Sponsors Link

Resiko Cabut Gigi Bungsu Saat Hamil yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang datang tiba-tiba, apalagi masalah tersebut dialami pada bagian gigi bungsu. Bagi ibu hamil bisa saja mengalami rasa sakit gigi yang disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti pengaruh hormonal, kurang vitamin, atau bahkan gigi berlubang akibat kebiasaan menggosok gigi yang kurang bersih dan faktor makanan yang manis dan lengket. Masalah pada gigi bungsu tumbuh saat hamil yang perlu Anda perhatikan.

ads

Seringkali cara untuk mengobati sakit gigi dengan cara mencabut gigi yang sakit. Namun hal ini tentu beresiko dan berbahaya, cabut gigi dianggap penyelesaian secara tuntas, karena tidak perlu adanya perawatan penambalan gigi atau lainnya. Namun, apakah cabut gigi diperlukan oleh ibu hamil apalagi resikonya lebih besar ? dan amankah bagi ibu hamil untuk mencabut gigi?. Resiko akibat cabut gigi geraham saat hamil efek samping dan solusinya.

Untuk mengetahui apakah hal tersebut berbahaya atau tidak, mari simak beberapa penjelasannya seperti berikut ini :

Resiko Cabut Gigi Bungsu Saat Hamil

Resiko yang dapat terjadi selama Anda mengalami masalah sakit gigi, apalagi timbul pada gigi bungsu yang berlubang. Mencabut gigi bungsu saat kondisi hamil memiliki resiko, oleh sebab itu alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli. Bahaya cabut gigi saat hamil 9 bulan efek samping, bahaya dan solusi.

Berikut beberapa kondisi yang perlu Anda waspadai :

  • Dapat menyebabkan kelahiran yang prematur dan keguguran pada bayi Anda. Resiko terjadi pendarahan yang akan berdampak pada pembuluh darah ibu hamil. Dan memicu terjadinya kontraksi pada ibu hamil dan menyebabkan terjadinya ketuban pecah sebelum waktunya.
  • Dapat menyebabkan cacat pada janin, akibat obat anti nyeri untuk mengobati peradangan. Obat ini biasanya mengandung steroid yang tidak dianjurkan untuk diberikan pada ibu hamil karena jenis obat ini bisa menimbulkan gangguan pada janin yang menyebabkan cacat fisik pada bayi. Berikut efek samping gigi berlubang pada ibu hamil yang wajib diketahui.
  • Dapat beresiko bayi meninggal dalam kandungan, jenis obat yang mengandung steroid atau obat anti inflamasi yang menyebabkan bayi meninggal di dalam kandungan. Dan harus ada monitor dari dokter terkait hal tersebut.
  • Timbul adanya alergi, proses cabut gigi bungsu biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi antibiotik dimana memiliki kandungan yang berefek. Ibu hamil harus hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menghindari bahaya yang terjadi akibat antibiotik tersebut. Dikarenakan beberapa antibiotik bisa menyebabkan alergi baik ringan maupun parah yang berbahaya bagi ibu dan janin. Dampak dan pengaruh sakit gigi pada ibu hamil penyebab dan cara mengatasi.
  • Terjadinya keracunan, gangguan pernapasan dan juga kontraksi dini, hal ini akibat cabut gigi bungsu yang menggunakan obat bius. Obat bius ini dilakukan pada daerah gigi bilamana kondisi ibu tidak kuat dan tidak sehat, maka dapat berakibat pada keamanannya bagi ibu hamil dan janin.

Pengobatan Cabut Gigi Bungsu Saat Hamil

Dengan beberapa resiko dan bahaya cabut gigi saat hamil melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Karena melihat bahaya dan resiko yang diambil untuk mencabut gigi sangat besar,  maka sebaiknya ibu hamil menghindari tindakan cabut gigi saat hamil. Resiko sakit gigi saat hamil muda penyebab, cara mengatasi dan pencegahannya.

Sponsors Link

Berikut ini beberapa cara pengobatan sakit gigi yang dapat dilakukan oleh ibu hamil :

  • Melakukan perawatan gigi menyeluruh, tidak hanya diluar gigi tapi merawat sampai akar gigi. Dengan cara perawatan melalui dokter gigi dengan melakukan perawatan saluran akar. Cara ini dengan membersihkan gigi yang berlubang dan meredakan rasa sakit gigi yang bagi ibu hamil.
  • Dengan cara tambal gigi bungsu, hal ini dapat lebih mudah dan tidak berbahaya. Selama hal tersebut dikonsultasikan pada dokter gigi, maka cara ini akan menjadi pilihan yang aman dan tidak menimbulkan efek yang beresiko dan berbahaya bagi janin Anda. Beberapa penyebab sakit gigi saat hamil dan cara mengatasinya.
  • Pastikan obat yang Anda konsumsi aman bagi kesehatan Anda dan juga janin. Minta kepada dokter untuk memberikan dosis yang sesuai dan tidak berefek dalam proses kehamilan dan kesehatan Anda di masa yang akan.
    ads
  • Boleh mencabut gigi bungsu Anda, asalkan sebelumnya sudah ada konsultasi ke dikter gigi dan dokter kandungan Anda. Agar hal ini dapat dijadikan sebagai second opinion untuk mencegah terjadinya resiko dan bahaya yang timbul. Berikut cara mengobati sakit gigi bungsu paling ampuh.
  • Gunakan ramuan alami, seperti melakukan kumur – kumur dengan bahan seperti campuran garam dan air hangat, atau dengan perasan jeruk lemon yang aman bagi kesehatan janin dan Anda.
  • Gunakan minyak cengkeh yang sebelumnya dihangatkan terlebih dahulu, setelah itu oleskan pada gigi berlubang Anda. Hal ini lakukan sesering mungkin agar gejala sakit dapat dihindari.

Pencegahan Cabut Gigi Bungsu Saat Hamil

Tindakan pencegahan lebih baik daripada mengobati, hal ini sangat penting karena mengingat resiko dan efeknya yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan janin yang dikandung. Beberapa ciri gigi bungsu bermasalah dan cara mengatasinya.

Untuk mengetahui apa saja tindakah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya gigi bungsu terasa sakit, berikut ini contohnya untuk Anda :

  • Rajin dan rutin menggosok gigi, apabila Anda sehabis mengkonsumsi makanan dan minuman manis seperti gula, permen, kopi, coklat, kerju dan lainnya segeralah menggosok gigi. Hal ini agar menghindari masalah gigi bungsu berlubang. Masalah dan resiko gigi geraham bungsu tumbuh sakit penyebab, gejala dan pengobatan.
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kondisi gigi bungsu berlubang, seperti makanan dan minuman manis.
  • Hindari kebiasaan menggigit sesuatu benda yang keras dengan menggunakan gigi bungsu, agar gigi bungsu Anda tetap sehat dan tidak mudah berlubang. Dampak dan resiko cabut gigi bungsu tanpa operasi yang harus diketahui prosedurnya.
  • Rajin berkumur – kumur dengan menggunakan obat kumur antiseptic yang aman dan sehat untuk kesehatan kandungan Anda.
  • Konsumsi vitamin untuk memperkuat gigi  bungsu Anda.

Sekian beberapa penjelasan mengenai resiko cabut gigi bungsu saat hamil, semoga informasi ini menjadi manfaat bagi Anda yang saat ini sedang hamil dan dapat menjaga kesehatan gigi lebih sehat dan terjaga.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi