan menyikat gigi ke seluruh bagian gigi anda supaya bakteri penyebab masalah gigi dan mulut seperi karies gigi, gigi berlubang dan radang gusi tidak terjadi.

Sponsors Link

3. Berkumur Setelah Sikat Gigi

Pembersihan gigi menggunakan sikat gigi saja belum tentu membersihkan gigi anda dengan bersih. Anda perlu melakukan kumur-kumur setelahnya menggunakan obat kumur yang ada dipasaran atau menggunakan ramuan obat kumur alami seperti menggunakan manfaat garam untuk gigi dan gusi serta bahan alami lainnya seperti tea tree oil, peppermint oil dan lainnya karena mengandung antiseptik.

Setelah anda mengetahui beberapa perawatan radang gusi kronis di dokter, tentunya anda jadi memahami apa saja perawatan medis radang gusi kronis di dokter yang bisa anda lakukan. Adapun tindakan perawatan medis radang gusi kronis di dokter bisa anda lakukan dengan mengkonsultasikannya kepada dokter gigi anda sehingga penanganannya tepat. Demikian penjelasan halogigi mengenai perawatan radang gusi kronis di dokter dan perawatan setelahnya. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi