Sponsors Link

Identifikasi Ruam Gigi dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Selain rentan dengan penyebab karies gigi pada bayi, gigi bayi umumnya baru tumbuh keluar dari gusi saat berusia 6 sampai 24 bulan. Dengan gigi baru, mungkin akan lebih banyak air liur yang dihasilkan sehingga bisa mengiritasi kulit bayi yang masih sensitif dan akhirnya timbul ruam yang dikenal dengan sebutan ruam gigi atau ruam liur. Ruam gigi ini terjadi bisa karena air liur, serpihan makanan dan terus basah sehingga membuat kulit bayi iritasi. Saat dikombinasikan dnegan sering menggosok kulit ketika di pelukan, pakaian dan bermain, maka bayi bisa mengembangkan ruam persisten meski memang tidak berbahaya.

ads

Identifikasi Ruam Gigi

Bayi kemungkinan besar akan mengeluarkan air liur atau yang biasa disebut dengan ngiler di 2 tahun pertama kehidupan dalam tahap pertumbuhan gigi bayi. Bayi akan sering mengeluarkan air liur antara umur 4 hingga 6 bulan sama seperti waktu gigi pertama akan muncul sehingga ruam gigi bisa terjadi di mana saja.

Ruam gigi sendiri juga tidak menjadi penentu kapan gigi bayi akan muncul. Ruam gigi bisa terjadi dan berkumpul di beberapa tempat seperti dagu, pipi, leher dan juga dada. Jika bayi memakai dot yang juga menjadi penyebab ciri gigi bayi tonggos, maka ruam juga bisa terlihat pada kulit yang tersentuh dot.

Ruam gigi umumnya mengakibatkan bercak merah datar atau sedikit terangkat dengan benjolan kecil dan kulit yang akan berubah menjadi pecah pecah. Ruam gigi ini bisa hilang timbul dalam beberapa minggu. Sedangkan untuk gejala lain dari tumbuh gigi adalah:

  • Ruam.
  • Ngiler atau air liur berlebihan.
  • Peningkatan mengunyah benda atau mainan.
  • Nyeri gusi yang bisa menyebabkan bayi mudah menangis atau rewel.

Meski begitu, ruam gigi ini tidak menyebabkan demam. Jika memang bayi mengalami demam tinggi atau sering menangis terlalu sering dari biasanya, maka segera hubungi dokter bayi untuk memastikan demam bayi tidak semakin membutuk dan memeriksa masalah lainnya.

Hubungan Pilek dan Tumbuh Gigi

Di sekitar umur 6 bulan, kekebalan pasif yang diperoleh bayi dari ibu akan semakin pudar. Ini berarti bayi akan cenderung mengambil kuman di sekitarnya. Ini juga bertepatan dengan waktu ketika gigi mulai tumbuh.

Kapan Harus ke Dokter Gigi?

Ruam dari air liur terkadang terlihat seperti penyakit campak, namun umumnya bayi yang menderita penyakit ini akan mengalami demam dan terlihat sakit. Sangat penting untuk bisa membedakan antara ruam gigi dengan kondisi potensial lain sebab banyak ruam yang tidak serius. Meski begitu, ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter untuk memastikan ruam yang terjadi pada bayi.

Salah satu ruam yang membutuhkan perhatian khusus adalah petechiae disertai dengan demam. Ini berbentuk titik titik datar, merah dan tidak berubah menjadi putih ketika ditekan. Ini bisa membuat pembuluh darah pecah sehingga butuh perawatan medis secepatnya. Selain itu, anda juga harus menemui dokter ketika bayi mengalami ruam gigi dengan tanda seperti:

Pengobatan Rumahan Ruam Gigi

Cara terbaik untuk mengobati ruam gigi atau ruam liur sebagai tanda tanda bayi tumbuh gigi adalah dengan menjaga bayi tetap bersih dan kering serta menerapkan balsem untuk menyembuhkan pada kulit yang bisa banyak membantu. Krim emolien bisa memberikan penghalang air untuk membantu menjaga area ruam gigi tetap dalam keadaan kering dan mencegah air liur mengiritasi kulit bayi.

Sponsors Link

Beberapa contoh krim emolien yang bisa digunakan untuk mengatasi ruam gigi bayi diantaranya adalah krim lanolin lansinosh, aquaphor dan juga vaseline. Sedangkan untuk produk alami dengan beberapa bahan lilin lebah juga bisa memberikan perlindungan yang sama. Namun yang harus diperhatikan adalah tidak menggunakan lotion beraroma pada area ruam karena bisa menyebabkan iritasi.

Untuk memakai krim emolien tersebut, keringkan air liur lebih dulu dan aplikasikan krim beberapa kali sehari. Apabila ruam memang terlihat parah, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan terbaiknya.

Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit gigi akibat proses gigi sedang menembus gusi yang merupakan ciri ciri gigi bayi akan tumbuh, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti pijat gusi, memberikan mainan tubuh gigi yang dingin, memberikan potongan buah seperti pisang jika sudah berusia di atas 12 bulan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi