Sponsors Link

Apakah Benar Sakit Gigi Bisa Sebabkan Stroke?

Sponsors Link

Banyak orang yang sering menganggap remeh ketika mengalami penyebab gusi bengkak hingga akhirnya memicu sakit gigi kronis. Tidak hanya membuat seseorang sulit bicara dan mengunyah makanan, namun sakit gigi juga bisa mempengaruhi kesehatan menyeluruh. Dalam sebuah studi bahkan memperlihatkan jika diawali dengan sakit gigi, penderita bisa mengalami komplikasi penyakit yang berbahaya seperti stroke. Lalu, bagaimana sebenarnya sakit gigi bisa sebabkan stroke tersebut?, begini penjelasannya.

ads

Jenis Sakit Gigi Penyebab Stroke

Dari hasil penelitian di beberapa negara seperti Swedia, Jerman, Perancis, Korea dan juga India menemukan jika penyakit gusi memang berhubungan dengan stroke. Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis penyakit gusi yang bisa menyebabkan seseorang terkena stroke.

  • Penyakit gusi ringan: Penyakit gusi ringa atau gingivitis atau radang gusi yang diteliti dari studi terbaru melibatkan seribu orang terlihat jika ada hubungan antara penyakit gusi dengan stroke. Dari penelitian tersebut ditemukan jika gingivitis memang berhubungan dengan stroke.
  • Penyakit gusi serius: Penyakit gusi serius atau disebut dengan periodontitis juga bisa menjadi penyebab kerusakan parah pada gusi yang juga berhubungan dengan terjadinya stroke pada penderita.
  • Periodontitis parah: Penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan gigi parah dan berakhir pada gigi ompong. Penyebab gigi ompong ini juga menjadi pertanda silent stroke yakni stroke yang tidak diketahui sebab tidak menyebabkan masalah keterbatasan pada penderita seperti demensia.

Bagaimana Sakit Gigi Sebabkan Stroke?

Ada begitu banyak masalah gigi yang awalnya disebabkan karena penyakit gusi. Penyakit gusi ini umumnya diawali dengan plak pada gigi yang tidak pernah dibersihkan sehingga semakin lama plak tersebut bisa berkembang menjadi karang gigi sehingga peradangan gusi bisa terjadi. Ketika gusi meradang, maka ini menjadi jalan masuk kuman ke dalam tubuh. Bakteri nantinya akan membawa banyak penyakit yang akhirnya masuk ke pembuluh darah dan mengakibatkan penyumbatan.

Penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di otak tersebut kemudian akan memicu stroke. Tidak hanya sekedar stroke, penyumbatan pembuluh darah bisa menyebabkan seseorang juga mengalami penyakit jantung yang tergantung dari letak penyumbatan tersebut. Bakteri di area mulut dan gigi yang letaknya sangat dekat dengan otak penyebab sakit gigi kambuh bisa meningkatkan risiko penyumbatan darah di otak sehingga sakit gigi bisa sebabkan stroke memang benar adanya.

Jenis Stroke karena Sakit Gigi

Dari penelitian yang dilakukan di Jerman dan sudah dipublikasikan di jurnal Stroke menyatakan jika seseorang yang menderita penyakit gusi akan lebih rentan terkena stroke iskemik yang merupakan jenis stroke yang terjadi pada saat pembuluh darah pemasok darah ke area otak terhalang dengan bekuan darah. Stroke iskemik inilah yang bertanggung jawab terhadap 87% total kasus stroke. 

Sponsors Link

Perawatan Gigi Untuk Menghindari Stroke

Alasan orang tidak melakukan perawatan gigi biasanya hanya karena faktor biaya, namun sebenarnya perawatan gigi tersebut bisa dicegah dengan cara yang cukup sederhana. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  • Sikat gigi sekurang kurangnya dua kali sehari yakni ketika bangun tidur dan sebelum tidur dengan pasta gigi mengandung fluoride.
  • Jangan sikat gigi terlalu keras karena bisa menyebabkan gusi robek dan lapisan enamel gigi yang semakin tipis sehingga gigi anda akan semakin sensitif.
  • Lakukan flossing gigi dengan benang yang dilakukan setidaknya satu kali sehari.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis meski memang tidak dihentikan sama sekali namun hanya perlu dibatasi saja.
  • Hindari dan hentikan kebiasaan buruk merokok sebab pengaruh rokok pada gigi sangat buruk.
  • Berkunjung ke dokter gigi dengan teratur sekitar enam bulan sekali. 
    Sponsors Link

Dari ulasan diatas bisa dilihat jika masalah yang terjadi pada gusi nantinya tidak hanya berdampak pada masalah gigi seperti gigi berlubang dan bahkan gigi copot, namun ternyata juga berdampak pada banyak penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan bahkan bisa bisa menyebabkan stroke. Untuk itu, rawatlah kesehatan gigi dan gusi sejak dini agar anda bisa terhindar berbagai penyakit kronis.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi