Sponsors Link

Ragam Masalah Gigi Geraham Bungsu dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, kesehatan gigi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kita jaga dana lakukan perawatan secara rutin. Karen ajika tidak dirawat sudah barang pasti nantinya akan berdampak pada masalah – masalah yang lainnya yang bisa mengganggu aktivitas anda oleh karena adanya masalah pada gigi tersebut.

ads

Gigi ini memiliki fungsi atau peranan yang sangat pentig bagi sistem pencernaan di dalam tubuh kita, karena seyogianya gigi ini merupakan sistem pencernaan meakin di dalam tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa jenis gigi dan juga fungsinya, yuk sobat kita simak ulasan berikut ini.

  • Gigi Seri, yakni gigi yang berfungsi untuk memotong makanan, menggigit, serta memindahkan makanan tersebut ke gigi yang lain.
  • Gigi Taring, yakni gigi yang berfungsi untuk menyobek makanan, karena memang bentuknya yang tajam
  • Gigi Geraham yakni gigi yang berfungsi untuk melumatkan makanan yang tadiya sudah dipotong dan disobek oleh gigi seri dan juga gigi taring tersebut.

Berbicara mengenai gigi geraham tersebut sobat, sering kali ketika gigi geraham tumbuh maka orang merasa kesakitan oleh karena pertumbuhan gigi geraham tersebut. Gigi geraham yang biasnaya sakit pada saat tumbuh yaitu gigi geraham bungsu. Gigi geraham bungsu ini merupakan rangkaian gigi yang terakhir tumbuh diantara bagian gigi yang lainnya.

Gigi geraham bungsu ini sering kali membuat pemiliknya merasa kesakitan ketika ia tumbuh. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal seperti gigi geraham bungsu yang merobek bagian gusi pada saat dia tumbuh, potensi kerusakana akibat pertumbuhan gigi geraham tersebut tidak searah, atau berbagai jenis kerusakan yang lainnya yang tentunya berpotensi membuat pemiliknya merasa kesakitan ketika ia tumbuh.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai masalah gigi gerahm bungsu tersebut sobat, yuk langsung saja kita simak ulasna berikut ini, karena pada postingan kali ini penulis akan menyajikan ulasan mengenai ragam masalah gigi geraham bungsu dan cara mengatasinya. Cekidot!

1. Gigi Geraham Bungsu Bernanah

Masalah yang pertama adalah gigi geraham bungsu bernanah. Biasanya masalah gigi geraham bungsu yang bernanah ini cukup sering terjadi keapda merak yang mengalami abses gigi gerahm tersebut yang tidak kalah sakitnya dengan sakit gigi yang lainnya.

Adapun penyebab dari gigi geraham bernanah tersebut misalnya seperti terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis atau bisa juga tidak melakukan perawatan gigi yang tidak baik dan benar, sehingga menyebabkan gigi geram bungsu tersebut bernanah.

Kalau gigi geraham bungsu tersebut sudah bernanah, maka nanah tersebut akan menyebar ke arah lain seperti rahang, leher, kepala atau tempat yang lainnya sehingga bukan hanya membuat aroma mulut si pemilikinya terasa tidak sedap, namun juga akan merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Sponsors Link

Berikut ini cara untuk mengatasinya :

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi geraham bungsu bernanah tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Melakukan perawatan akar gigi
  • Pengeringan nanah gigi serta memberhentikannya agar tidak bernanah kembali
  • Pemberian antibiotik untuk atasi infeksi yang ada
  • Pencabutan gigi yang bernanah ( jika kondisi gigi sudah parah dan tidak bisa diselamatkan kembali )

2. Gigi Geraham Bungsu Impaksi

Masalah yang kedua adalah gigi geraham bungsu anda impaksi. Impkasi ini sebenarnya bukan hanya masalah gigi yang bisa terjadi pada gigi geraham bungsu saja sobat, namun bisa terjadi pada bagian gigi yang lainnya juga. Namun oleh karena gigi geraham bungsu merupakan bagain gigi yang tumbuh belakangan, maka kasus impaksi ini lebih cenderung sering terjadi pada gigi geraham bungsu tersebut.

impaksi gigi geraham bungsu tersebut terjadi karena pertumbuhan gigi yang tidak sempurna karena adanya penghalang dari gigi yang lainnya. Impaksi ini juga bisa tumbuh karena adanya ketidak cocokan antara ukuran rahang dan juga ukuran gigi. Oleh karena itulah impkasi pada gigi geraham bungsu ini bisa menyebabkan gusi bengkak dan rada sakit yang luar biasa.

Berikut ini cara untuk mengatasinya :

  • Pemberian antibiotik
  • Menganggkat gigi geraham bungsu tersebut
  • Melakukan operasi kecil pada gusi

3. Gigi Geraham Bungsu Patah

Maslsah yang ketiga adalah gigi geraham bungsu yang patah. Meski berada pada bagian belakang paa gigi, maka bukan berarti gigi geraham ini tidak berpotensi untuk patah. Gigi geraham bungsu yang patah ini biasanya terjadi pada gigi yang memang sudah mengalami kerusakan misalnya seperti keropos.

Jika memang anda mengalami hal seperti ini, maka jangan langsung panik ya sobat, anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan penambalan tergantung dari seberapa parahnya  tingkat kerusakan pada gigi anda. Berikut ini cara untuk mengatasinya, lalukan penambalan akan gigi yang patah tersebut, sehingga fungsinya tidak akan bermasalah.

Sponsors Link

Setelah membaca ulasan diatas sobat, maka anda harus menjaga kebersihan gigi agar tidak terjadi berbagai masalah terutama pada gigi bungsu geraham anda. Kenali gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengikuti cara yang penulis berikan dan jangan lupa untuk konsultasi ke dokter jika diperlukan. Semoga ulasan di atas bermanfat buat sobat semua yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi